Tetap Sehat Saat Musim Hujan? Ini Caranya

Tetap Sehat Saat Musim Hujan? Ini Caranya
Musim hujan adalah saat yang tepat bagi bakteri dan infeksi menyerang tubuh, berikut cara agar tetap sehat. (foto: freepik)
Bagikan ke Teman:

Tetap bugar dan sehat saat musim hujan memang tidak mudah. Anda butuh upaya lebih dari sekedar tetap berada di dalam rumah, tapi bagaimana kalau Anda perlu tetap beraktifitas di luar rumah? Infeksi dan bakteri siap menunggu. Rasanya tidak mungkin melewati musim hujan tanpa pilek atau demam yang tentunya menghambat produktifitas sehari-hari.

Jaga tubuh dari berbagai penyakit saat musim hujan dengan cara-cara tips harian berikut:

Selalu Bawa Payung

untuk tetap sehat saat musim hujan, sediakanlah payung selalu
Payung dan jas hujan adalah penangkal luar dari air hujan yang mengguyur. (foto: freepik)

“Sedia payung sebelum hujan” begitu bunyi pepatah. Benar saja, kiasan tersebut sangat penting untuk Anda di musim hujan ini. Kehujanan dan basah tiba-tiba dapat membuat perubahan temperatur tubuh yang mendadak berujung ke demam atau pilek. Untuk menghindari sakit, jangan lupa untuk selalu bawa payung kemanapun Anda pergi khususnya beraktifitas rutin seperti ke kantor.

Jaga Asupan Nutrisi

Sup hangat adalah salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah pilek
Semangkuk sup hangat di kala dingin akan membuat anda sehat dan nyaman. (foto: freepik)

Mengkonsumsi makanan sehat adalah hal paling mudah untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Tidak sulit untuk memasak sup hangat yang kaya akan Vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Lagipula selain membantu agar tetap sehat saat musim hujan, menikmati sup hangat di dalam rumah saat hujan terdengar sangat nyaman, bukan?

Cuci Tangan dengan Bersih

mencuci tangan dengan rutin adalah hal paling sederhana namun penting untuk tetap sehat saat musim hujan
Mencuci tangan dengan menyeluruh dapat menjauhkan bakteri yang berpindah-pindah. (foto: freepik)

Agar tidak terkena pilek, batuk dan flu, rutin mencuci tangan merupakan langkah yang utama. Bersihkan seluruh bagian tangan Anda dengan sabun termasuk di sela-sela jari, di bawah kuku-kuku dan bagian atas tangan Anda lalu bilas dengan bersih.

Perbanyak Minum Air Mineral

6-8 gelas air perhari dapat membantu tetap sehat saat musim hujan
Cukupi kadar hidrasi setiap harinya agar membantu tubuh sehat melawan bakteri. (foto: freepik)

Minum air hangat ditengah dinginnya hujan di luar adalah hal yang menyejukkan. Cegah dehidrasi dengan meminum 6 sampai 8 gelas air mineral per hari. Air hangat akan melancarkan sirkulasi darah dan membuat sistem imun kuat dan siap melindungi tubuh Anda dari infeksi, alergi, pilek dan demam.

Hindari Jam Sibuk Sebisa Mungkin

padat dan berdempet saat naik transportasi umum dapat membuat lelah dan stres
Hindari berdempetan dan kelelahan yang membuat stres. (foto: freepik)

Hujan lebat disertai banjir akan memadatkan transportasi di jam-jam tertentu. Jika mampu, hindari jam kerja padat yang mampu membuat anda lelah dan stres. Pergilah lebih awal atau diskusikan jadwal alternatif dengan bos Anda.

Selalu Siapkan Pakaian Cadangan

kehujanan dapat bahaya bagi tubuh, pilek dan demam dapat menghampiri.
Kehujanan kadang dapat terjadi, maka selalu sediakan pakaian cadangan kapanpun dimanapun. (foto: freepik)

Ada saatnya kita terkena hujan dan membasahkan seluruh tubuh. Semua make up dan tatanan rambut yang cantik saat berangkat menjadi basah semua. pakaian yang basah akan mengundang virus ke tubuh Anda, ini dapat menyebabkan demam atau pilek. Hindari hal tersebut dengan menyiapkan pakaian cadangan untuk keadaan darurat di kantor Anda.

Selalu Update dengan Perkiraan Cuaca

rajinlah melihat atau mendengar perkiraan cuaca agar aman
Perhatikan perkiraan cuaca, wilayah yang banjir, serta lalu lintas agar Anda tetap aman. (foto: freepik)

Pasang telinga dan mata baik-baik untuk mengetahui update cuaca terkini melalui radio dalam mobil Anda atau televisi di rumah. Ikuti akun yang membagikan informasi berguna tentang cuaca dan lalu lintas yang juga dapat menolong Anda menghindari daerah banjir dan macet.

Jika Anda merasa tidak enak badan di musim hujan, ada baiknya anda beristirahat di rumah supaya terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Agar lebih yakin, lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara online tanpa harus keluar rumah dengan Triasse.

Triasse adalah platform yang melayani cek kesehatan online, nikmati juga paket-paket pemeriksaan agar lebih hemat hanya di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.