Tes PCR dengan Air Liur, Akurat Sampai 98 Persen

Tes PCR dengan Air Liur, Akurat Sampai 98 Persen
Kini Anda bisa lakukan tes Covid-19 sendiri dengan hasil keakuratan mencapai 98 persen menggunakan tes PCR dengan air liur. (Foto: Triasse)
Bagikan ke Teman:

Sekarang untuk melakukan tes Covid-19 caranya sudah sangat beragam. Mulai dari tes antibodi yang muncul di awal, tes serologi, tes antigen sampai tes PCR. Untuk tes PCR sendiri sekarang juga muncul cara baru, yaitu tes PCR dengan air liur.

Tes PCR menggunakan air liur ini berbeda dengan tes PCR biasa karena menggunakan air liur yang diludahkan (spit) ke tabung sampel, jadi bukan di-swab. Uniknya, tes PCR ini bisa Anda lakukan sendiri secara mandiri di rumah, tanpa bantuan petugas medis–tentunya dengan perangkat khusus yang sudah dipesan sebelumnya.

Triasse kini menghadirkan Triasse QuickSpit™. Triasse QuickSpit™ adalah tes RT-PCR berbasis saliva atau air liur, yang bertujuan untuk membuat pengujian PCR lebih mudah dan nyaman bagi pasien. Untuk COVID-19, Triasse QuickSpit™ telah terbukti seakurat PCR swab nasofaring dan orofaring (NPOP) konvensional, dengan kecepatan dan harga yang lebih baik.

Berbeda dengan tes-tes Covid-19 lainnya, tes PCR berbasis air liur ini adalah jenis tes yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan petugas medis. Ini karena Triasse QuickSpit™ adalah home test kit, alias perangkat tes rumahan. Anda hanya perlu memesannya dari Triasse, lantas melakukan tes sendiri sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Pengerjaannya sama dengan Swab PCR konvensional, sampel saliva Anda akan dibawa ke Laboratorium untuk diproses dan dianalisis. Perbedaannya hanya pada pengambilan sampel. CT-Value Anda dihitung juga untuk menentukan apakah Anda positif atau negatif COVID-19.

Samakah tes PCR berbasis air liur ini dengan tes swab PCR?

Cara kerja PCR adalah menghitung virus yang ada pada sampel Anda. Jika hasilnya berbeda itu disebabkan ditemukannya virus yang ada di saliva Anda, tetapi tidak ditemukan di hidung/tenggorokan Anda atau sebaliknya. Ada juga kemungkinan jika tes PCR Swab dan Saliva Anda diambil di waktu yang tidak bersamaan maka hasil yang dikeluarkan akan berbeda.

Seberapa Akurat Tes PCR dengan Air Liur?

Seberapa Akurat Tes PCR dengan Air Liur?
Tes PCR dengan air liur keakuratannya sampai 98 persen. (Foto: Triasse)

Triasse QuickSpit™ sudah melalui proses validasi dan riset berkolaborasi dengan Atma Jaya, yang menunjukan tingkat kesesuaian sampai dengan 98 persen. 

Perangkat tes ini bisa Anda pesan melalui Triasse.com. Setelah perangkat tes datang, puasalah 30 menit sebelum melakukan pengujian. Anda juga jangan berkumur. Pastikan mulut bebas dari apapun sebelum pengambilan sampel air liur.

Setelah melakukan pengambilan sampel berdasarkan cara pemakaian yang ada di perangkat tes Triasse QuickSpit™, sampel bisa Anda simpan di kulkas jika tidak mungkin langsung dikirimkan. Sampel bisa tahan selama 5 hari di dalam kulkas. Tapi akan lebih baik jika Anda bisa langsung mengirimkan sampel ke laboratorium khusus Triasse QuickSpit™.

Hasil tes PCR dengan air liur Anda akan selesai H+1 setelah sampel di-pickup atau keluar pada hari yang sama (sameday) apabila sampel dikirim sebelum pukul 11.00 ke RS EMC Tangerang.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa cek di sini.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.