5 Pengganti Produk Susu yang Sehat untuk Anak

pengganti produk susu
Bagikan ke Teman:

Tidak semua anak menyukai susu, bahkan ada yang alergi susu. Maka diperlukan makanan pengganti produk susu agar anak tetap mendapat asupan gizi seimbang.

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentu membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, nutrisi yang baik juga dapat membantu kesehatan otak sehingga anak bisa menjadi lebih cerdas nantinya. Salah satu asupan yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak adalah susu. Susu yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Tak hanya kalsium, susu juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin D, fosfor, kalium dan protein.

Sayangnya, tidak semua anak suka mengonsumsi susu, bisa jadi karena aromanya yang menurut sang anak bikin mual. Serta ada berbeda anak yang alergi terhadap produk susu. Jangankan mengonsumsi, tersentuh saja bisa menyebabkan alergi seperti ruam, gatal, atau mata berair.

Jika hal ini yang terjadi, orang tua terlebih sang ibu harus pintar menyiasati agar anak tetap dapat nutrisi pengganti produk susu. Salah satu caranya adalah dengan mencari makanan pengganti susu untuk anak supaya anak tidak kehilangan manfaat-manfaat yang seharusnya didapatkannya dari susu. 

Triasse merekomendasikan untuk memilih pengganti produk susu di bawah ini untuk membantu menjaga kesehatan anak dalam keluarga Anda:

Susu Kedelai

susu kedelai
Susu kedelai mengandung protein nabati yang dapat memenuhi kebutuhan protein anak yang biasa diperoleh dari susu biasa. (Foto: Freepik)

Susu kedelai bisa menjadi salah satu alternatif makanan pengganti susu untuk anak. Kandungannya tidak kalah bergizi jika dibanding dengan susu sapi segar. Susu kedelai mengandung protein nabati yang dapat memenuhi kebutuhan protein anak yang biasa diperoleh dari susu biasa. Manfaat lainnya adalah susu kedelai dapat menjadi antioksidan alami, meminimalisir terjadinya diare akibat intoleran laktosa ataupun protein susu sapi, serta terdapat formula soya yang dapat menyehatkan saluran pencernaan sekaligus sumber serat yang baik.

Ikan

ikan
Beberapa jenis ikan hanya memberikan efek kenyang tanpa memenuhi asupan khasiat yang tepat dan dibutuhkan anak. (Foto: Freepik)

Ikan juga menjadi salah satu alternatif produk susu untuk anak. Meski demikian, Anda perlu memilih jenis ikan tertentu karena tidak semua ikan baik untuk tumbuh-kembang anak. Beberapa jenis ikan hanya memberikan efek kenyang tanpa memenuhi asupan khasiat yang tepat dan dibutuhkan anak. Jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, dan sarden.

Jus Jeruk

jus jeruk
Sebagian kandungan yang ada dalam jus jeruk memiliki manfaat dan khasiat yang sama dengan susu. (Foto: Freepik)

Walaupun tidak semuanya, nyatanya sebagian kandungan yang ada dalam jus jeruk memiliki manfaat dan khasiat yang sama dengan susu. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin D, asam folat, dan magnesium. Jus jeruk juga baik untuk pencernaan dan dapat membantu mencegah sariawan, bibir pecah-pecah, serta risiko penyakit lainnya apabila anak kekurangan Vitamin C.

Keju

keju
Keju dapat memberikan efek kenyang dan tidak membuat ngantuk. (Foto: Freepik)

Makanan pengganti produk susu lainnya yang bisa Anda berikan untuk sang buah hati adalah keju. Selain mengandung kalsium, keju juga mengandung energi sehingga bisa menjadi salah satu asupan untuk anak yang tinggi aktivitas. Keju dapat memberikan efek kenyang dan tidak membuat ngantuk, sehingga konsumsi keju saat sarapan juga disarankan apalagi apabila anak Anda merupakan anak yang aktif.

Sayuran Berdaun Hijau

sayuran berdaun hijau
Sebagian nutrisi pada susu terdapat juga pada sayuran berdaun hijau walaupun dalam bentuk protein nabati. (Foto: Freepik)

Selain produk di atas, Anda juga bisa memberi makanan sehat berupa sayuran sebagai pengganti produk susu. Sayuran berdaun hijau seperti kalem brokoli dan bayam adalah contohnya. Sebagian nutrisi pada susu terdapat juga pada sayuran berdaun hijau walaupun dalam bentuk protein nabati. Sebagai manfaat tambahan pengganti produk susu, kebiasaan mengonsumsi sayuran juga dapat menguatkan pencernaan dan melakukan pencegahan dini risiko ambeien pada anak.

Tidak suka susu ataupun alergi susu bukan berarti anak juga harus kehilangan manfaat dan nutrisi yang ada pada susu. Orangtua harus bisa membuat variasi makanan dengan mix and match beberapa pilihan makanan pengganti yang diuraikan di atas supaya anak lebih bersemangat memakannya dan tetap memperoleh gizi seimbang.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."