10 Penyebab Telat Menstruasi, dari Stres Hingga Pil KB

Haid tidak sesuai jadwal
Bagikan ke Teman:

Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 30 hari. Masa haid baru dimulai 30 hari setelah haid terakhir. Namun, ada berbagai faktor yang bisa jadi penyebab telat menstruasi. Setelah 6 minggu tanpa menstruasi, maka dapat dikatakan bahwa haid Anda terlambat.

Beberapa hal dapat menjadi penyebab telat menstruasi, mulai dari perubahan gaya hidup hingga kondisi kesehatan kronis. Berikut adalah info keluarga perihal kesehatan wanita mengenai 10 hal yang dapat menjadi penyebab telat datang bulan:

1. Stres

Stress
Jika tingkat stress anda memuncak, otak anda memberitahu sistem endokrin anda untuk membanjiri tubuh anda dengan hormon yang memicu mekanisme fight-or-flight (foto: Freepik)

Respon stres pada tubuh anda terletak pada otak di bagian yang disebut Hypothalamus. Meskipun Anda tidak sedang dikejar oleh predator, namun otak masih merasa demikian.

Jika tingkat stres memuncak, otak akan memberitahu sistem endokrin untuk membanjiri tubuh anda dengan hormon yang memicu mekanisme fight-or-flight. Hormon ini menekan fungsi tubuh lainnya yang tidak esensial dalam melarikan diri dari ancaman yang mendekat, termasuk sistem reproduksi.

Jika Anda dalam tekanan atau stres yang berat, maka tubuh akan tetap dalam mode mekanisme fight-or flight, yang dapat menghentikan proses ovulasi. Pemberhentian proses ovulasi inilah yang jadi penyebab telat menstruasi.

2. Berat Badan Turun atau Naik

Berat Badan Yang Turun atau Naik
Peningkatan atau pengurangan ekstrim lemak pada tubuh, contohnya, dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan pada hormone dan keterlambatan hingga pemberhentian pada masa datang bulan pun terjadi (foto: Freepik)

Perubahan drastis dari berat badan tubuh anda dapat mengacaukan jadwal haid. Peningkatan atau pengurangan ekstrim lemak pada tubuh, contohnya, dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan pada hormone dan keterlambatan hingga pemberhentian pada masa datang bulan pun terjadi.

Selain itu, pengurangan kalori yang ekstrim mempengaruhi bagian dari otak yang berkomunikasi dengan sistem endokrin, yang menyampaikan instruksi untuk produksi hormone reproduksi. Jika saluran ini terganggu, maka hormon pada tubuh akan menjadi kacau.

3. Meningkatnya Intensitas Olahraga

Meningkatkan Intensitas Olahraga
Gaya hidup dengan olahraga yang berat juga dapat menjadi penyebab terlambatnya masa datang bulan anda (foto: Freepik)

Gaya hidup dengan olahraga yang berat juga dapat menjadi penyebab terlambatnya masa datang bulan anda. Hal ini lebih umum terjadi pada mereka yang berlatih atau berolahraga beberapa jam dalam sehari. Hal ini terjadi karena, baik anda sadar atau tidak, anda membakar kalori lebih dari yang masuk ke dalam tubuh.

Jika anda terlalu banyak membakar kalori, maka tubuh anda tidak memiliki energi bagi seluruh anggota tubuh untuk menjalankan fungsinya. Hal ini akan membuat hormon kehilangan keseimbangan dan menjadi penyebab masa datang bulan yang terlambat atau terlewatkan.

Masa datang bulan anda umumnya akan kembali normal ketika Anda mengurangi intensitas olahraga atau mengonsumsi lebih banyak kalori.

4. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

PCOS
Pasien yang memiliki PCOS tidak mengalami proses ovulasi secara berkala (foto: Freepik)

Polycystic Ovary Syndrome adalah gejala-gejala yang disebabkan oleh tidak seimbangnya hormon reproduksi. Pasien yang memiliki PCOS tidak mengalami proses ovulasi secara berkala. Hasilnya adalah, masa datang bulan lebih ringan dari pada umumnya, datang tidak pada jendela waktu yang sama dan bahkan dapat berhenti seluruhnya.

Gejala PCOS lainnya dapat berupa:

  • Kelebihan rambut pada bagian wajah maupun bagian tubuh lainnya
  • Jerawat pada wajah dan tubuh
  • Peningkatan berat badan atau kesulitan dalam menurunkan berat badan
  • Tanda kehitaman pada kulit, biasanya pada lipatan leher, daerah selangkangan dan di bawah payudara
  • Daging tumbuh (kutil) pada bagian ketiak maupun leher
  • Ketidaksuburan

5. Penggunaan Pil KB

Penggunaan Pil KB
Tubuh anda yang sedang dalam masa kembali pada batas hormon normalnya membuat anda dapat melewatkan beberapa bulan tanpa masa haid (foto: Freepik)

Banyak yang menyukai penggunaan pil ini karena melancarkan dan membuat masa datang bulan berkala dengan jendela waktu yang persis. Namun terkadang pil KB dapat memberi efek yang sebaliknya, terutama pada bulan-bulan pertama pemakaian.

Hal yang sama juga terjadi ketika anda menghentikan pemakaian. Tubuh anda yang sedang dalam masa kembali pada batas hormon normalnya membuat anda dapat melewatkan beberapa bulan tanpa masa haid.

Jika Anda menggunakan metode KB yang lain seperti IUD, implant ataupun suntikan, maka masa haid dapat berhenti total.

