Stres Bisa Picu 7 Penyakit Fisik Ini

Bagikan ke Teman:

Terlalu sering stres/tekanan dapat menjadi penyebab munculnya berbagai macam penyakit fisik yang bermacam-macam jenisnya. Itulah mengapa Anda perlu mengontrol dan menghindari tertekan berlebihan demi terhindar dari berbagai penyakit.

Dampak dari stres tidak bisa disepelekan, karena tidak hanya mengganggu dan menghambat Anda secara psikologis dan mental. Jika tidak dikelola dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit fisik dan menimbulkan komplikasi serius secara jangka panjang.

Waspadai tujuh penyakit fisik berikut yang muncul akibat tertekan berkepanjangan:

1. Sakit Kepala

stres
Sakit kepala biasanya adalah sakit yang pertama muncul akibat tekanan. (Foto: Freepik)

Pada umumnya, penyakit yang pertama kali akan muncul akibat stres adalah sakit kepala. Ketika Anda tertekan, otak bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala.

2. Tekanan Darah Tinggi

Gejala hipertensi
Hipertensi sangat bisa dipicu oleh tekanan. (Foto: Freepik)

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat stres. Saat tertekan, marah, atau sedih, tekanan darah akan meningkat yang menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi.

3. Jantung

Penyakit yang timbul berikutnya adalah penyakit jantung. Ketika sedang tertekan, jantung akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Selain itu, saat stres tubuh mengeluarkan hormon yang merupakan racun bagi jantung.

4. Ulkus

penyakit maag
Produksi asam lambung meningkat saat stres. (Foto: Freepik)

Ulkus merupakan penyakit yang menyerang lambung dan menyebabkan kerusakan pada lambung. Ketika stres, produksi asam lambung akan meningkat. Peningkatan produksi asam lambung inilah yang menyebabkan munculnya penyakit ulkus. Selain itu, kondisi ini juga dapat memicu penegangan pada otot-otot tubuh sehingga tubuh mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.

5. Insomnia

stres
Stres bisa picu insomnia. (Foto: Freepik)

Insomnia adalah penyakit gangguan tidur. Stes dapat menjadi penyebab utama insomnia. Ketika Anda tertekan, produksi adrenalin dalam tubuh akan meningkat. Adrenalin merupakan zat kimia yang diproduksi otak untuk meningkatkan kewaspadaan dan membuat Anda tetap terjaga. Itulah kenapa saat tidak tenang atau banyak masalah Anda akan sulit untuk tertidur. Kebiasaan seperti ini dapat berujung pada insomnia.

6. Stroke

stres
Stroke adalah salah satu dampak jangka panjang dari stres. (Foto: Freepik)

Kondisi yang timbul selanjutnya adalah stroke. Stroke bisa terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah pada otak. Saat stres, otak memompa darah terlalu cepat yang dapat mengakibatkan tersumbatnya aterosklerosis.

7. Kanker

stres
Stres bisa memicu sel-sel kanker berkembang. (Foto: Freepik)

Stres merupakan salah satu kontibutor utama penyebab kanker. Kondisi tertekan terus-menerus bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan secara signifikan mengurangi jumlah sel-sel T dalam tubuh yang bertugas untuk melawan kanker. Kondisi ini juga dapat mengurangi jumlah sel-sel T baru yang dibuat dan mengurangi jumlah sel-sel darah baru yang diciptakan.

Salah satu cara mengelola stres dan mengurangi tekanan adalah dengan memastikan kesehatan Anda baik. Memiliki kesehatan yang baik akan membantu mengurangi masalah Anda. Untuk memastikannya, periksakan diri secara teratur ke dokter dan lakukan medical check-up rutin. PesanLab.com menyediakan paket medical check-up yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Memiliki tubuh yang sehat setidaknya telah mengurangi satu masalah yang bisa bikin pening.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."