Kesuburan Pria: Ini Tips Tingkatkan Fertilitas Sperma
Infertilitas adalah salah satu masalah yang dihadapi sebagian pasangan di seluruh dunia.(foto: Freepik)

Kesuburan Pria: Ini Tips Tingkatkan Fertilitas Sperma

Bagikan ke Teman:

Masalah kesuburan pria/infertilitas dalam hubungan semakin banyak terjadi di seluruh dunia, 15 persen pasangan mengalami isu ini. Ketidaksuburan pria bisa terjadi karena jumlah sel sperma yang sedikit, fungsi sperma yang abnormal sampai penyumpatan yang menghalangi produksi dan fertilitas sperma.

Beberapa faktor lain seperti penyakit, luka, masalah kesehatan kronis dan pola hidup juga dapat menyebabkan infertilitas pria. Sebagian mungkin tidak dapat diobati, tetapi infertilitas kadang dapat diatasi dengan melakukan gaya hidup yang sehat, diet yang sehat dan menggunakan suplemen.

Jika Anda seorang pria yang mengalami infertilitas, berikut adalah tips harian untuk meningkatkan fertilitas sperma agar kehidupan pernikahan dari keluarga kecil Anda makin mesra:

Perbanyaklah Gerak dan Olahraga

Olahraga berguna untuk menaikan kadar testosteron untuk kesuburan pria
Dengan olahraga, testosteron Anda akan meningkat. (foto: Freepik)

Olahraga tidak hanya membantu menyehatkan fisik Anda, kadar testosterone juga akan meningkat. Testosterone atau hormon lelaki yang rendah dapat menurunkan fertilitas sperma. Olahraga di luar ruangan saat ada matahari dapat memberikan anda vitamin D, selain itu, olahraga yang teratur akan meningkatkan stamina dan performa seksual Anda. Tapi ingat, olahraga yang terlalu ekstrim juga dapat berdampak sebaliknya.

Konsumsi Vitamin C dan Vitamin D yang Cukup

Stroberi salah satu buah yang meningkatkan fertilitas
Mengkonsumsi vitamin C dan D dapat meningkatkan kualitas semen, jumlah dan motilitas sperma Anda (foto: Freepik)

Stress oksidatif dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berlebihan juga berhubungan dengan kesuburan pria. Antioksidan seperti vitamin C dapat melawan efek-efek berbahaya tersebut. Menurut penelitian, pria yang kekurangan vitamin D lebih rentan mempunyai kadar testosteron yang rendah.

Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti kiwi, pepaya, stroberi atau sayuran seperti brokoli, blewah, kubis dan kembang kol, dan ikan-ikanan yang mengandung vitamin D seperti ikan cod, salmon, tuna, makarel atau makan kuning telur. Mengkonsumsi vitamin C dan D dapat meningkatkan kualitas semen, jumlah dan motilitas sperma Anda.

Hindari Stres yang Berlebihan untuk Fertilitas

Stres berlebihan dapat merendahkan testosteron untuk fertilitas
Saat stres, kadar testosteron Anda merendah (foto: Freepik)

Stres berlebih dapat merendahkan kepuasan seksual dan mengganggu kesuburan dan fertilitas sperma Anda. Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol, yang akan menurunkan kadar testosteron Anda. Luangkan waktu di tempat alami, meditasi, olahraga atau hang out dengan teman-teman dapat melemaskan pikiran Anda.

Infertilitas/kesuburan pria bukan masalah sepele dalam pasangan, Anda perlu mulai memperhatikan kesehatan seksual Anda dan pasangan Anda sejak dini. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan seksual dengan teratur. Anda dapat melakukan cek kesehatan seksual di sini. Lakukan juga cek kesehatan lainnya di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.