Ketahui Manfaat dan Risiko Berhubungan Intim

Bagikan ke Teman:

Berhubungan intim adalah hal yang natural dan dilakukan oleh semua makhluk hidup (kecuali tanaman, tentu saja!) untuk menjaga menjamin adanya penerus untuk jenis/spesies mereka. Dengan kata lain untuk melanjutkan keturunan.

Seks bisa jadi sangat indah jika dilakukan dengan orang yang tepat, waktu yang tepat dan tentunya pada saat telah terikat oleh tali pernikahan, tapi jangan mengira bahwa berhubungan seks hanya membawa kesenangan semata. Banyak juga resiko yang terjadi pada saat berhubungan seks.

Kali ini PesanLab.com akan membahas manfaat berhubungan intim:

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Berhubungan intim juga dapat menyehatkan jantung lho sama ketika anda berolahraga di gym.

Berhubungan intim akan membantu tubuh untuk menjaga kadar estrogen dan testosteron dalam jumlah yang seimbang. Menurut Dr. Desmond Ebank, pendiri dan direktur medis dari Alternity Healthcare di West Hartford, Connecticut, seks bisa diibaratkan sebagai olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah.

Bahkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health, para peneliti menemukan bahwa berhubungan seks dua kali atau lebih selama seminggu dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung yang fatal sebanyak setengahnya. Studi ini ditemukan oleh Dr. Ebank pada pria, dan berita baiknya wanita juga mendapatkan efek yang sama.

Mencegah Depresi

Depresi? Yap.. seks dapat membantu Anda untuk merasa lebih nyaman, jika dilakukan dengan orang yang tepat

Menurut Sheenie Ambardar, MD., psikiater di Hollywood barat, California, berhubungan seks akan membantu tubuh untuk melepaskan hormon “pembuat-bahagia” yang berasal dari tubuh yaitu oksitoksin. Selain itu, rangsangan seksual dapat membuat otak melepaskan suatu zat kimia yang dapat menyegarkan pikiran dan memberikan sinyal kepuasan dan timbal balik. Seks juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa bahagia.

Memperbaiki Kualitas Tidur dan Mood

Pernahkah Anda merasa mengantuk setelah berhubungan seks? Ini terjadi karena setelah orgasme, tubuh mengeluarkan serotonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Studi yang dilakukan pada tahun 2012 menyebutkan bahwa serotonin dapat membantu untuk menjaga pola tidur yang lebih sehat.

Dan ternyata, pria mempunyai kecenderungan lebih besar untuk tertidur setelah berhubungan seks.

Memperbaiki Kesehatan Mental

Pernahkah Anda menyadari bahwa depresi adalah penyebab utama dari terganggunya kesehatan mental? Nah, seks dapat membantu untuk menyembuhkan bahkan mengurangi resiko ini. Para psikolog mengatakan bahwa berhubungan seks sangat membantu untuk membangun keintiman dan meredakan stres.

Namun ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa berhubungan seks dapat membuat dirinya tertekan secara emosional dan psikologis, serta membebani mereka secara moral

Terkadang ini dapat terjadi apabila tidak ada keintiman yang cukup antara kedua belah pihak, maka dari itu dibutuhkan komunikasi yang baik dan perlu pertanyaan pada diri sendiri, “Apakah saya sudah siap berhubungan seks?”

Membuat Kulit Bersinar dan Tubuh Sehat

Tahukah anda bahwa berhubungan seks dapat membuat kulit Anda terlihat indah dan berkilau? Ditemukan bukti bahwa ini bukan hanya mitos belaka. Hal ini dibuktikan oleh Eric Braverman,MD. pendiri PATH Medical Center di kota New York.

Berhubungan intim akan membantu melepaskan sebuah komponen kunci dari dalam tubuh yang baik untuk semua komponen tubuh, termasuk memperbaiki tekstur kulit. Pada saat berhubungan seks, tubuh akan memproduksi hormon yang dinamakan DHEA (dehydroepiandrosterone). Hormon ini dapat membantu menaikkan sistem imun dan hasilnya adalah kulit yang sehat dan dapat menurunkan tingkat depresi.

Sayangnya, walau punya banyak manfaat, ada efek samping yang tidak baik juga dari hubungan seks.

Resiko Berhubungan Intim

Seperti yang dikatakan sebelumnya, berhubungan seks juga mempunyai resiko yang tidak sedikit. Resiko ini dimulai dari guncangan psikologis hingga penyakit menular seksual (PMS) yang tidak bisa dianggap enteng.

