5 Manfaat Tidur Siang yang Bikin Hari Anda Luar Biasa

5 Manfaat Tidur Siang yang Bikin Hari Anda Luar Biasa
Little girl in a unicorn kigurumi enjoys confetti on a yellow background (kristina_igumnova)
Bagikan ke Teman:

Tidur di malam hari memang waktu yang sangat cocok dilakukan agar keesokan harinya bisa kembali beraktivitas dengan kondisi stamina yang maksimal. Namun, manfaat tidur siang juga tidak bisa disepelekan. Bagi beberapa orang, tidur di siang hari bisa jadi pilihan untuk menyegarkan kembali kondisi tubuh yang sudah terlalu capek beraktivitas.

Nyatanya, tidur siang dengan waktu yang cukup memiliki banyak sekali manfaat, selain untuk mengembalikan kembali tenaga yang sudah habis, ternyata masih banyak manfaat lainnya, terutama bagi  produktivitas dan kesehatan tubuh kita yang tentu akan membuat hari kamu luar biasa.

Dalam artikel tips harian ini, kami akan sedikit membahas tentang manfaat-manfaat tidur siang yang cukup bagi diri dan kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat tidur siang:

1. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat Tidur Siang bagi Produktivitas
tidur siang selain bisa mengembalikan tenaga, tetapi juga meningkatkan semangat dalam tubuh kita (foto: Freepik)

Manfaat pertama adalah untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Ternyata, tidur siang selain bisa mengembalikan tenaga, tetapi juga meningkatkan semangat dalam tubuh kita.

Setelah capek dan penat bekerja seharian, cobalah untuk meluangkan waktu untuk tidur siang Anda selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah Anda terbangun, Anda akan merasakan bagaimana segarnya tubuh dan otak Anda dan Anda pun sudah siap kembali untuk beraktivitas.

2. Membantu dalam Menanggulangi Stres

Manfaat Tidur Siang dalam Menanggulangi Stres
tidur siang pun bisa berguna untuk mengurangi hormone stress pada diri Anda (foto: Freepik)

Sebuah penelitian menunjukan bahwa tidur siang pun bisa berguna untuk mengurangi hormone stress pada diri Anda. Penelitian tersebut memiliki kesimpulan bahwa tidur siang yang cukup bisa menurunkan hormon stres secara dramatis dan hal ini sangatlah dianjurkan bagi orang yang mudah stres atas aktivitas yang mereka lakukan.

Dengan sedikit tidur siang saja, Anda bisa mengembalikan kembali kondisi fisik menjadi fresh seperti saat memulai aktivitas.

3. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh
Tidur siang dengan jangka waktu 30 – 60 menit  ternyata bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit (foto: Freepik)

Tidur siang dengan jangka waktu 30 menit sampai 60 menit pun ternyata bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit, bahkan penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan juga stroke. Penelitian di Yunani membuahkan hasil dimana persentase dari pencegahan datangnya penyakit-penyakit tersebut ke dalam tubuh dengan tidur siang bisa mencapai 37 persen dan hal ini memiliki pengaruh yang kuat dari waktu tidur siang yang cukup. Bahkan peneliti tersebut menyarankan untuk tidur siang 1 sampai 3 kali dalam sehari dengan masing-masing berkisar 30 menit saja.

4. Membuat Anda Lebih Pintar

Manfaat Tidur Siang : Membuat Anda Lebih Pintar
tidur siang bisa meningkatkan daya kinerja otak (foto: Freepik)

Selain itu, penelitian lainnya pun menemukan fakta bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya kinerja otak. Terlebih lagi dalam hal ingat-mengingat. Tidur siang dengan kisaran waktu 30 sampai 45 menit sangatlah efektif untuk meningkatkan daya ingat otak Anda dalam meningkatkan memori dan juga konsentrasi dalam melanjutkan aktivitas.

5. Mengatasi Masalah Insomnia

Manfaat Tidur Siang untuk Masalah Insomnia
Tidur siang yang cukup pun ternyata bisa menjadi sebuah solusi bagi Anda penderita insomnia (foto: Freepik)

Tidur siang yang cukup pun ternyata bisa menjadi sebuah solusi bagi Anda penderita insomnia. Beberapa orang berpendapat bahwa tidur siang hanya membuat dirinya tidak bisa tidur pada malam hari dan membuat insomnia-nya semakin parah. Nyatanya, tidur siang bisa mengontrol jadwal tidur Anda di malam hari, asalkan Anda tidur siang dengan waktu yang cukup, yaitu sekitar 30 sampai 60 menit saja.

Selain kelima manfaat tidur siang di atas, ternyata ada pula fakta menarik lainnya agar membuat tidur siang Anda lebih berkualitas. Tidur tanpa menggunakan bantal ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda, salah satunya adalah masalah penuaan dini.

Dengan tidur tanpa menggunakan diketahui bisa membuat seseorang menjadi lebih awet muda, dengan memiliki wajah dan kulit yang segar. Tekanan pada wajah dalam menggunakan bantal diketahui bisa membuat wajah Anda lebih mudah untuk keriput. Selain itu, dengan tidak menggunakannya bantal pada waktu tidur Anda, posisi tubuh Anda akan menjadi lebih tenang lagi. Adanya bantal ternyata malah membuat posisi tidur menjadi tidak seimbang dan hal ini bisa juga berbahaya bagi tubuh Anda. Tidur dengan posisi se-rileks mungkin ternyata bisa membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Pada intinya, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu Anda untuk tidur siang dan juga hindarilah penggunaan bantal di kala Anda tidur. Selain Anda bisa beristirahat untuk sejenak, ternyata Anda pun akan mendapatkan berbagai macam manfaat dari tidur siang yang cukup tersebut.

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan Medical Checkup atau mungkin jika Anda ingin melakukan tes darah contohnya seperti Pemeriksaan Gula Darah cobalah untuk melakukan pemeriksaan melalui Triasse.com.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."