Manfaat Air Putih Jadi Ekstra Saat Jalankan Ibadah Puasa

Manfaat Air Putih Jadi Ekstra Saat Jalankan Ibadah Puasa
Manfaat air putih bisa jadi ekstra saat jalankan ibadah puasa, karenanya sangatlah penting bagi Anda memastikan cukup minum setiap hari. (Foto: Istimewa)
Bagikan ke Teman:

Saat bulan puasa Ramadan, Anda mungkin akan sering merasa kehausan. Air putih tidak bisa diminum di siang hari, tapi bukan berarti Anda boleh kekurangan cairan. Manfaat air putih bisa jadi ekstra bagi Anda yang jalankan ibadah puasa. Selama Anda pastikan asupannya cukup.

Saat puasa, dehidrasi sering terjadi. Hal ini bisa pengaruhi kesehatan, karenanya sangatlah penting untuk minum cukup air putih setelah berbuka dan sebelum sahur. Pastikan asupan air putih tetap sama seperti hari biasa. Lagipula, minum cukup air walaupun puasa bisa memberikan manfaat ekstra.

Apa saja manfaat air putih di bulan puasa? Cek rangkuman Triasse di bawah ini:

Manfaat Air Putih Bisa Bakar Kalori

manfaat air putih bisa bakar kalori
Manfaat banyak minum air putih akan mempermudah proses mendapatkan kesehatan dan tubuh yang ideal. (Foto: Istimewa)

Semua sudah tahu, air putih baik untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan energi, sampai menstabilkan suasana hati.

Sekarang, baru ditemukan lagi manfaat lain dari air putih: membakar kalori.

Melansir Purewow, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan, minum air putih bisa membantu membakar kalori sepanjang hari.

Seberapa banyak? Setiap gelas air putih membakar 7 kalori. Ini artinya, jika kamu minum 10 gelas sehari, ada 70 kalori yang terbakar. Dalam dalam satu minggu, kamu bisa membakar sampai 490 kalori.

Namun, bukan berarti kamu harus berhenti olahraga. Manfaat banyak minum air putih akan mempermudah proses mendapatkan kesehatan dan tubuh yang ideal.

Manfaat Air Putih Manjur Hilangkan Bau Mulut

manfaat air putih manjur hilangkan bau mulut
Dengan minum lebih banyak air putih, mulut akan memproduksi lebih banyak saliva, yang pada akhirnya bisa menetralisir bau mulut. (Foto: Freepik)

Bau mulut bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya hal ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Terkadang, bau mulut bisa juga muncul karena pengobatan tertentu atau karena individunya merokok.

Bau mulut muncul saat bakteri di lidah mulai mengurai protein di lendir dan makanan–terutama gula dan produk susu. Hal ini bisa membuat bakteri tadi melepaskan senyawa belerang. Inilah yang membuat napas Anda jadi bau.

Namun musuh bebuyutan bakteri ini adalah oksigen yang ditemukan di ludah Anda. Dengan minum lebih banyak air putih, mulut akan memproduksi lebih banyak saliva, yang pada akhirnya bisa menetralisir bau mulut, ujar Harold Katz, dokter gigi di Los Angeles dan pendiri TheraBreath.com tentang manfaat air putih.

Beberapa obat seperti antidepresan, obat tekanan darah tinggi, dan antihistamin, bisa membuat mulut kering. Jika Anda sedang dalam pengobatan yang menggunakan obat-obatan itu, tambahlah asupan air putih lebih dari yang direkomendasikan, yaitu delapan gelas sehari.

Tak hanya air putih, sayuran berserat seperti seledri dan timun juga bisa mendongkrak produksi saliva. Bahkan, menahan sepotong timun di antara lidah dan langit-langit mulut selama 90 detik bisa membantu membatasi bau.

Sayuran yang renyah juga bisa membantu menghilangkan plak di gigi dan gusi, yang sering jadi sumber makanan bakteri, ujar Gregg Lituchy, seorang dokter gigi kosmetik di New York City. Melansir Real Simple.

