8 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gampang Sakit

Bagikan ke Teman:

Kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari tanpa disadari bisa menurunkan sistem imun tubuh. Akibatnya, kebiasaan buruk tersebut bikin Anda gampang sakit.

Berada di lingkungan yang bersih saja ternyata belum tentu bisa menjadi penentu apakah Anda sudah terbebas dari bakteri atau kuman. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa bisa saja kebiasaan yang selama ini dianggap bersih dan aman dari bakteri, ternyata justru bisa berakibat buruk pada kesehatannya.

Merangkum berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang membuat tubuh gampang sakit dan menurunkan sistem imun.

1. Duduk Sepanjang Hari

Faktanya, duduk sepanjang hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas. Kebanyakan duduk juga dapat memperlambat tingkat metabolisme tubuh dan mengurangi penyerapan nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kurang Tidur

stres
Kebiasaan kurang tidur bisa bikin gampang sakit. (Foto: Freepik)

Ketika sedang tertidur, tubuh akan memproduksi melatonin yang dapat menghasilkan sel-sel darah merah. Melatonin disebut-sebut juga dapat mempercepat penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan begadang akan menyebabkan melatonin yang dihasilkan berkurang, hal ini akan menyebabkan sistem imun tubuh berkurang.

3. Diet Berlebihan

Diet yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi tubuh yang diperlukan, salah satunya adalah lemak tak jenuh. Meskipun disebut lemak, namun lemak jenis ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Lemak jenuh ini banyak terkandung dalam ikan dan kacang-kacangan.

4. Malas Berolahraga

Kebiasaan rajin berolahraga nyatanya sangat baik untuk tubuh. Salah satu jenis olahraga yang paling mudah dan murah adalah olahraga lari yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Sebenarnya tidak begitu masalah jika Anda tidak rutin berolahraga, namun setidaknya akan lebih baik jika Anda terus bergerak aktif setiap hari.

Hal paling sederhana adalah dibanding harus menggunakan kendaraan bermotor, Anda dapat berjalan kaki saat bepergian ke tempat-tempat yang berjarak dekat. Berjalan kaki nyatanya baik dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Terlalu Sering Pakai Makeup dan Jarang Bersihkan Kuas

kebiasaan buruk
Terlalu sering menggunakan makeup dan kuas makeup yang kotor bisa ganggu kesehatan. (Foto: Freepik)

Lipstik, foundation, dan jenis kosmetik lainnya akan mengendap pada kulit Anda. Beberapa kosmetik sendiri mengandung bahan seperti sodium lauryl sulfate yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Dan tahukah bahwa nyatanya kuas makeup menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman.

Kuas yang digunakan untuk menyapukan makeup pada wajah akan membuat sel minyak dan sel kulit mati menempel pada bulu-bulu kuas. Apabila tidak rutin dibersihkan, hal ini dapat memicu pertumbuhan kuman dan bakteri pada kuas. Kuman inilah yang nantinya akan menyebabkan tumbuhnya jerawat dan iritasi pada kulit wajah.

6. Tidak Mengganti Pakaian Dalam

Para ahli telah menyarakan untuk mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari, karena keringat dan kuman bisa menumpuk di dalamnya. Jika Anda mengenakan pakaian dalam yang sama dalam waktu sehari, maka hal ini bisa menyebabkan gatal, infeksi, serta iritasi pada kulit.

7. Jarang Membersihkan Tempat Tidur

Berdasarkan penelitian, manusia menghasilkan sekitar 26 galon keringat di atas tempat tidur per tahunnya. Keringat yang menempel di seprai ini nantinya akan membuat kasur menjadi lembab dan menyebabkan timbulnya sarang bakteri serta jamur. Jangan sampai menggunakan seprai yang sama dalam waktu berbulan-bulan. Disarankan untuk menggantinya 2-3 minggu sekali.

8. Tidak Mengganti Spons Cuci Piring

Rutin membersihkan spons cuci piring dengan air panas, nyatanya tidak benar-benar membersihkan spons tersebut. Tekstur spons yang berongga dan berpori-pori menyebabkan mikroba mudah menempel serta berkembang biak. Sebaiknya Anda mengganti spons cuci piring secara rutin agar tidak menggunakan spons yang sama dalam waktu yang terlalu lama.

Selain menghindari delapan kebiasaan buruk di atas, untuk memastikan tubuh selalu sehat lakukan juga pengecekan kesehatan secara tubuh. Lakukan medical check-up secara berkala agar bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit atau kondisi yang mungkin muncul pada tubuh.

PesanLab.com menyediakan berbagai paket medical check-up yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Medical check-up ini bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah, dengan akses yang cukup diakses secara online. Cek PesanLab.com sekarang.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *