4 Cara Mencegah Virus Zika Saat Travelling

4 Cara Mencegah Virus Zika Saat Travelling
Woman wearing mask selecting luggage in store during the epidemic covid-19. Preparing for travel after coronavirus crisis.
Bagikan ke Teman:

Travelling seharusnya memberikan memori indah dan bukan membawa petaka. Jika Anda baru saja pulang dari perjalanan luar negeri, ada kemungkinan bahwa kamu membawa virus Zika. Walaupun tidak merasa sakit, Anda harus mengambil langkah pencegahan untuk menghindari terjadinya infeksi. Kami telah membuat rangkaian cara mencegah virus Zika setelah travelling.

Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention, ada empat hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus Zika. Ini dia pembahasan tips harian yang dimaksud!

Manfaatkan Obat Nyamuk

Manfaatkan Obat Nyamuk
Apabila virus Zika berpindah pada nyamuk yang menggigit Anda, nyamuk tersebut dapat menularkan ke individu yang lain (foto: Freepik)

Hal ini dapat mencegah terjadinya gigitan nyamuk yang dapat berujung pada menularnya virus Zika pada nyamuk tersebut. Apabila virus Zika berpindah pada nyamuk yang menggigit Anda, nyamuk tersebut dapat menularkan ke individu yang lain.

Gunakan Pengaman Saat Berhubungan Intim

Gunakan Pengaman Saat Berhubungan Intim
Selain menyebar dari nyamuk, virus Zika juga dapat berpindah melalui hubungan intim (foto: Freepik)

Selain menyebar dari nyamuk, virus Zika juga dapat berpindah melalui hubungan intim (vaginal, anal, oral atau melalui alat bantu seks). Untuk Anda yang sedang hamil, sangat direkomendasikan untuk memakai pengaman. Mengapa?

Virus Zika dapat memberikan risiko terjadinya cacat pada bayi. Oleh karena itu, pilihannya ada dua, berhubungan dengan pengaman, atau tidak berhubungan sampai proses persalinan berakhir.

Perhatikan Gejala Virus Zika

Perhatikan Gejala Virus Zika
beberapa gejala yang dapat diketahui yaitu terjadinya demam, bintik-bintik merah, nyeri otot, iritasi mata dan sakit kepala (foto: Freepik)

Dari sekian banyak individu yang terinfeksi virus Zika, beberapa di antaranya tidak menunjukkan gejala yang jelas. Namun beberapa gejala yang dapat diketahui yaitu terjadinya demam, bintik-bintik merah, nyeri otot, iritasi mata dan sakit kepala. Gejala tersebut dapat bertahan selama beberapa hari hingga 1 minggu. Jika Anda merasa sakit, apapun itu, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Periksa ke Dokter

Periksa ke Dokter
Apapun kondisinya, segera periksa kesehatan ke dokter terdekat (foto: Freepik)

Apapun kondisinya, segera periksa kesehatan ke dokter terdekat. Berilah informasi pada dokter bahwa Anda baru saja pulang dari perjalanan luar negeri. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, lakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit infeksi.

Apakah Anda baru pulang melancong? Atau ada sahabat atau famili yang tinggal di sana? Jika memang benar, segera konsultasikan dokter terdekat. Apabila belum yakin, baca dan bagikan artikel cara mencegah virus zika ini ke sahabat atau anggota keluarga.

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, Triasse hadir untuk membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan dengan Medical Checkup dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Rasakan pengalaman baru melakukan pemeriksaan kesehatan di Triasse yang mudah dan praktis dengan hasil yang bisa diakses secara online.

Bagikan ke Teman:
Flori Ardia
Be kind. Always.