Cara Atasi Maag Saat Sibuk Beraktivitas

Bagikan ke Teman:

Sakit maag adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup, dan cara atasi maag juga berarti menyesuaikan gaya hidup.

Maag adalah penyakit yang menyerang lambung yang diakibatkan oleh peradangan dan disertai dengan rasa sakit. Penyakit ini adalah penyakit yang dapat kambuh kapan saja, terutama ketika perut sedang kosong.

Kosongnya perut dalam jangka waktu lebih dari 12 jam dapat menjadi penyebab kambuhnya maag. Sebagai penderita penyakit maag, akan lebih baik bila kita mengetahui cara atasi maag agar tidak kambuh secara tiba-tiba.

Sebagai pederita, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Makanan tersebut dianjurkan untuk tidak dimakan karena bisa membahayakan lambung yang sedang kosong dan dapat membuat penderita menjadi kesakitan. Untuk mencegah maag, berikut makanan sebaiknya Anda hindari :

Makanan yang digoreng

Makanan-yang-digoreng
Makanan yang digoreng. (Foto: Freepik)

Di Indonesia, makanan yang digoreng biasanya menjadi salah satu menu favorit semua orang. Makanan yang digoreng memang terlihat lebih enak, padahal makanan tersebut sebetulnya memiliki kandungan lemak yang berisiko menaikkan asam lambung. Bagi Anda yang mencintai gorengan, akan lebih baik untuk mengganti makanan yang di goreng dengan makanan rebusan saja.

Cokelat

Cokelat-
Kandungan dalam cokelat bisa memicu maag. (Foto: Freepik)

Cokelat adalah makanan yang banyak digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Akan tetapi, cokelat membawa pengaruh buruk untuk para penyakit maag. Cokelat dianggap berbahaya karena memiliki kandungan yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung yang sangat berbahaya seperti kafein serta theobromine.

Keju

Keju
Jika dimakan saat perut kosong, keju bisa memicu maag. (Foto: Freepik)

Sama seperti cokelat, keju merupakan salah satu bahan makanan yang digemari diseluruh dunia. Akan tetapi, keju tidak baik apabila dikonsumsi saat sedang lapar. Hal ini disebabkan bahwa keju tersebut mempunyai kadar lemak yang tinggi yang akan menyebabkan lambung bekerja lebih keras karena adanya kadar lemak yang tinggi akan menyebabkan makanan tersebut menjadi lebih sulit untuk dicerna.

Minuman Soda

Soda
Gas dalam minum bersoda bisa memicu maag. (Foto: Freepik)

Selain makanan, ada pula minuman yang harus dihindari. Minuman bersoda tidak baik untuk dikonsumsi karena gelembung soda yang ada pada minuman bersoda bisa terjebak dalam perut sehingga dapat menimbulkan naiknya asam lambung. Selain cokelat, minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein yang sifatnya asam sehingga dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi terganggu dan bisa membuat maag kambuh.

Selain menghindari makanan di atas, dapat dilakukan juga beberapa cara agar penyakit maag tidak kambuh secara tiba-tiba. Berikut cara atasi maag:

Memakan Kurma

memakan-Kurma
Memakan kurma bisa bantu atasi maaag. (Foto: Freepik)

Kurma adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk di konsumsi siapa saja. Kurma sendiri dianggap sebagai makanan yang baik karena kaya akan magnesium, kalium, serat, serta karbohidrat. Buah kurma juga dipercayai dapat menjaga kesehatan lambung.

Memakan kurma bisa menjadi salah satu usaha kita untuk menjaga kesehatan lambung dan mencegah kambuhnya penyakit maag.

Tidak-lupa-sarapan
Pastikan selalu sarapan setiap pagi agar terhindar dari maag. (Foto: Freepik)

Sarapan merupakan kegiatan yang dianjurkan saat pagi hari, maka dari itu alangkah lebih baik untuk tidak melewatkan kegiatan tersebut. Sarapan berguna untuk mengisi perut agar perut tidak benar-benar kosong saat beraktifitas. Untuk yang mempunyai obat, dianjurkan juga untuk menkonsumsi obat anti maag tersebut.

Jangan lupa, saat sarapan minum air hangat yang banyak agar konsumsi cairan tubuh bisa terpenuhi. Konsumsi air yang banyak juga dapat membuat kita kenyang seharian. Namun tetap tidak boleh sarapan secara berlebihan, karena hal tersebut malah akan membuat kita cepat lapar.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan dan beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita maag. Selain itu jaga pula kesehatan tubuh, apabila mulai terasa tidak enak badan, jangan tunggu lebih lama lagi untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala melalui Triasse.com

Triasse menawarkan berbagai paket pemeriksaan lab sesuai kebutuhan, dengan cara yang lebih mudah dan praktis dibanding mendatangi labaratorium seperti biasanya.

 

Bagikan ke Teman:
Triasse
Triasse
Platform pertama untuk Tes Laboratorium dan pemeriksaan kesehatan keluarga Indonesia. Triasse memberikan pelanggan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *