Persiapan Vaksin Covid-19, Cek Perlu Lakukan Apa Saja

Persiapan Vaksin Covid-19, Cek Perlu Lakukan Apa Saja
Untuk cegah risiko akibat Covid-19, ada beberapa persiapan vaksin yang perlu Anda lakukan agar lebih efektif dan ringankan efek samping. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Angka orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia sedang tinggi-tingginya. Karena itu pemerintah semakin gencar menggalakkan program vaksin penyakit ini. Menurut WHO, vaksin yang sekarang beredar di masyarakat terbukti cukup efektif menurunkan simtom berat dan mencegah pasien harus masuk rumah sakit akibat Covid-19. Namun, persiapan vaksin Covid-19 apa saja yang perlu dilakukan sebelum Anda melakukannya?

Hindari Minuman Beralkohol

Sebelum melakukan vaksinasi, batasi asupan alkohol satu hari sebelum Anda melakukan vaksin. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan mabuk. Jika datang ke tempat vaksin dalam keadaan seperti itu, kemungkinan penerimaan vaksin akan dibatalkan karena bisa memberikan efek samping yang cukup berat

Persiapan Vaksin Sedia Obat Alergi

persiapan vaksin sedia obat alergi
Ada beberapa reaksi alergi yang mungkin muncul pada penerima vaksinasi. (Foto: Freepik)

Salah satu efek samping yang kemungkinan bisa Anda alami adalah alergi. Ada beberapa reaksi alergi yang mungkin muncul pada penerima vaksinasi. Jadi, jika Anda termasuk golongan orang yang memiliki alergi khususnya alergi obat, sebaiknya siapkan obat anti-alergi sebelum datang ke tempat vaksinasi.

Meskipun obat alergi ini tidak memberikan efek samping yang signifikan, tetapi setidaknya bisa mengurangi alergi yang mungkin saja timbul. Namun, jika Anda memiliki riwayat alergi yang cukup parah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan vaksinasi.

Hindari Aktivitas Berat

Sebelum melakukan vaksinasi, pastikan jangan lakukan aktivitas berat, misalnya olahraga ekstrim. Selain itu, hindari juga mandi air panas karena kedua hal ini dapat memicu reaksi alergi.

Jaga Sistem Imun

jaga sistem imun
Pastikan imun tubuh prima sebelum lakukan vaksin. (Foto: Freepik)

Pastikan imun tubuh prima sebelum lakukan vaksin. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, minum vitamin, dan juga menjaga suasana hati.

Jangan Stres

Salah satu penyebab turunnya sistem imun adalah tingkat stres yang tinggi. Meskipun rasa khawatir dan cemas menyelimuti Anda, tapi cobalah untuk tetap tenang dan berpikir positif. Tarik napas panjang dan duduk tegak di kursi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar rasa cemas dan khawatir bisa hilang.

Meskipun kini pemberian vaksin sedang berjalan, bukan berarti Anda meninggalkan protokol Kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Masih banyak diantara Anda yang belum menerima vaksin dan tentu tingkat penyebaran virus corona ini masih sangat tinggi.

Jadi, pastikan Anda selalu memakai masker dimanapun kalian berada, mencuci tangan setelah atau sebelum memegang apapun, dan juga menjaga jarak. Yuk, sama-sama memutus rantai penyebaran virus corona dengan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku.

Lakukan Medical Check-up

lakukan medical check-up
Untuk pastikan tubuh dalam kondisi prima, lakukan medical check-up secara menyeluruh. (Foto: Freepik)

Untuk pastikan tubuh dalam kondisi prima, lakukan medical check-up secara menyeluruh. Sebab, tubuh yang kurang sehat bisa mengakibatkan efek samping vaksin yang berat. Oleh karena itu, penting bagi para lansia untuk mendapatkan surat pernyataan layak vaksin dari dokter.

Pemeriksaan kesehatan atau medical check-up pra-vaksin Covid-19 ini juga bisa Anda lakukan dari kenyamanan rumah sendiri. Petugas akan mendatangi tempat tinggal Anda dan melakukan pengambilan sampel darah. Hasil kemudian akan bisa dicek dan diakses secara online melalui Triasse.com.

Lakukan medical check-up pra-vaksin ini sekitar 7 hari sebelum Anda berencana akan melakukan vaksinasi. Hasil bisa didapatkan tiga hari setelah pengecekan.

Untuk lebih jelasnya, cek di sini. Pastikan juga untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin secara berkala dua kali dalam setahun. Cek berbagai paket pemeriksaan lainnya di Triasse sesuai dengan kebutuhan.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.