Dengan banyaknya informasi dan mudahnya mendapatkan akses internet dewasa ini, menyebabkan semakin terbukanya masyarakat dengan hal-hal berbau seksual, namun sayangnya ini tidak diimbangi dengan pendidikan seks yang memadai. Bahkan terkadang orang tua pun merasa tabu untuk menjelaskan materi ini kepada buah hatinya. Padahal pendidikan seks sedari dini penting ditanamkan,

Maka dari itu, kali ini kami akan membahas resiko yang bisa saja muncul saat berhubungan seks:

  • PMS (Penyakit Menular Seksual)

PMS adalah momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang, pernah tidak anda ingat dulu waktu pelajaran pendidikan seks saat di sekolah, pengajar menunjukkan gambar-gambar mengerikan akibat dari PMS? Ini bukan cuma isapan jempol semata.

Herpes, sifilis/raja singa, gennorhea (GO), HPV (Human Papiloma Virus), dan lain sebagainya adalah sebagian kecil dari PMS. Orang yang aktif secara seksual cenderung mempunyai resiko yang lebih besar untuk terjangkit PMS, apalagi bila tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks.

  • Kanker Serviks

Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan seks di usia muda (di bawah 20 tahun) akan memperbesar resiko terkena kanker serviks hingga empat kali lipat. Resiko terkena kanker payudara, resiko keguguran yang besar, resiko terkena HPV ataupun HIV/AIDS juga ikut menyertai.

Tubuh remaja biasanya masih dalam tahap berkembang termasuk rahim. Jadi, apabila rahim  yang masih dalam masa perkembangan itu dimasuki benda asing seperti sperma atau penis  akan menyebabkan sel berkembang secara abnormal dan luka pada leher rahim, sel yang berkembang secara abnormal ini akan memicu terjadinya kanker serviks dan rahim.

  • Beban mental dan Vaginismus 

Vaginismus adalah suatu keadaan dimana otot-otot vagina akan menyempit dengan sendirinya apabila akan dilakukan penetrasi baik dengan jari, penis ataupun alat. Pada umumnya, vaginismus dapat terjadi karena fisik (semisal sehabis operasi panggul) yang dapat diatasi dengan obat-obatan dan karena psikis/mental (misalnya karena pernah mengalami pengalaman seksual yang buruk hingga menyebabkan trauma) dan harus meminta bantuan psikolog atau terapi seks untuk menyembuhkan.

Beban mental sendiri biasanya dialami oleh pasangan atau salah satu dari pasangan yang tidak siap berhubungan intim. Beban mental ini meliputi perasaan malu, bersalah, penyesalan, tidak berharga bahkan rasa tidak puas atau tidak nyaman yang dirasakan pada saat berhubungan intim.

Maka dari itu, kembali lagi anda harus mempertanyakan pilihan anda pada saat anda memutuskan akan melakukan hubungan intim. Pertanyakan kepada diri sendiri, apakah ini waktu yang tepat? Apakah melakukan dengan pasangan saya saat ini adalah pilihan yang tepat? Siapkah saya secara lahir batin?

  • Penetrasi yang menyakitkan hingga menyebabkan pendarahan

Pernahkah anda merasakan rasa sakit yang sangat saat berhubungan intim diikuti dengan keluarnya darah? Banyak hal yang menyebabkan pendarahan pada saat penetrasi, diantaranya;

  1. Karena baru pertama kali berhubungan seksual, (biasanya karena pertama kali hymen atau selaput dara robek)
  2. Gesekan pada vagina yang menyebabkan luka
  3. Peradangan pada serviks (biasanya dialami oleh wanita muda, pemakai KB, atau wanita hamil)
  4. Kanker leher rahim
  5. Berkurangnya estrogen (karena faktor usia)
  6. Infeksi/PMS

Untuk mengatasi hal ini, biasanya diperlukan komunikasi dan koordinasi dari masing-masing pasangan, selain itu juga diperlukan pemeriksaan sedini mungkin (dengan pap smear atau menemui ginekolog) apabila pendarahan dirasa tidak normal atau menemukan kondisi yang aneh/ tidak normal pada vagina.

Nah, itu dia tadi manfaat dan resiko dari berhubungan seks. Seks, kembali lagi dinyatakan adalah hal yang natural, alami, dan berada dalam naluri semua makhluk hidup. Sah-sah saja melakukan hubungan seks apabila anda dan pasangan merasa sudah siap dan diutamakan bila sudah terikat dalam hubungan pernikahan.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seksual, terutama bagi Anda yang memiliki kehidupan seksual aktif dan pernah berganti pasangan. PesanLab.com menyediakan Paket Penyakit Menular Seksual yang bisa Anda pilih untuk melindungi dari risiko.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *