Cek, Ini Cara Jaga Kadar Kolesterol Ketika Liburan

Cek, Ini Cara Jaga Kadar Kolesterol Ketika Liburan
Wooden cube block flipping change from high fat to low fat. diet and good health condition (diloka107)
Bagikan ke Teman:

Masa liburan akhir tahun segera tiba. Di musim libur seperti ini banyak orang yang biasanya lupa menjaga pola makan dan cenderung menyantap segala macam jenis makanan yang enak. Namun Anda perlu berhati-hati, tidak hanya berat badan yang akan naik, bila makanan sembarangan Anda juga akan gagal jaga kadar kolesterol.

Selama ini, banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab kadar kolesterol meningkat selama liburan adalah karena banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak. Hal itu benar adanya, salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol memang karena jenis makanan yang Anda santap.

Selain itu, kebiasaan dan gaya hidup yang buruk dan tidak sehat juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol. Perlu diketahui bahwa orang yang kadar kolesterolnya tinggi berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Mengutip berbagai sumber, berikut ini tips harian mengenai beberapa cara jaga kadar kolesterol ketika liburan.

1. Makan secara Teratur

Perbanyak Serat
Pastikan tetap makan secara teratur saat liburan untuk bantu jaga kadar kolesterol. (foto: Freepik)

Jadwal kegiatan ketika liburan yang padat biasanya akan membuat makan Anda menjadi tidak teratur. Banyak dari kita yang melewatkan sarapan karena terburu-buru atau karena keasyikan bermain, dan langsung makan ketika jam makan siang, bahkan sore hari. Hal ini membuat Anda jadi lebih tergoda untuk memilih makanan dengan kadar kalori dan kolesterol yang tinggi pada waktu makan.

Memilih makanan enak tanpa peduli dengan kadar kolesterolnya dapat membuat kolesterol Anda meningkat. Karena itu, usahakan untuk makan tepat waktu atau sediakan camilan sehat untuk mengganjal perut agar Anda tidak kalap ketika makan.

2. Minum Air Putih

diet gagal
Konsumsi air putih dapat membantu tubuh dalam mencerna makanan dan menyerap lemak. (foto: Freepik)

Ketika merasa haus saat sedang jalan-jalan, Anda sangat dianjurkan untuk selalu memilih air putih. Kebiasaan minum air putih tentu jauh lebih baik dibandingkan jika Anda meminum soft drink atau minuman berasa lainnya. Menurut penelitian, orang yang sering mengonsumsi minuman manis memiliki kadar kolesterol baik (HDL ) yang rendah.

3. Batasi Makanan Berkolesterol

cara sehat atasi diabetes
Hindari makanan yang digoreng dan berlemak untuk jaga kadar kolesterol saat liburan. (foto: Freepik)

Makanan yang digoreng, berminyak, dan berlemak dapat membuat kadar kolesterol Anda meningkat drastis. Karena itu, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan seperti ini saat liburan. Sebaiknya pilihlah makanan yang bisa jaga kadar kolesterol seperti yang dipanggang, direbus, dikukus, dan ditumis.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Perbanyak Buah & Sayuran
konsumsilah buah dan sayuran minimal 5 kali dalam satu hari (foto: Freepik)

Anda tentu saja diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang enak saat liburan, namun tetap harus seimbang dan jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Sayur dan buah mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi yang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu kadar kolesterol naik, Anda disarankan untuk membawa obat penurun kolesterol sesuai dengan anjuran dokter. Sebelum pergi berlibur, Anda sebaiknya memeriksakan kadar kolesterol terlebih dahulu melalui pemeriksaan kesehatan di Triasse.com agar kadar kolesterol Anda tetap terjaga bahkan setelah masa liburan berakhir.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."