13 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Baca Yuk!
Teh hijau panas dituangkan ke dalam cangkir - Ededchechine/Freepik

13 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Baca Yuk!

Bagikan ke Teman:

Manfaat teh hijau – Teh hijau itu lebih dari sekedar minuman penyegar saja. Tanaman teh hijau memiliki banyak komponen yang bagus untuk kesehatan dan tidak hilang walaupun sudah mengalami proses pembuatan minuman. Teh ini memiliki nutrisi polyphenols.

Teh hijau juga mengandung katekin yang disebut EGCG. Kandungan ini bisa mencegah terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. EGCG merupakan kandungan yang paling kuat yang ada di teh hijau. Peneliti sudah menemukan kemampuannya dalam mengobati banyak penyakit. Komponen ini menjadi komponen utama yang membuat teh hijau berguna dalam melawan penyakit. Teh hijau juga punya sedikit kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Cari teh hijau yang memiliki kualitas yang baik karena teh hijau dengan kualitas buruk kadang memiliki terlalu banyak kandungan fluoride di dalamnya. Beberapa merk teh hijau berkualitas baik yang terkenal di Indonesia, seperti Sariwangi, Kepala Jenggot, Tong Tji, dan Cap Botol. Namun, meski kamu memilih teh hijau dengan kualitas rendah sekalipun, kegunaan yang kamu dapatkan akan lebih besar dari resikonya. 

Ada beberapa kegunaan teh hijau yang telah diketahui, dan memang diincar oleh manusia untuk didapatkan ketika menggunakannya. Beberapa manfaat yang dimaksud dijelaskan pada pembahasan di artikel ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau lebih dari sekadar bermanfaat untuk membuat kamu terjaga, tapi juga meningkatkan kemampuan otak kamu. Kandungan utamanya adalah kafein yang dikenal sebagai stimulan. Karena tidak mengandung sebanyak yang dikandung kopi, kamu tidak akan merasa seburuk saat meminum kopi.

Kafein mempengaruhi otak dengan menutup akses ke adenosine. Hal ini akan mempengaruhi saraf kamu dan kamu akan menjadi lebih fokus. Penelitian menunjukkan kalau kafein bisa meningkatkan berbagai kemampuan otak seperti ingatan, perasaan, serta waktu memberikan reaksi. Namun bukan hanya kafein yang sangat berguna tapi di teh hijau juga ada kandungan amino acid.

Kandungan pada teh hijau ini memiliki manfaat dalam mengurangi rasa cemas yang dimiliki seseorang. Penelitian menunjukkan kalau kafein serta amino acid bersinergi dengan sangat baik sehingga akan menjadi perpaduan yang sangat kuat juga digabungkan. Karena kandungannya kedua bahan tersebut di teh hijau yang terbilang kecil, kamu tidak perlu takut dalam meminumnya. Banyak orang yang melaporkan kalau mereka mendapatkan lebih banyak energi dan juga lebih produktif saat minum teh hijau dibandingkan dengan minum kopi.

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Jika kamu melihat lebih detail ke suplemen pembakar lemak, kamu pasti akan menemukan komponen teh hijau di dalamnya. Hal ini terjadi, karena teh hijau bisa meningkatkan pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan dengan 10 pria dewasa menunjukkan setelah meminum teh hijau, pembakaran lemak yang terjadi meningkat sebanyak 4%.

Lalu ada juga 12 pria dewasa yang minum teh hijau menunjukkan kalau terjadi oksidasi lemak sebanyak 17%, jika dibandingkan dengan meminum placebo. Namun beberapa penelitian tidak menunjukkan adanya peningkatan metabolisme, jadi hasilnya mungkin akan tergantung pada orang itu sendiri dan bagaimana penelitian itu diberlangsungkan. Kafein dalam teh hijau juga memiliki manfaat dalam menambah kemampuan dalam melakukan aktivitas fisik dimana lemak bisa dibakar saat melakukannya. Penelitian mengatakan kalau kafein bisa meningkatkan kemampuan aktivitas fisik hingga 11-12%.

Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Kanker disebabkan oleh tidak terkontrolnya pertumbuhan sel di tubuh. Penyakit ini menjadi salah satu alasan terbesar kematian di dunia. Penelitian menunjukkan kalau kerusakan oksidatif bisa berdampak pada inflamasi yang parah. Antioksidan dapat membantu mencegahnya. Teh hijau merupakan sumber yang memiliki banyak kandungan antioksidan. Penelitian telah menghubungkan teh hijau dengan menyembuhkan kanker, termasuk penelitian berikut. 

Kanker payudara. Penelitian yang dilakukan menunjukkan kalau wanita yang sering minum teh hijau sehari-hari memiliki resiko terkena kanker yang lebih rendah sebanyak 20-30%.

Kanker prostat. Penelitian menunjukkan kalau laki-laki yang sering minum teh hijau memiliki resiko yang lebih rendah terkena kanker prostat tingkat lanjut.

Kanker colorectal. Analisis dari 29 penelitian menunjukkan kalau orang yang rajin minum teh hijau akan memiliki resiko lebih kecil sebesar 42%

Banyak penelitian observasi yang menunjukkan kalau teh hijau bisa mencegah beberapa jenis kanker, tapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari menambahkan susu ke teh kamu, karena bisa menyebabkan antioxidant hilang.

Melindungi Otak dari Penuaan

Bukan hanya meningkatkan kemampuan otak untuk sementara, tapi teh hijau juga bisa melindungi otak kamu. Penyakit alzheimer merupakan penyakit yang paling sering menyebabkan demensia pada orang tua. Penyakit parkinson juga penyakit lainnya yang membuat saraf di otak mati. Beberapa penelitian menunjukkan kalau komponen katekin yang ada di teh hijau bisa mengurangi resiko terkena demensia pada objek penelitian binatang.

Mengurangi Bau Mulut

Katekin di teh hijau punya kegunaan juga dalam kesehatan mulut. Katekin dikatakan bisa membuat bakteri berhenti tumbuh sehingga infeksi bisa dicegah. Bakteri yang ada di mulut bisa membuat plak di mulut terus bertumpuk juga membuat gigi menjadi busuk.

Artikel Afiliasi Marketing Triasse

Beberapa penelitian menunjukkan kalau katekin yang ada di teh hijau punya manfaat untuk bisa mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, tapi tidak ada yang menunjukkan hubungan dalam meminum teh hijau. Namun ada beberapa bukti yang menyimpulkan kalau teh hijau bisa mengurangi bau mulut.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Pengidap diabetes tipe 2 semakin meningkat. Sampai 1 dari 10 orang Amerika menderita penyakit tersebut. Diabetes tipe 2 berhubungan dengan peningkatan gula darah di tubuh, yang berhubungan dengan insulin. Penelitian menunjukkan kalau teh hijau memiliki manfaat dalam membuat seseorang jadi lebih sensitif terhadap insulin juga mengurangi gula darah.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Penelitian di Jepang mengatakan kalau kamu akan mengurangi resiko sebesar 42% jika sering minum teh hijau. Dari 7 penelitian yang mengobservasi 286,701 orang, didapatkan kalau yang sering minum teh hijau jadi lebih aman dari diabetes sebanyak 18%.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung juga stroke adalah penyebab kematian terbesar di dunia. Teh hijau ditemukan bisa mengurangi resiko dari penyebab utama penyakit-penyakit tersebut, yaitu mengurangi kadar kolesterol. Teh hijau juga memberikan antioksidan ke darah yang akan melindungi partikel LDL dari oksidasi sehingga penyakit jantung bisa dicegah. Orang yang rajin minum teh hijau punya kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular 31% lebih rendah.

