COVID-19: Cara Penanganan Novel Coronavirus di Komunitas

COVID-19: Cara Penanganan Novel Coronavirus di Komunitas
Cara penanganan novel coronavirus di komunitas yang paling utama adalah melibatkan petugas kesehatan dan penyebaran informasi yang tepat. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Cara penanganan novel Coronavirus di komunitas dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pemerintah juga sudah membuat aturan tetap mengenai penanganan virus Corona.

Pasalnya, virus COVID-19 sudah merenggut banyak korban. Tercatat, sudah ada tujuh korban virus Corona yang meninggal dunia. Hingga artikel ini dibuat, pasien yang sudah suspect Coronavirus sudah 174 orang dan diprediksi pemerintah semakin bertambah.

Faktor tersebut membuat pemerintah menerbitkan cara penanganan novel Coronavirus. Mengapa diperlukan protokol untuk cara penanganan novel coronavirus? Sebab, COVID-19 ini sudah membuat dunia berantakan, kehidupan perekonomian dunia pun menjadi lesu.

Pemerintah Indonesia pun sebagaimana negara-negara lain di dunia berusaha keras melindungi masyarakat agar terhindar dari virus corona ini dengan menerbitkan protokol-protokol penanganan Virus Corona. Kementerian Kesehatan menerbitkan pengertian tentang apa itu NCov, atau COVID-19 atau Corona Virus tersebut yang isinya:

Seperti apa gejala virus Corona? Gejalanya demam lebih dari 38 derajat celcius, batuk, sesak napas yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Pemerintah sendiri sudah merekomendasikan beberapa rumah sakit yang dapat menangani COVID-19. Gejala ini diperberat jika penderita adalah usia lanjut dan mempunyai penyakit penyerta lainnya, seperti penyakit paru obstruktif menahun atau penyakit jantung.

Lalu, apa itu novel coronavirus? Ini merupakan keluarga virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS. Penularannya dari hewan ke manusia (zoonosis) dan penularan dari manusia ke manusia sangat terbatas.

Untuk 2019-nCoV masih belum jelas bagaimana penularannya, diduga dari hewan ke manusia karena kasus-kasus yang muncul di Wuhan semuanya mempunyai riwayat kontak dengan pasar hewan Huanan.

Seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya.

Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID- 19. Atau bisa juga seseorang terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit.

Sampai saat ini, para ahli masih terus melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, dan cara penularannya. Tetap pantau sumber informasi yang akurat dan resmi mengenai perkembangan penyakit ini.

Lalu, bagaimana cara penanganan novel coronavirus di komunitas, baik itu di sekolah, pusat penitipan anak, kantor, atau fasilitas lain yang menampung banyak orang? Simak caranya berikut ini.

Namun, perlu Anda ketahui, artikel tips harian dari Triasse ini dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, tapi diperbarui dengan beberapa kasus di Indonesia.

1. Bekerja Sama dengan Pelayanan Kesehatan

Jika Anda Tidak Memerlukan Masker, Baiknya Jangan Membeli
Cara penanganan novel Coronavirus di komunitas yang pertama adalah bekerja sama dengan pelayanan kesehatan. (foto: Freepik)

Cara penanganan novel Coronavirus di komunitas yang pertama adalah bekerja sama dengan pelayanan kesehatan. Terlebih, jika ada yang sudah terkena gejala COVID-19, Anda harus mengisolasi orang tersebut.

Kemudian jauhkan dari orang banyak. Perintahkan orang yang terkena gejala virus Corona untuk menggunakan masker supaya memperkecil tertularnya COVID-19. Langkah selanjutnya adalah, Anda harus menutup tempat tersebut, baik sekolah, kantor, atau apapun yang dikerumuni banyak orang.

2. Pastikan Banyak Sirkulasi Udara

Tingkatkan Sirkulasi Udara
Buka pintu dan jendela untuk meningkatkan sirkulasi Udara. (Foto: Freepik)

Ketika Anda dengan terpaksa mengumpulkan banyak orang karena hal penting atau mendesak, cara penanganan novel Coronavirus yang tepat adalah memastikan banyak sirkulasi udara. Untuk mendapatkan ruangan yang bebas dari virus, Anda harus mendapatkan sirkulasi udara hingga 24 jam.

