Cara Tetap Sehat dan Produktif di Era Virus Corona
Walau wabah virus corona terus berlanjut, produktivitas juga tidak bisa berhenti, karenanya penting untuk tau cara sehat di era pandemik. (Foto: Freepik)

Cara Tetap Sehat dan Produktif di Era Virus Corona

Bagikan ke Teman:

Berahirnya masa PSBB disertai dengan kembali dibukanya perusahaan dan perkantoran membuat kemungkinan penyebaran virus corona kembali meningkat. Untuk menurunkan resiko penyebaran virus dan menurunkan risiko persusahaan dan perkantoran menjadi mata rantai penuluran virus, banyak kebijakan yang harus diambil untuk cara sehat karyawan.

Sektor perusahaan dan industri memiliki peranan penting pencegahan penyebaran virus covid-19. Pasalnya setelah selesainya masa PSBB masyarakat akan mulai beraktivitas di luar rumah untuk kembali bekerja. Dengan kembalinya masyarakat melakukan aktivitas diliuar rumah resiko penyebaran virus akan meningkat. Oleh Karena itu perusahaan memiliki peranan penting untuk mebuat kebijakan untuk  pencegahan terhadap hal ini.

  1. Melakukan Pengukuran Suhu Karyawan Di Pintu Masuk

Perusahaan melakukan pengukuran suhu didepan pintu masuk perusahaan dan melakukan pengecekan suhu kepada seluruh karwayan sebelum karyawan mulai bekerja. Jika saat dilakukan pengukuran didapatkan karyawan yang memiliki suhu tubuh diatas 37,5° C, perusahaan harus mengistirahatkan karyawan untuk bekerja di rumah dan merujuk karyawan ke sarana kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penghukuran suhu juga sebaiknya menggunakan termometer infrared yang tidak berkontak dengan permukaan kulit secara langsung. Cara sehat di era virus corona lainnya, perusahaan juga mengedukasi karyawan untuk dapat melakukan pengecekan mandiri setiap sebelum berangkat kerja, meliputi apakah saat ini karyawan tersebut dalam kondisi sehat, tidak demam, tidak batuk pilek maupun sesak napas.

  1. Mewajibkan Karyawan Menggunakan Masker

Cara sehat di era virus corona yang paling wajib adalah penggunaan masker. Karyawaan diwajibkan oleh perusahaa untuk menggunakan masker selama berada di tempat kerja dan selama karwayan berada dalam perjalanan. Perusahaan juga mengedukasi karyawan untuk selalu mengganti masker setiap hari dan mengajarkan etika batuk yang benar kepada karyawan. Aturan untuk selalu menggunakan masker di tempat kerja apalagi untuk ruangan kerja bersama harus dlakukan

  1. Membuat Aturan Cuci Tangan

Dipintu masuk saat melakukan pengecekan suhu juga sebaiknya disediakan hand sanitizer ataupun sarana mencuci tangan dengan sabun. Karyawan yang datang diwajibkan untuk mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer begitu sampai ke tempat kerja. Perusahaan juga harus menyediakan fasilitas tempat untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Perusahaan juga dapat memberikan kebijakan untuk karyawan melakukan cuci tangan dengan sabun sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan juga harus melakukan edukasi mengenai pola hidup bersih dan sehat bagi karyawannya, termasuk langkah-langkah cuci tangan yang baik dan bagaimana menjaga higenitas diri untuk mencegah penularan kuman.

  1. Pengaturan Waktu Kerja

Bagi perusahaan yang meliki sistem kerja shift, sebaiknya menyesuakan shift kerja bagi karyawannya. Apabila memiliki shift malam jika bisa ditiadakan akan lebih baik, namun jika tidak bisa pengaturan shift malam disesuaikan terhadap karyawan yang memiliki usia diatas 50 tahun. Perusahaan juga sebaiknya meniadakan waktu lembur atau shift kerja panjang pada karyawannya.

Selain itu karyawan yang masih dapat melakukan work from home sebaiknya tetap melakukan kerja dari rumah, sehingga meminimalkan kapasitas kantor dan meurunkan risiko penyebaran virus.

  1. Mengatur Asupan Nutrisi

Bagi perusahaan yang menyediakan katering harus memperhatikan menu makanan bagi karyawannya. Menu makanan yang diberikan harus memiliki pola gizi seimbang. Pilih makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Perusahaan juga bisa memberikan suplemen atau vitamin tambahan untuk menunjang daya tahan tubuh karyawan agar lebih optimal.

  1. Memastikan Seluruh Area Kerja Bersih

Sebelum kembali menerima karyawan kembali ke kantor perusahanan sebaiknya melakukan pembersihan tempat kerja secara menyeluruh. Ventilasi dan air conditioner juga sebaiknya dibersihkan. Perusahaan juga sebaiknya memperhatikan sirkulasi udara dan sinar matahari yang ada diruang kerja. Pembersihan area kerja secara rutin juga harus dilakukan, terutama area-area yang sering dipakai bersama seperti lift, kamar mandi dan pantry. Permukaan barang-barang yang sering disentuh bergantian seperti gagang pintu dan tombol lift juga perlu mendapat perhatian khusus.

  1. Menetapkan Aturan Jaga Jarak Di Semua Aktifitas dan Ruang Kerja

Mengubah tata letak di perusahaan merupakan hal penting. Ruang kerja bersama sebaiknya memilki jarak minimal 1 meter antar karyawan. Fasilitas bersama seperti ruang makan juga harus memiliki jarak physical distancing yang aman. Perushaan juga harus melakukan edukasi pada karyawan untuk tetap selalu melakukan physical distancing.

  1. Hindari Penggunaan Alat Pribadi Bersama

Perushaan mentapkan aturan karyawan untuk tidak menggunakan barang pribadi secara bersama-sama ataupun bergantian. Alat pribadi seperti alat-alat Ibadah dan perlatan makan dan minum sebaiknya karyawan mempunyai masing dan tidak memakai secara bergantian.

Di tempat ibadah seperti mushola juga sebaiknya perusahan meniadakan alat solat bersama. Karyawan membawa masing-masing alat solatnya.

  1. Membentuk Tim Tanggap Covid-19

Tim tanggap covid-19 berfungsi untu melakukan pemantauan terhadap penyebaran virus diperusahaan. Sebaiknya tim ini bekerja sama dengan fasilitas kesehatan untuk melakukan rujukan apa bila ada karyawan ada dicurigai terinfeksi virus corona.

  1. Melakukan Pemeriksaan Rutin Kesehatan Karyawan

Sebelum membuka kembali perusahaan sebaiknya perusahaan melaukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh karyawan. Jika memungkinkan melakukan pemeriksaan covid-19 seperti rapid test kepada seluruh karyawan akan lebih baik, sehingga jika ada karyawan yang ternyata positive terinfeksi bisa segera dilakukan penanganan dan tidak menularkan karyawan lainnya. Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memastikan seluruh karyawan negative dari virus akan membantu untuk memutus mata rantai penularan virus ini dan memstikan perusahaan tetap dapat berjalan dengan baik ke depannya.

Untuk lebih pasti menerapkan cara sehat bagi karyawan di era virus corona, lakukan pemeriksaan rutin melalui Triasse.com. Triasse menyediakan berbagai jenis pemeriksaan Covid-19 yang bisa dilakukan di tempat kerja. Cek juga berbagai artikel terbaru tentang virus corona dan tips harian di sini. Klik link program afiliasi marketing ini biar bisa mendapatkan tambahan uang dari Triasse.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."