Manfaat Air Putih Bikin Kulit Bagus

manfaat air putih bikin kulit bagus
Dengan memastikan tubuh selalu terhidrasi, di saat yang sama juga akan membantu menjaga kulit tetap kenyal dan sehat. (Foto: Istimewa)

Fakta bahwa minum air putih secara cukup baik untuk kulit memang bukan berita baru. Dengan memastikan tubuh selalu terhidrasi, di saat yang sama juga akan membantu menjaga kulit tetap kenyal dan sehat.

Namun, walaupun sudah minum air putih seperti yang dianjurkan setiap hari, mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya, apakah bisa benar air putih bisa memberi kulit binar yang sehat. Atau butuh usaha yang lebih?

Melansi Byrdie, empat orang pakar, yaitu Caroline Cederquist, MD, penulis dari The MD Factor Diet; dermatolog Joshua Zeichner MD; dan dermatolog sekaligus dokter beda Margarita Lolis, MD akan memaparkan: apa sebenarnya manfaat air putih bagi kesehatan kulit.

Apakah minum air benar bisa menghidrasi kulit?

“Ya, tapi hal ini juga adalah kombinasi dari pola makan yang seimbang, yang meliputi protein dan lemak sehat sekaligus selalu cukup minum,” ujar Cederquist.

Sementara itu, Lolis memiliki hipotesis lain. “Sebenarnya, ketika Anda minum air, hal itu tidak otomatis langsung menuju kulit. Air akan menghidrasi sel begitu terserap ke dalam aliran darah disaring oleh ginjal. Jadi pada tingkat selular, minum air itu bagus karena akan mengaliri sistem dan menghidrasi tubuh secara umum,” ujarnya.

Lolis merekomendasikan melakukan ritual berikut ini setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit yang terutama efektif saat jalankan ibadah puasa untuk cegah kulit kering:

1. Gunakan pembersih yang lembut untuk menggantikan sabun.

2. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.

3. Hindari paparan udara kering.

4. Jangan mandi air hangat dalam waktu lama, dan selalu gunakan sarung tangan saat mencuci piring.

5. Gunakan losion tepat setelah mandi, dan krim tangan setiap selesai mencuci tangan.

Sedangkan Zeichner menambahkan, kalau penggunaan pelembap jauh lebih efektif untuk kulit dibanding minum air.

“Pelembap mengandung tiga jenis bahan yang akan bekerjasama untuk membantu kulit. Anda juga tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan pelembap dengan kualitas bagus,” jelas Zeichner.

Harus minum berapa banyak agar terus terhidrasi dan dapatkan manfaat air putih?

“Sekitar dua liter air per hari,” Cederquist mengonfirmasi. “Aku menyarankan tambahan 250 ml untuk setiap kelebihan berat badan sebanyak 10 kg. Misalnya, jika seseorang kelebihan berat badan sebanyak 20 kg, dia butuh air sebanyak 2 liter ditambah 500 ml (250×2).”

Sedangkan Lolis menyarankan jumlah yang berbeda. “Menurut Institute of Medicine, sarannya adalah: untuk pria itu sekitar 13 gelas air setiap hari, dan setidaknya 9 gelas per hari untuk wanita,” jelasnya.

“Namun jumlah ini mengacu pada keseluruhan asupan cairan yang dikonsumsi setiap hari,” tambahnya. Dan hal ini termasuk juga makanan yang mengandung air, seperti buah dan sayuran.

Demikian artikel tentang manfaat air putih, pastikan Anda mendapatkan keuntungannya saat menjalankan ibadah puasa Ramadan ini. Baca juga berbagai tips harian lainnya seputar kebugaran dan kesehatan sepanjang bulan puasa. Jangan lupa juga untuk lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Triasse kini hadir untuk memudahkan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan online. Kini segalanya bisa dilakukan dan diakses secara online dan dari rumah. Triasse juga menyediakan berbagai paket pemeriksaan kesehatan yang sudah dirancang sesuai kebutuhan. Cek Triasse.com sekarang, untuk paket pemeriksaan & artikel gaya hidup perihal kecantikan!

Ditinjau oleh: dr. Afifah Mayang Sari

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.