Menurunkan Berat Badan

Karena teh hijau bisa membuat metabolisme tubuh meningkat, maka kamu akan lebih mudah untuk turun berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan kalau teh hijau punya manfaat dalam mengurangi lemak tubuh. Penelitian yang dilakukan dengan 240 orang obesitas menunjukkan hasil kalau mereka mengalami penurunan kadar lemak, berat badan, ukuran pinggang, dan lemak perut, dibanding dengan orang-orang yang melakukan kontrol pada diet mereka. Namun ada juga penelitian yang menunjukkan kalau tidak ada perkembangan signifikan dari minum teh hijau, jadi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Membantu Hidup Lebih Lama

Komponen di teh hijau bisa membantu dalam melindungi diri kamu dari kanker juga penyakit jantung, yang berarti teh hijau punya manfaat dalam membantu Anda untuk bisa hidup lebih lama. Penelitian yang mempelajari 40,530 orang Jepang yang minum teh hijau lebih dari 5 gelas sehari memiliki kemungkinan lebih kecil untuk meninggal karena alasan berikut.

Paket Tes Kesehatan Skrining Lemak Kolesterol
Harga Mulai Dari Rp.181.126

Meninggal akibat semua hal: perempuan 23% dan laki-laki 12%

Meninggal dari penyakit jantung: perempuan 31% dan laki-laki 22%

Meninggal karena stroke: perempuan 42% dan laki-laki 35%

Sebanyak 41 ribu orang Jepang yang diobservasi memiliki kemungkinan lebih kecil sebesar 76% untuk meninggal dalam jangka waktu penelitian 6 tahun.

Memperkecil Risiko Timbul Jerawat

Jerawat terjadi karena ada penyumbatan pori-pori serta pertumbuhan bakteri yang parah. EGCG pada teh hijau memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengurangi produksi sebum di kulit. Dengan mengurangi sebum, EGCG bisa membuat jerawat jadi lebih sulit untuk tumbuh. Sebum adalah bahan yang akan melembabkan kulit serta rambut. Androgen merupakan hormon di tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum.

Memperkecil Risiko Terkena Kanker kulit

Beberapa peneliti melalui penelitiannya pada tahun 2003, telah menemukan kalau teh hijau memiliki manfaat sebagai pelindung dari UVB yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit berikut, seperti Kanker kulit melanoma dan Kanker kulit nonmelanoma.

Kulit Menjadi Indah

Salah satu manfaat teh hijau adalah membuat kulit menjadi indah. Pada satu penelitian di tahun 2012 telah menunjukkan kalau kamu akan terhindar dari penyakit kulit jika minum suplemen teh hijau, sehingga kulit menjadi indah atau kecantikan kulit terjaga. Beberapa penyakit yang dimaksud adalah: Androgenetic alopecia, Eksim, Candidiasis, Penyakit kelamin, Keloid, Rosacea.

Melembutkan Area Mata

Kafein dan rasa dingin akan membantu mata kamu untuk tidak bengkak lagi. Kafein pada teh hijau bisa mengurangi bengkak dan inflamasi. Jika kamu punya mata bengkak, kamu bisa melakukan hal berikut menggunakan teh hijau. 

  1. Rendam 1 atau 2 bungkus teh hijau
  2. Peras bungkus untuk menghilangkan cairan
  3. Letakkan bungkus itu di kulkas
  4. Lalu letakkan di mata kamu selama 30 menit

Itu dia pembahasan mengenai kegunaan teh hijau untuk kesehatan. Baca tips harian dan artikel kesehatan yang lainnya seperti cara memperbesar Mr P. hanya di sini. Jangan lupa cek darah di Triasse agar tahu kondisi terkini kesehatan tubuh Anda, serta bergabung lah jadi partner Kami lewat program afiliasi marketing untuk pemasukan tambahan & penyebaran pentingnya pemeriksaan kesehatan. Klik link program afiliasi marketing ini

Bagikan ke Teman:
Triasse
Platform pertama untuk Tes Laboratorium dan pemeriksaan kesehatan keluarga Indonesia. Triasse memberikan pelanggan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatan mereka.