4 Mitos Menopause, Bagaimana Faktanya?

4 Mitos Menopause, Bagaimana Faktanya?
Ada banyak mitos menopause yang menyelubungi siklus kewanitaan ini. Penting bagi Anda untuk mengetahui faktanya agar bisa jaga kesehatan. (Foto: Istimewa)
Bagikan ke Teman:

Ada banyak siklus dalam kehidupan wanita, mulai dari menstruasi sampai kemudian menopause. Sehubungan masa berakhirnya menstruasi ini, ada banyak mitos yang menyelubungi.

Menopause sering dipandang secara negatif, dianggap sebagai tanda berakhirnya masa produktif wanita. Salah satu mitos menopause yang paling sering disebut adalah, berhentinya atau memburuknya kehidupan seksual pasangan setelah wanita memasuki siklus ini. Tapi apa benar begitu?

Berikut empat mitos menopause beserta faktanya, melansir Purewow:

1. Mulai di Usia 50-an

Mulai di Usia 50-an
Tidak ada usia yang pasti kapan menopause wanita dimulai. (Foto: Freepik)

Menurut Healthline, rata-rata wanita mulai menopause di usia 51 tahun, tapi hal ini tidak berlaku bagi semuanya.

Menopause bisa mulai di antara usia akhir 30-an dan awal 60-an. Anda dinyatakan sudah benar-benar menopause ketika tidak lagi menstruasi sama sekali selama satu tahun. Bahkan ketika Anda sudah mulai mengalami simtom menopause, periode ini bisa jadi baru akan mulai beberapa tahun setelahnya.

2. Hot Flash adalah Simtom Awal Menopause

Hot Flash adalah Simtom Awal Menopause
Hot flash memang muncul sebagai gejala menopause, tapi tidak selalu di awal. (Foto: Istimewa)

Mitos menopause ini tidak selalu benar. Walaupun hot flash dan menopause seringnya muncul bersamaan, ada banyak simtom lain yang bisa Anda alami lebih dulu.

Simtom-simtom itu di antaranya adalah keletihan, berat badan naik, munculnya jerawat, dan suasana hati yang buruk.

3. Telat Menstruasi, Telat Menopause

telat menstruasi telat menopause
Jika menstruasi pertama lebih lambat, bisa jadi menopause lebih cepat. (Foto: Istimewa)

Sayangnya, hal yang benar justru sebaliknya. Jika menstruasi pertama Anda lebih telat dibanding rata-rata, bisa jadi menopause Anda akan tiba lebih dulu.

Memprediksi usia menopause memang agak sulit, tapi menurut Women’s Health Network, ada beberapa tanda yang membantu Anda memperkirakannya: Waktu ibu Anda menopause adalah indikasi terbaik.

Merokok juga bisa membuat menopause Anda mulai lebih cepat, sedang minum alkohol dan lebih sering hamil bisa menunda menopause.

4. Menopause Mengacaukan Kehidupan Seks

Menopause Mengacaukan Kehidupan Seks
Studi menemukan, menopause tidak memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan seks. (Foto: Istimewa)

Mitos menopause ini sama sekali tidak benar. Banyak wanita yang memiliki kehidupan seksual yang sehat dan memuaskan setelah menopause.

Satu studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan, menopause tidak memiliki peranan penting dalam kepuasan seksual wanita seperti yang diprediksi sebelumnya.

Faktor yang lebih menentukan adalah, apakah Anda memiliki masalah seksual sebelum menopause. Jika ada, hal ini bisa terus berlanjut.

Demikian pembahasan tentang mitos menopause dan faktanya. Kesehatan wanita memerlukan perhatian ekstra, apapun fase hidup Anda. Pastikan selalu melakukan pengecekan kesehatan secara teratur, terutama untuk organ-organ kewanitaan.

Triasse menyediakan berbagai paket pemeriksaan kesehatan. Khusus wanita tersedia paket pemeriksaan tumor payudara, kanker serviks, dan juga premarital.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.