15 Manfaat Lengkio (Lokio) untuk Kesehatan

15 Manfaat Lengkio (Lokio) untuk Kesehatan
Garlic chives - Tontoey2531/Freepik
Bagikan ke Teman:

Manfaat Lengkio – Tumbuhan lengkio atau lokio atau bawang batak atau bawang mini seringkali digunakan dalam masakan untuk menambahkan cita rasa. Selain menambahkan cita rasa, lengkio punya manfaat atau kegunaan untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa yang telah diketahui secara umum. Berikut ini informasi mengenai kegunaan lengkio secara umum!

Mencegah masalah pada sistem pencernaan

Bawang lokio memiliki berbagai kandungan dari antioksidan sehingga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Bawang ini juga bisa digunakan untuk menetralisir radikal bebas, menghambat enzim yang bertanggung jawab atas produksi jenis oksigen reaktif, dan mengatur sekresi cairan di dalam usus kecil. Bawang ini juga memiliki sifat antibakteri alami yang sangat baik untuk melawan jenis bakteri pada bagian pencernaan. Memakan bawang ini akan membuat pencernaan kamu lebih sehat dan bekerja dengan maksimal.

Mencegah kanker

Bawang ini memiliki senyawa yang berguna untuk mencegah kanker. Berbagai jenis kanker bisa dicegah dengan bawang ini seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker paru-paru. Kandungan antioksidan dalam bawang ini bisa membuat radikal bebas yang bisa mempercepat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker menjadi tidak bisa berkembang dalam tubuh. 

Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Nutrisi vitamin K juga bisa membuat tulang kamu menjadi lebih kuat sehingga mampu mencegah osteoporosis. Vitamin ini juga berfungsi untuk mencegah alzheimer.

Meningkatkan kesuburan

Bawang ini memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang bisa meningkatkan kesehatan janin juga meningkatkan kesehatan reproduksi untuk pria maupun wanita. Vitamin C sendiri juga bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah penyakit bersinggah di tubuh.

Mencegah sariawan

Memakan bawang lokio akan memberikan manfaat yaitu mencegah sariawan karena sariawan terjadi akibat kurangnya asupan vitamin C. Bawang lokio mengandung vitamin C, B12, dan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah sariawan jika kamu konsumsi secara rutin setiap hari.

Mencegah resiko cacat pada janin di dalam kandungan

Bawang ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menghindari resiko cacat pada bayi dalam kandungan. Hal itu disebabkan karena bawang ini memiliki kandungan vitamin dan asam folat yang cukup tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil dan juga janin.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Bawang lokio mengandung lemak sehat yang bisa membantu tubuh agar terjaga dan juga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Ada juga senyawa allicin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam bawang lokio bisa bermanfaat untuk sistem pencernaan dan juga untuk orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi. Serat tersebut akan mengangkut kolesterol di pembuluh darah dan dibuang sebagai kotoran.

Mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular

Penurunan kadar kolesterol bisa membuat jantung menjadi lebih sehat dan juga tekanan darah menjadi turun. Senyawa yang terdapat pada bawang ini bisa mengurangi ketegangan kardiovaskular. Kandungan lainnya dalam bawang ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi timbunan plak sehingga kamu akan terhindar dari penyakit jantung lainnya.

Menetralisir racun dalam tubuh

Karena terdapat klorofil dan vitamin K juga garam mineral dalam bawang ini kamu bisa menjaga darah agar tetap bersih sehingga tubuh kamu bisa selalu dalam keadaan yang sehat. bawang ini bisa menetralisir racun dalam tubuh.dengan hilangnya racun-racun dalam tubuh kamu kamu bisa menjaga kesehatan organ hati.

Membantu dalam pemulihan jaringan

Bawang ini bisa membuat otot jaringan dan saraf menjadi lebih cepat untuk berfungsi baik kembali. Kandungan magnesium yang cukup tinggi dalam bawang ini membuat pemulihan jaringan saraf otot dalam tubuh kamu menjadi lebih pendek waktu pemulihannya. 

Baik untuk kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam bawang ini bisa membuat mata kamu tercegah dari katarak. Juga dengan mengonsumsi bawang ini kamu bisa memperlambat proses degenerasi makula sehingga mata kamu akan tetap sehat meski kamu sudah berumur cukup tua.

Menjaga kesehatan rambut 

Bawang ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan pada rambut kamu jadi rambut kamu akan tetap lebat dan sehat jika kamu mengonsumsi bawang ini secara rutin.

Meningkatkan kinerja otak

Bawang lokio memiliki kandungan omega 6 yang sangat baik untuk kinerja otak juga saraf. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk merawat dan memperbaiki sel saraf dalam otak. Selain itu juga ada kandungan asam folat dan fosfor yang bisa membantu daya ingat sehingga fungsi otak kamu selalu terjaga kualitasnya. 

Menjaga kesehatan kulit

Bawang lokio memiliki kandungan beta karoten yang bisa membuat kulit kamu menjadi bersih dan halus. Jerawat dalam kulit kamu juga bisa hilang karena mengandung vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan oleh matahari. Kulit kamu juga akan menjadi lebih elastis karena suplai darah meningkat juga kecepatan penyembuhan luka juga akan menjadi lebih cepat karena adanya peningkatan kolagen.

Menjaga kualitas tidur

Bawang ini memiliki kandungan vitamin dan fitokimia yang cukup tinggi sehingga kualitas tidur kamu akan semakin baik. Karena mengandung kolin dan asam folat kualitas tidur kamu dan puasa hati kamu akan semakin lebih baik setelah mengkonsumsi bawang ini.

Demikian pembahasan mengenai manfaat lengkio untuk kesehatan Anda. Baca juga artikel kesehatan lainnya. Jangan lupa, cek darah di Triasse dan juga dapatkan tambahan pemasukan melalui program affiliate marketing, klik di sini.

Bagikan ke Teman:
Triasse
Platform pertama untuk Tes Laboratorium dan pemeriksaan kesehatan keluarga Indonesia. Triasse memberikan pelanggan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatan mereka.