Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19, Penting untuk Cek Kesehatan

Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19, Penting untuk Cek Kesehatan
Sebelum lakukan vaksin Covid-19, sebaiknya Anda melakukan medical check-up atau cek kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh aman. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Sebelum vaksinasi cek dulu kondisi tubuh secara keseluruhan. Pemeriksaan kesehatan tubuh sangat penting dilakukan untuk memastikan tidak ada penyakit tersembunyi dan bisa menerima vaksin Covid-19.

Kenapa Cek Kesehatan Sebelum Vaksin Covid-19?

Vaksin Covid-19 memang sudah dinyatakan aman dan disebarkan ke berbagai kalangan masyarakat. Tapi untuk orang dengan beberapa kondisi tertentu, mereka masih memerlukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan tubuhnya aman dan bisa menerima vaksin. Inilah mengapa medical check-up atau pemeriksaan kesehatan pra-vaksin perlu dilakukan.

Mengutip KlinikPintar, beberapa kondisi tertentu membutuhkan pengecekan kesehatan sebelum melakukan vaksin covid-19. Kondisi kesehatan tersebut diantaranya: diabetes, epilepsi, penyakit paru, dan orang dengan HIV/AIDS.

Perlu diketahui, SAR-CoV-2, seperti virus Corona atau yang lainnya bisa menginfeksi semua orang dari berbagai usia. Namun, orang dewasa yang lebih tua dengan kondisi yang sudah terkena penyakit, seperti diabetes atau asma lebih mudah terkena virus Corona.

Apa yang membuat penderita diabetes rentan terinfeksi virus corona? Pertama, karena sistem kekebalan tubuh terganggu. Menurut International Diabetes Foundation (IDF) sulit bagi tubuh untuk melawan virus korona. Pasalnya, virus juga dapat berkembang ketika kadar glukosa darah tinggi.

Sedangkan penyakit pernapasan kronis (CRD), yang meliputi asma dan hipertensi paru, adalah penyakit pada saluran udara dan bagian lain dari paru-paru. Orang dengan CRD harus sangat mewaspadai virus corona, karena salah satu kemungkinan komplikasi penyakit ini adalah pneumonia.

Untuk lebih jelasnya, baca 5 Masalah Kesehatan yang Bikin Rentan Terinfeksi Virus Corona.

Cek kesehatan Seperti Apa yang Diperlukan?

Cek kesehatan di sini tidak perlu terlalu rumit dan menyeluruh. Cukup melakukan beberapa tes darah saja. Tes darah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Darah lengkap (Hb, Ht, Leukosit, Trombosit, Laju Endap Darah, Diff Count, Retikulosit, Eritrosit)
  2. Tes Fungsi Ginjal (Ureum Darah & Kreatinin Darah)
  3. Tes Fungsi Hati (SGOT & SGPT)
  4. Tes HB1AC (Gula Darah pada Hemoglobin)

Empat tes darah di atas sudah bisa menjawab kebutuhan pemeriksaan kesehatan pra-vaksin Anda.

Untuk amannya, pemeriksaan kesehatan tadi perlu dilakukan di tempat terpercaya, seperti Triasse yang sudah bekerja sama dengan KlinikPintar. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh petugas medis profesional yang terpercaya.

Hasil tes pemeriksaan ini kemudian akan diberikan kepada dokter spesialis penyakit dalam yang akan mengecek kondisi Anda. Anda dan dokter akan melakukan konsultasi secara online (telekonsultasi) untuk mendiskusikan hasil cek kesehatan tadi.

Pemeriksaan kesehatan atau medical check-up pra-vaksin Covid-19 ini juga bisa Anda lakukan dari kenyamanan rumah sendiri. Petugas akan mendatangi tempat tinggal Anda dan melakukan pengambilan sampel darah. Hasil kemudian akan bisa dicek dan diakses secara online melalui Triasse.com.

Lakukan medical check-up pra-vaksin ini sekitar 7 hari sebelum Anda berencana akan melakukan vaksinasi. Hasil bisa didapatkan tiga hari setelah pengecekan.

Untuk lebih jelasnya, cek di sini. Pastikan juga untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin secara berkala dua kali dalam setahun. Cek berbagai paket pemeriksaan lainnya di Triasse sesuai dengan kebutuhan.

Cek kesehatan selalu di Triasse.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.