Perlukah Sering Mandi untuk Cegah Penyebaran COVID-19?

Perlukah Sering Mandi untuk Cegah Penyebaran COVID-19?
Apakah mencuci tangan lebih sering saja cukup? Perlukah kita lebih sering mandi untuk lindungi diri dari penyebaran COVID-19? (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Seiring dengan mewabahnya virus corona, slogan “Cuci tangan 20 detik” menyebar dimana-mana. Tindakan ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang berasal dari COVID-19 dan melindungi diri Anda.

Peringatan lainnya yang juga muncul adalah, batasi pergerakan sosial, dan jangan menyentuh wajah.

COVID-19 memang menyebar dengan sangat cepat. Di Indonesia saja, dalam waktu dua minggu jumlah penderita yang diketahui sudah mencapai lebih dari 100 orang. Untuk mencegah angka ini terus membengkak, tentunya semua tindakan pencegahan perlu dilakukan. Dan sejauh ini, penelitian menemukan sabun dan air ampuh membunuh virus corona.

Namun, berbicara tentang sabun dan air, muncul pertanyaan baru, apakah mencuci tangan saja cukup? Perlukah kita lebih sering mandi untuk lindungi diri dari COVID-19?

Menurut para profesional, jawabannya adalah: tidak perlu. Kenapa?

COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan atau paru-paru, yang artinya virus itu datang dari mulut dan paru-paru. Kekhawatiran utamanya adalah tetesan air (droplet) yang paling mungkin menempel di tangan dibanding tempat-tempat lain di tubuh Anda.

“Jika ada area di tubuh Anda yang memiliki kemungkinan lebih besar menjadi tempat menempelnya tetesan virus, Anda bisa mencucinya lebih sering. Tapi selain itu tidak perlu pencucian yang lebih sering,” ujar Jason Tetro, seorang pakar mikrobiologi dan penulis buku The Germ Files, dilansir Triasse. “Jadi, jika lengan Anda terbuka dan Anda bersin ke siku, Anda perlu mencuci area ini lebih sering. Tapi Anda tidak perlu menggosok dan mencuci bagian tubuh lain lebih sering dari biasanya.”

Namun, pakar dermatologi Joshua Zeichner, MD, menyarankan agar Anda mandi setiap hari, dan menggunakan sabun untuk membersihkan seluruh bagian tubuh, alih-alih hanya bagian tertentu saja (seperti area pribadi, kaki, dan ketiak), dan juga keramas setiap hari.

“Kita tahu virus bisa tinggal di lingkungan yang lembap, ini termasuk di rambut,” ujarnya. Dengan kata lain, lebih baik main aman dibanding menyesal kemudian. Pastikan selalu jaga kebersihan Anda saat ini. Karena virus corona bisa dihilangkan dengan apa saja yang mengandung surfaktan, maka sabun mandi dan sampo yang biasa Anda gunakan bisa bekerja dengan baik.

Peringatan lain yang diberikan oleh para profesional terkait rutinitas mandi Anda adalah, pastikan botol-botol di kamar mandi dibersihkan secara rutin. Jika ada benda-benda lain yang Anda gunakan di kamar mandi, dan digunakan bersama-sama anggota keluarga yang lain, sebaiknya selalu cuci dulu menggunakan sabun sebelum digunakan. Hal ini untuk memastikan Anda tidak menularkan atau ditularkan virus corona dari dan kepada orang lain di rumah.

Nah itu dia penjelasan lengkapnya! Terus nantikan artikel tips harian lainnya hanya di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."