Caranya? Buka semua jendela dan pintu agar udara segar masuk ke dalam ruangan. Bila perlu, sebelum orang berkerumun, bersihkan dulu toilet, ruang rapat, kantor, dan area umum, seperti ruang tunggu hingga dapur.

Disinfeksi juga perlu dilakukan agar terbebas dari COVID-19. Cara penanganan novel Coronavirus ini harus dilakukan 24 jam sebelum orang lain berkerumun.

3. Sediakan Tempat untuk Orang Sakit

Sediakan Tempat untuk Orang Sakit
Komunitas harus menyediakan tempat khusus untuk orang yang sakit. (Foto: Freepik)

Jika ada orang yang menunjukkan gejala virus Corona, Anda harus menyediakan satu tempat untuk perawatan. Cara penanganan novel Coronavirus yang satu ini juga mewajibkan Anda untuk menyediakan tim medis ketika berada dalam sebuah komunitas.

Kemudian, Anda harus memisahkan orang yang sakit dengan lainnya. Cara penanganan novel Coronavirus ini sangat penting agar COVID-19 tidak menular ke orang lain. Intinya adalah untuk meminimalisir penyebaran.

4. Buat Rencana Darurat

buat rencana darurat
Langkah darurat lainnya adalah, Anda harus menunda atau membatalkan acara, program, dan layanan yang menampung orang banyak dalam waktu singkat. (Foto: Freepik)

Anda harus membuat sebuah rencana darurat jika virus corona semakin banyak. Bila perlu, Anda harus membubarkan aktivitas dalam sebuah komunitas untuk menjaga semua orang tetap sehat.

Rencana darurat ini harus disampaikan ke semua orang dengan tepat waktu. Langkah darurat lainnya adalah, Anda harus menunda atau membatalkan acara, program, dan layanan yang menampung orang banyak dalam waktu singkat.

5. Sering Mencuci Tangan dan Salam Sikut

Sering Mencuci Tangan dan Salam Sikut
Hindari salam dengan siku. (Foto: Freepik)

Ketika Anda berada di kerumunan orang banyak, Anda pasti sulit untuk menolak jika diajak bersalaman. Namun, Anda harus berani menolaknya dan mengganti salaman dengan salam sikut untuk menghindari coronavirus.

Cara penanganan novel Coronavirus lainnya dalam sebuah komunitas adalah rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun selama 20 detik. Bila tidak ada air, Anda bisa menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol sebanyak 60 hingga 95 persen.

6. Siapkan Tisu dan Masker

Pandemi Virus COVID-19/corona, apakah kita perlu memakai masker?
Berikut adalah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang keeektifan masker terhadap virus COVID-19 (foto: Freepik)

Tak peduli sedang tidak sakit, Anda harus menyiapkan tisu dan masker sekali pakai. Cara penanganan novel Coronavirus ini penting karena Anda tidak bisa melihat COVID-19 dengan mata telanjang.

Coronavirus bisa menular melalui bersin dan batuk. Ketika Anda harus melepas masker atau membuang tisu jangan dilakukan dengan sembarangan. Buanglah masker dan tisu sekali pakai itu di tempat sampah.

7. Pantau COVID-19 di Situs

Selalu pantau perkembangan penyakit COVID-19 dari sumber resmi dan akurat. Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi dari Anda dari penularan dan penyebaran penyakit ini.

8. Tidak Panik atau Khawatir

fakta virus corona
Penyebarannya yang mewabah bisa menimbulkan kepanikan, karenanya sangat penting bagi kita untuk tahu fakta virus corona untuk lindungi diri. (Foto: Freepik)

Jika Anda tidak berada di wilayah terjangkit COVID-19, atau jika Anda tidak melakukan perjalanan dari salah satu wilayah tersebut, atau tidak melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki gejala COVID-19 atau merasa kurang sehat, kecil kemungkinan Anda untuk tertular COVID- 19.

Namun, dapat dimengerti bahwa Anda mungkin merasa stres dan cemas tentang situasi yang terjadi saat ini. Tetaplah tenang dan jangan panik. Carilah informasi yang benar dan akurat tentang perkembangan COVID-19 agar Anda mengetahui situasi wilayah Anda dan Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar.

Jika Anda berada di wilayah terjangkit COVID-19, Anda harus serius menghadapi risiko tersebut. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan informasi dan saran dari pihak kesehatan yang berwenang.

Itulah beberapa cara penanganan novel viruscorona di komunitas. Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga agar terhindar dari COVID-19.

9. Hindari Menyentuh Area Wajah

Hindari Menyentuh Area Wajah
Hindari menyentuh wajah agar virus tidak masuk ke area pernapasan. (Foto: Freepik)

Penting untuk diperhatikan bahwa virus Corona dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung. Area segitiga wajah rentan tersentuh oleh tangan, sadar atau tanpa disadari.

Maka dari itu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan benda atau bersalaman dengan orang lain menjadi cara untuk mencegah tertular dari virus Corona.

Sudah dijelaskan di atas mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Jika kesulitan menemukan air bersih dan sabun, Anda bisa menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol antara 65 hingga 90 persen.

10. Etika Saat Bersin dan Batuk

Gunakan Siku Saat Bersin
Perhatikan etika saat bersin agar tidak menulari orang lain. (Foto: Freepik)

Satu di antara penyebaran virus Corona bisa melalui udara. Ketika Anda bersin dan batuk, tutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar tidak terpapar percikan kelenjar liur.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan kamu hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan.

Jika Anda tidak menyediakan tisu, lebih baik Anda menggunakan lengan pada baju untuk menutupi mulut saat batuk dan bersin. Cara ini ampuh untuk mencegat wabah virus corona menular ke orang lain, terlebih ketika Anda sedang berada di komunitas.

11. Jaga Jarak Sosial

Jaga jarak sosial
Jaga jarak sosial untuk mencegah infeksi. (Foto: Freepik)

Satu di antara pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah jaga jarak sosial. Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing.

Dengan adanya penerapan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, kamu sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak kamu dengan orang lain sekitar satu meter.

Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa Anda terapkan. Andai Anda duduk di tempat umum, seperti di stasiun kereta api, airport, rumah sakit, usahakan ada tempat duduk kosong di sebelah agar Anda semakin aman.

12. Jangan Berpegangan Pada Tiang

Jangan Berpegang Pada Tiang
Sebisa mungkin, Anda menghindari untuk memegang tiang di dalam tempat umum sebagai bentuk pencegahan. (Foto: Freepik)

Cara mencegah virus Corona lainnya bisa mulai Anda terapkan dengan tidak berpegangan pada tiang secara sembarangan. Tahukah Anda bahwa tiang pada gerbong kereta atau pegangan tangan di bagian atas merupakan tempat berkumpulnya virus dan bakteri.

Bayangkan ada berapa ratus orang atau ribu orang yang pernah memegang tiang atau pegangan tangan tersebut. Mungkin banyak yang tidak mencuci tangan. Maka dari itu sebisa mungkin, Anda menghindari untuk memegang tiang di dalam transportasi umum sebagai bentuk pencegahan.

Anda tidak mungkin tidak menyentuh tiang tersebut atau pegangan tangan. Mungkin yang bisa Anda lakukan adalah mencuci tangan atau membersihkan tangan setelah sampai di stasiun tujuan.

13. Sering Membersihkan Layar Ponsel

Sering Membersihkan Layar Ponsel
Bersihkan Layar menggunakan sanitizer berbasis alcohol. (Foto: Freepik)

Selain tiang ternyata layar ponsel juga merupakan salah satu tempat paling kotor. Memangnya kamu selalu mencuci tangan saat menyentuh layar ponsel? Maka dari itu kalau bisa, Anda harus menghindari pemakaian telepon di areal umum apalagi saat menggunakan transportasi massal.

Selain itu, Anda juga bisa mulai menerapkan kebiasaan rajin membersihkan layar ponsel Anda secara rutin dengan menggunakan alkohol. Biasakan juga mencuci tangan sebelum menggunakan telepon.

Bagikan ke Teman:
Alexander Sitepu
Extremely motivated to constantly develop my skills and grow professionally. I am confident in my ability to come up with interesting ideas.