Kurang Tidur di Bulan Ramadan: Tanda dan Cara Mengatasinya

Kurang Tidur di Bulan Ramadan: Tanda dan Cara Mengatasinya
Perubahan pola hidup saat jalankan ibadah puasa bisa sebabkan kurang tidur di bulan Ramadan. Ketahui cara mengatasinya. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Saat puasa di bulan Ramadan, pola hidup harian akan mengalami perubahan. Mulai dari waktu makan sampai waktu istirahat. Hal ini bisa menyebabkan beberapa gangguan, salah satu yang sering terjadi pada mereka yang menjalankannya adalah kurangnya waktu tidur dan insomnia (gangguan atau kondisi yang bikin Anda tidak bisa tidur). Menunggu waktu sahur, atau khawatir tidak terbangun saat sahur atau paginya saat harus berangkat beraktivitas, membuat banyak orang memilih untuk tidak tidur sekalian. Akibatnya, tubuh jadi kurang tidur di bulan Ramadan.

Anda mungkin tidak lantas menyadari gangguan ini, atau mungkin malah mungkin membiasakan diri dengan pola tidur yang baru tanpa menyadari tanda-tanda kurang tidur di bulan Ramadan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tanda Kurang Tidur di Bulan Ramadan

tanda kurang tidur di bulan ramadan
Bangun jauh sebelum fajar setiap hari bisa sebabkan gangguan tidur di bulan Ramadan. (Foto: Freepik)

Harus selalu bangun beberapa jam sebelum fajar setiap hari untuk siapkan sahur bisa membuat beberapa orang jadi mengalami gangguan tidur, seperti misalnya insomnia. Beberapa tanda insomnia dan kurang tidur di bulan Ramadan misalnya:

– Sulit tidur walau lelah
– Terbangun berkali-kali di malam hari
– Susah tidur lagi saat sudah terbangun
– Tidur tidak pulas
– Bangun terlalu cepat
– Mengantuk di siang hari, lemas, dan lelah.
– Susah konsentrasi

Cara Atasi Kurang Tidur di Bulan Ramadan

cara atasi kurang tidur di bulan ramadan
Kurang tidur di bulan ramadan bisa diatasi dengan beberapa penyesuaian. (Foto: Freepik)

Simtom di atas tentunya bisa mengganggu aktivitas dan produktivitas di bulan Ramadan. Karenanya penting untuk menyingkirkan insomnia dan gangguan tidur lainnya. Berikut cara atasi kurang tidur di bulan Ramadan, Triasse mengutip The Eco Muslim:

1. Hindari Kafein dan Nikotin

Batasi konsumsi kafein dan nikotin Anda. Kedua stimulan ini akan membuat Anda terjaga lebih lama. Jika ingin minum kopi, pastikan Anda meminumnya 5-6 jam sebelum tidur.

2. Tidur di Ruangan dengan Ventilasi Baik

Di musim panas, malam hari pun udaranya terasa pengap dan sesak. Hal ini bisa membuat Anda sulit untuk tertidur nyenyak.
Jika kamar tidak dilengkapi pendingin udara, pastikan kamar Anda mendapatkan cukup udara dan berventilasi baik. Buka jendela, bersihkan debu dari permukaan kamar, dan ganti seprei dan sarung bantal dengan yang bersih sehingga udara akan terasa lebih segar.

3. Pilih Kasur yang Padat

Orang Jepang tidur di lantai. Penduduk Pakistan tidur di dipan kayu. Keduanya memang tidak terdengar mewah, tapi keduanya sebenarnya adalah cara terbaik untuk mendapatkan pola tidur yang sehat.
Permukaan yang padat memberikan dukungan yang lebih baik bagi otot, terutama otot dan sendi yang pegal dan nyeri.

4. Olahraga di Sore Hari

Hindari aktivitas yang menstimulasi atau membuat stres menjelang tidur. Hal ini termasuk olahraga berat, diskusi sengit, dan lainnya.
Namun jika Anda berolahraga di sore hari, hal ini akan memberi tubuh cukup waktu untuk merasa rileks sehingga malam hari Anda jadi lebih mudah terlelap dan bantu atasi kurang tidur di bulan Ramadan.

5. Jaga Kamar dalam Kondisi Gelap

Tambah pencahayaan alami untuk kamar tidur Anda di siang hari. Buka gorden dan penutup jendela. Namun di malam hari, tutup semua jendela dan layar yang akan memancarkan cahaya.
Matikan semua gawai satu jam sebelum tidur. Jika kamar tidur masih juga belum cukup gelap, Anda bisa mencoba menggunakan masker tidur yang akan menutupi kedua mata.

6. Jika Tidak Bisa Tidur, Bangun

Jika Anda sudah melakukan berbagai langkah di atas tapi masih juga susah tidur, bangunlah dari tempat tidur. Lakukan kegiatan yang akan membuat Anda bosan, seperti misalnya membaca buku, membuka kamus, atau merapikan area yang berantakan sampai akhirnya kantuk datang.
Berdiam diri di kasur malah akan membuat Anda stres dan jadi makin susah tidur.

Demikian penjelasan tentang cara atasi kurang tidur di bulan Ramadan. Baca berbagai artikel lainnya tentang pola hidup sehat dan tips harian selama Ramadan, seperti cara bentuk tubuh dan olahraga di bulan puasa. Jangan lupa juga untuk lakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Cek darah di Triasse dan juga dapatkan berbagai promo dan paket pemeriksaan kesehatan sesuai kebutuhan.

Ditinjau oleh: dr. Afifah Mayang Sari

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.