Makanan Sehat untuk Menstruasi yang Lebih Tertahankan
Perubahaan hormon yang terjadi membuat kebutuhan gizi wanita selama datang menjadi berubah-ubah, pastikan Anda konsumsi makanan sehat saat menstruasi. (foto: freepik)

Makanan Sehat untuk Menstruasi yang Lebih Tertahankan

Bagikan ke Teman:

Wanita membutuhkan makanan sehat saat menstruasi, karena ketika tamu bulanan datang, biasanya wanita cenderung memilih makanan manis atau asin untuk dijadikan camilan. Saat menstruasi sejumlah wanita akan merasa kelelahan dan kondisi badan kurang fit sehingga enggan untuk melakukan aktivitas fisik. Belum lagi jika merasakan nyeri dan kram perut di hari pertama dan kedua, yang cenderung bikin Anda jadi lebih emosional dan moody.

Perubahaan hormon yang terjadi naik turun tersebut membuat kebutuhan gizi wanita selama menstruasi menjadi berubah-ubah. Oleh karena itu, sebaiknya saat menstruasi perhatikan asupan yang tepat dan sehat. Berikut adalah beberapa makanan sehat saat menstruasi untuk kesehatan wanita yang lebih baik:

Pisang

Pisang
Kandungan kalium dari pisang juga membantu mengatur tekanan darah dan mengirim oksigen ke otak yang berguna untuk menjaga mood Anda tetap stabil. (foto: freepik)

Pisang adalah makanan sehat saat menstruasi yang paling tepat dan mudah didapat, karena buah ini merupakan salah satu sumber terbaik untuk memperoleh potasium. Buah ini juga kaya akan vitamin B6, dapat membantu melancarkan BAB, dan mengatasi perut kembung. Kandungan kalium dari pisang juga membantu mengatur tekanan darah dan mengirim oksigen ke otak yang berguna untuk menjaga mood Anda tetap stabil.

Yoghurt

Yoghurt
Selain dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, yogurt juga meringankan masalah perut saat menstruasi (foto: freepik)

Ketika sedang menstruasi, Anda perlu meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D agar dapat membantu mengurangi gejala PMS. Yoghurt merupakan salah satu santapan yang tepat. Selain dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, yoghurt juga meringankan masalah perut saat menstruasi.

Ikan Salmon dan Tuna

Ikan Salmon dan Tuna
Kedua jenis ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih lagi ketika sedang haid (foto: freepik)

Kedua jenis ikan ini sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih lagi ketika sedang haid. Hal ini karena ikan salmon dan tuna memiliki asam lemak omega 3 yang tak hanya baik untuk jantung, tapi juga terbukti membantu mengurangi ketegangan otot perut selama menstruasi.

Daging Merah

Daging Merah
Maka, konsumsilah daging merah disertai dengan sayur-sayuran seperti bayam, kacang-kacangan, dan brokoli untuk membantu meningkatkan energi dan mengatur aliran darah menstruasi (foto: freepik)

Tingkat zat besi tubuh yang menurun ketika menstruasi dapat menyebabkan Anda merasa lesu. Maka, konsumsilah daging merah disertai dengan sayur-sayuran seperti bayam, kacang-kacangan, dan brokoli untuk membantu meningkatkan energi dan mengatur aliran darah menstruasi.

Dark Chocolate

Dark Chocolate
Dark chocolate yang tinggi antioksidan dan magnesium dapat membantu meredakan kram dan perubahan mood (foto: freepik)

Dark chocolate alias cokelat hitam yang tinggi antioksidan dan magnesium adalah makanan sehat saat menstruasi karena dapat membantu meredakan kram dan perubahan mood. Dark chocolate juga dapat merangsang produksi endorfin, atau dikenal sebagai ‘hormon bahagia’ yang dapat membuat Anda tetap tenang dan ceria.

Menjaga agar tetap menyantap makanan sehat saat menstruasi memang penting, namun makanan yang sehat saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan Anda di Triasse.com yang menyediakan berbagai paket pemeriksaan. Cek Triasse sekarang demi diri & keluarga Anda.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."