6. Perimenopause

Perimenopause
Perimenopause adalah masa transisi menuju masa Menopause yang pada umumnya dimulai ketika telah menginjak usia diatas 40 tahun (foto: Freepik)

Perimenopause adalah masa transisi menuju masa menopause yang pada umumnya dimulai ketika telah menginjak usia di atas 40 tahun. Perimenopause biasa berlangsung selama beberapa tahun hingga masa haid anda berhenti seluruhnya.

Bagi banyak orang, melewatkan masa haid adalah salah satu tanda dari Perimenopause. Anda mungkin melewatkan 1 bulan tanpa mas ahaid untuk kembali lancar selama 3 bulan. Atau anda melewatkan masa haid selama 3 bulan dan kemudian datang tiba-tiba, baik secara lebih ringan maupun lebih berat dari biasanya.

7. Menopause Dini

Menopause Dini
Early Menopause atau kegagalan ovarium prematur, terjadi ketika ovarium anda berhenti berovulasi sebelum menginjak usia 40 tahun (foto: Freepik)

Early Menopause atau kegagalan ovarium prematur, terjadi ketika ovarium berhenti berovulasi sebelum menginjak usia 40 tahun.

Ketika ovarium tidak bekerja dengan semestinya, maka ovarium tidak menciptakan zat estrogen yang cukup. Ketika kandungan zat estrogen menurun dan tetap menurun maka anda akan merasakan gejala-gejala menopause.

Melewatkan masa haid anda merupakan salah satu tanda-tanda awal menopause. Anda juga dapat mengalami demam singkat, berkeringat di malam hari, dan kesulitan untuk tidur. Gejala lain dari kegagalan ovarium prematur adalah sebagai berikut:

  • Kering pada bagian vagina
  • Kesulitan mendapatkan kehamilan
  • Berkurangnya hasrat melakukan hubungan seksual
  • Kesulitan dalam berkonsentrasi

8. Masalah Tiroid

Masalah Tiroid
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu – kupu pada leher anda yang bertugas menghasilkan hormone yang membantu berbagai kegiatan dalam tubuh secara teratur, termasuk siklus masa haid anda (foto: Freepik)

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu pada leher anda yang bertugas menghasilkan hormon yang membantu berbagai kegiatan dalam tubuh secara teratur, termasuk siklus menstruasi. Ada beberapa kondisi tiroid pada umumnya, termasuk Hipothyroidism dan Hyperthyroidism.

Baik Hipothyroidism dan Hyperthyroidism dapat mempengaruhi dan menyebabkan tidak teraturnya siklus masa haid anda, namun Hyperthyroidism dapat menyebabkan berhentinya masa haid. Terkadang masa haid terlambat dan terhenti selama beberapa bulan. Gejala lain dalam masalah tiroid adalah sebagai berikut:

  • Palpitasi jantung
  • Perubahan pada nafsu makan
  • Perubahan berat badan tanpa keterangan
  • Kecemasan berlebihan
  • Kelelahan
  • Tangan yang bergetar
  • Perubahan pada kondisi rambut
  • Kesulitan untuk tidur

9. Kondisi Kesehatan Kronis

Kondisi Kesehatan Kronis
Beberapa kondisi kesehatan kronis seperti penyakit Celiac dan diabetes umum diasosiasikan dengan tidak beraturannya masa haid. (foto: Freepik)

Beberapa kondisi kesehatan kronis seperti penyakit Celiac dan diabetes umum diasosiasikan dengan tidak beraturannya masa haid.

Penyakit Celiac adalah penyakit auto imun yang mempengaruhi sistem pencernaan anda. Ketika pasien penderita penyakit Celiac mengonsumsi karbohidrat, sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi dengan cara menyerang dinding usus kecil.

Usus kecil terluka menyebabkan kurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Kemudian keadaan malnutrisi tersebut mempengaruhi produksi hormon normal yang berakhir pada masa haid yang tidak beraturan maupun kejanggalan masa haid lainnya.

Bagi mereka yang mengalami diabetes tipe 1 dan 2 juga mengalami bulan tanpa masa haid namun dalam kasus yang sangat langka. Hal ini terjadi apabila gula dalam darah tidak dijaga.

10. Kehamilan

Kehamilan
Jika anda memiliki kemungkinan untuk mengalami kehamilan dan siklus anda tergolong normal, mungkin saatnya untuk mencoba tes kehamilan (foto: Freepik)

Jika ada kemungkinan untuk mengalami kehamilan dan siklus mentruasi Anda tergolong normal, mungkin saatnya untuk mencoba tes kehamilan. Cobalah untuk melakukannya seminggu setelah masa haid seharusnya dimulai. Jika Anda melakukan tes terlalu awal maka hasilnya kurang akurat.

Gejala lain dari kehamilan adalah:

  • Payudara terasa sakit dan membengkak
  • Rasa mual dan muntah-muntah
  • Kelelahan

Masa haid dikatakan terlambat apabila telah melewati batas 30 hari sejak terakhir anda mengalami menstruasi. Banyak hal dan faktor yang dapat jadi penyebab telat menstruasi, seperti gaya hidup hingga kondisi medis terselubung. Jika masa haid terlambat secara teratur, maka cobalah untuk bertemu dengan dokter untuk mencari penyebabnya.

Untuk kesehatan yang lebih baik, lakukan medical check-up secara teratur dan berkala, setidaknya dua kali dalam satu tahun. Berbagai pemeriksaan kesehatan ini kini dapat Anda lakukan melalui Triasse.com yang menawarkan berbagai paket pemeriksaan sesuai kebutuhan. Cek Triasse sekarang.

Bagikan ke Teman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *