Ini Faktor Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Disadari

Ini Faktor Penyebab Kanker Serviks yang Perlu Disadari
Hand holding teal ribbon over blue Sewcream (freepik)
Bagikan ke Teman:

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi seorang wanita. Kanker Serviks atau juga dikenal dengan nama kanker leher rahim adalah penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita.

Triasse akan memaparkan secara rinci mengenai info penyakit keluarga yang menyerang kesehatan wanita ini yang sesuai dengan artikel yang dikutip dari NCBI. Dalam artikel tersebut, penyebab kanker serviks adalah Human Papilloma Virus atau HPV.

Dalam dunia kesehatan, kanker serviks merupakan kanker umum keempat yang paling sering dialami setiap wanita di penjuru dunia. Tercatat, hingga saat ini, setiap tahunnya ada 4.290 kasus kematian yang disebabkan oleh kanker serviks.Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, penyakit ini bisa dicegah dengan skrining rutin dan pengobatan lesi prakanker. Untuk mencegahnya, Anda harus mengetahui ciri-ciri awal penyakit ini.

Paket Tes Kesehatan Skrining Kanker Serviks
Harga Mulai Dari Rp.849.844

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Faktor Penyebab Kanker Serviks
Dokter menjelaskan kepada pasien tentang penanganannya (freepik/user6740038)

Selain Human Papilloma Virus atau HPV, ada beberapa penyebab lain yang menimbulkan kanker serviks. Virus ini dapat masuk ke dalam sel-sel serviks, yang kemudian memicu perubahan fungsi dan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Membutuhkan kurang lebih 10 sampai 20 tahun dari awal seseorang terinfeksi hingga terbentuk kanker.

Dalam rentang waktu tersebut, sel-sel serviks sebenarnya sudah mulai berubah, namun belum menimbulkan gejala. Perubahan ini disebut sebagai lesi pre-kanker atau cervical intraepithelial neoplasia (CIN) pada hasil Pap Smear. Beberapa penyebab kanker serviks selain NPV antara lain:

Merokok

Tembakau mengandung banyak zat kimia yang tidak baik untuk tubuh. Wanita yang merokok memiliki risiko hingga dua kali lebih besar dibanding wanita non-perokok dalam terkena kanker serviks.

Imunosupresi

Pengobatan atau kondisi yang mempengaruhi sistem imun, seperti Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus yang menyebabkan AIDS ini bisa meningkatkan risiko terkena infeksi HPV dan jadi kanker serviks.

Infeksi Klamidia

Penyebab kanker serviks bisa disebabkan karena adanya infeksi salah satu penyakit menular seksual, yaitu klamidia. Hal ini berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang menunjukkan risiko yang lebih tinggi dari kanker serviks pada wanita dengan hasil tes darah yang menunjukkan pernah atau sedang memiliki infeksi klamidia.

Hamil atau melahirkan di usia sangat muda. Penyebab kanker serviks adalah hamil dan atau melahirkan di usia yang masih sangat muda, seperti saat berusia di bawah 17 tahun . Wanita yang berusia lebih muda dari 17 tahun saat hamil pertama (tidak keguguran) dua kali lebih rentan terkena kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks

Gejala Kanker Leher Rahim
Wanita Asia dari Thailand dengan sakit perut yang akut (freepik/kittima05)

Dijelaskan NCBI, penyebab kanker serviks sangat sulit dikenali sejak dini, tapi beberapa ciri penyakitnya bisa dikenali secara umum. Berikut sembilan gejala kanker serviks secara umum.

Pendarahan Vagina yang Tidak Normal

Perdarahan ini dapat terjadi lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya, dapat terjadi di antara periode menstruasi, atau pada wanita yang sudah menopause.

Keputihan yang Tidak Biasa

Gelaja lainnya dari penyebab kanker serviks adalah keputihan yang tidak normal. Lendirnya akan mengalami perubahan warna, aroma yang tidak sedap, hingga perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina.

Nyeri saat Berhubungan Intim

Salah satunya adalah nyeri panggul saat berhubungan intim. Rasa nyeri yang timbul membuat Anda merasa tidak nyaman sewaktu berhubungan intim.

Sering Buang Air Kecil

Jika seorang wanita jadi sering buar air kecil, maka harus waspada karena bisa jadi ini menjadi gejala awal kanker serviks.

Gampang Lelah

Kondisi ini terjadi akibat perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga lama kelamaan tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (anemia), yang membuat tubuh menjadi cepat lelah.

Timbul Sembelit

Jika kanker serviks telah menyebar hingga ke usus besar, akan berpotensi menyebabkan konstipasi atau sembelit.

Nafsu Makan Berkurang

Hal ini dikarenakan penyebaran sel kanker yang membuat tubuh sulit menerima asupan makanan.

Paket Tes Kesehatan Skrining Kanker Serviks
Harga Mulai Dari Rp.849.844

Hematuria

Jika sedang berkemih dan melihat urine bercampur darah, segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi itu merupakan salah satu tanda Anda terkena kanker serviks.

Keluar Urine atau Fases dari Vagina

Hal ini bisa terjadi akibat terbentuknya fistula antara vagina dan saluran kemih, atau fistula ani antara vagina dan anus, sehingga urine dan fases dapat melewati vagina.

Minuman dan Makanan Penyebab Kanker Serviks

Makanan Panggang Penyebab Kanker Serviks
Iga Sapi Barbeque St Louis (freepik/user21690384)

Penyebab kanker serviks juga disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Bisa saja, makanan itu merupakan makanan favorit Anda. Lalu, apa saja makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini, seperti dikutip Triasse dari The Joint:

Makanan dan Minuman Gula Berlebih

Gula memang sumber energi yang dibutuhkan manusia, tapi jika berlebihan bisa menyebabkan kanker serviks bagi seorang wanita. Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan penyakit ini, yakni surup, snack, kue manis, hingga minuman bersoda.

Makanan Panggang

Terlebih jika dipanggang sampai hitam pekat, ini bisa menjadi faktor utama yang membuat kanker serviks berkembang. Lemak yang terkandung pada makanan tersebut ketika terbakar akan memproduksi senyawa HPA (Hidrokarbon Polisiklik Aromatik) yang merupakan zat pemicu kanker atau karsinogen.

Paket Tes Kesehatan Skrining Kanker Serviks
Harga Mulai Dari Rp.849.844

Minuman Beralkohol

Ini merupakan penyebab kanker serviks yang paling sering ditemukan. Sebuah studi menemukan bahwa alkohol dapat meningkatkan resiko berkembangnya sel kanker, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama ditambah lagi.

Pencegahan Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Leher Rahim
Dokter memakai sarung tangan puting memegang suntikan (freepik/unshulee)

Penyebab kanker serviks adalah HPV yang tersebar melalui kontak kulit dengan bagian tubuh yang sudah terinfeksi. Pencegahan agar tidak terkena infeksi HPV sebagai berikut:

Pakai Alat Pengaman

Gunakan alat pengaman untuk mengurangi risiko tertular HPV.

Tunda Bersetubuh

Tunda selama mungkin saat untuk berhubungan badan pertama kali. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika Anda berhubungan seks dan hamil di bawah umur 17 tahun, maka Anda punya persentase yang sangat besar menderita kanker serviks.

Batasi Partner Seks

Semakin sedikit, semakin kecil risiko tertular. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki banyak pasangan seksual meningkatkan risiko terkena HPV dan risiko kanker serviks. Oleh karena itu, tidak melakukan seks bebas menjadi cara terbaik untuk mencegah kanker serviks.

Selain itu, seks bebas bisa meningkatkan kemungkinan penularan penyakit seksual yang dapat meningkatkan risiko terkena HPV. Bila sudah terinfeksi tentu dapat meningkatkan peluang kondisi pra kanker serviks.

Hindari Merokok

Oleh karena merokok menjadi salah satu penyebab dari terjadinya kanker serviks pada tubuh manusia, maka hindari merokok.

Beri Vaksin HPV

Pencegahan dengan vaksin ini sangat direkomendasikan oleh WHO. Vaksinasi HPV membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV, sehingga virus yang masuk akan mati dan tidak sampai menimbulkan kanker serviks. Vaksin HPV dapat melindungi dari HPV tipe 6,11,16,18. HPV tipe 16 dan 18 penyebab 70% kanker serviks di seluruh dunia. HPV tipe 6 dan 11 menyebabkan kutil kelamin (genital warts). Vaksinasi HPV membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV sehingga virus yang masuk akan mati dan tidak sampai menimbulkan kanker serviks serta kutil kelamin.

Rutin Pap Smear

Menurut Summer Dewdney, seorang ahlikanker kandungan di Rush University Medical Center, pemeriksaan pap smear memungkinkan dokter untuk mendeteksi kelainan berupa perubahan sel pada serviks dan mengambil tindakan sebelum adanya perkembangan.

Menindaklanjuti hasil pap smear yang abnormal. Saat pap smear, mungkin dokter menemukan keganjilan. Bila demikian, Anda harus mengusahakan untuk melakukan tes lain seperti DNA HPV yang bisa mendeteksi kemungkinan keterjangkitan kanker serviks.

Makan Makanan Alami

Mencegah kanker serviks dengan alami lewat jenis makanan kaya flavonoid misalnya apel, asparagus, brokoli, kubis, kranberi, bawang putih, selada, bawang merah, kedelai, dan bayam. Makanan sehat kaya folat misalnya alpukat, sereal dan roti, kacang lentil, jus jeruk, stroberi. Sumber karotenoid adalah makanan yang berwarna oranye, misalnya wortel, ubi, dan labu.

Pengobatan Kanker Serviks

Pengobatan Terapi Radiasi
Dokter melihat foto MRI (Freepik/romanzaiets)

Seperti yang telah disebutkan, peluang kesembuhan kanker serviks bisa besar jika pengobatan dilakukan sejak dini. Cara mengobati kanker serviks umumnya bersifat kompleks alias tidak mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, rumah sakit biasanya akan membentuk sebuah tim profesional yang ahli, sebagai cara mengobati kanker serviks.

Entah itu kanker serviks stadium awal, maupun kanker serviks stadium 4, biasanya tidak menimbulkan gejala. Itulah sebabnya sering kali pasien datang ke dokter dan mendapatkan diagnosis ketika kanker sudah mencapai stadium lanjut.

Biasanya, dokter yang akan membantu menentukan pengobatan serta cara terbaik untuk mengobati kanker serviks sesuai dengan stadium dan keparahan kondisinya.

Operasi Kanker Serviks

Metode operasi (pembedahan) biasanya menjadi salah satu cara mengobati kanker serviks yang akan disarankan dokter sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Ada beberapa jenis operasi yang bisa dijadikan cara mengobati kanker serviks.

Salah satu cara mengobati kanker serviks ini nantinya akan dilakukan tergantung dari ukuran jaringan kanker, stadium kanker, serta pertimbangan untuk hamil di masa depan.

Pengobatan Terapi Radiasi

Pada stadium kanker serviks tertentu, dokter dapat menjalankan terapi radiasi atau radioterapi sebagai salah satu cara mengobati kanker serviks. Terapi radiasi adalah pengobatan kanker seviks dengan melibatkan sinar-X berenergi tinggi atau partikel radioaktif guna membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.

Cara mengobati kanker serviks dengan radioterapi bisa dilakukan secara tunggal, tidak bersamaan dengan pengobatan kanker serviks lainnya. Namun dalam beberapa kondisi, cara mengobati kanker serviks yang satu ini juga bisa dikombinasikan dengan prosedur kemoterapi, terutama jika tingkat keparahan kanker serviks sudah masuk ke stadium lanjut.

Pengobatan Kemoterapi

Kemoterapi adalah cara mengobati kanker serviks dengan menggunakan obat yang untuk membunuh sel kanker. Tujuan pengobatan kanker serviks ini adalah untuk menghancurkan sel-sel kanker sembari mengurangi kemungkinan rusaknya bagian sel-sel yang sehat. Pengobatan kanker serviks dengan kemoterapi dianggap dapat mengerutkan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Pemberian obat ini dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui pembuluh darah vena alias dengan infus, atau dalam bentuk pil yang diminum langsung (oral). Mengobati kanker serviks dengan cara memasukkan obat-obatan tersebut diharapkan dapat menjangkau seluruh area tubuh, sehingga bisa membantu membunuh perkembangan sel kanker.

Pengobatan Terapi Target

Sel kanker dapat berkembang karena adanya pembuluh darah baru (angiogenesis). Pembuluh darah inilah yang kemudian membantu memberikan asupan nutrisi pada sel tumor untuk terus berkembang.

Cara mengobati kanker serviks dengan terapi target bertujuan untuk menghalangi berkembangnya pembuluh darah baru (angiogenesis inhibitor). Terapi sel target yang biasanya digunakan adalah bevacizumab (avastin). Pengobatan kanker serviks dengan terapi target ini umumnya dilakukan bersama dengan prosedur kemoterapi. Biasanya, dokter akan menganjurkan pengobatan ini pada kasus kanker serviks stadium lanjut.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai faktor penyebab kanker serviks. Untuk mengetahui pembahasan lengkap sejenis penyebab kanker serviks, lihat saja pada kategori artikel Keluarga – Kesehatan Wanita. Tidak lupa, Triasse mengajak kepada pembaca budiman untuk memeriksakan dirinya via tes darah (khususnya tes kanker serviks) perihal kemungkinan terjangkit suatu penyakit.

Bagikan ke Teman:
Riza Dian Kurnia
A great storyteller and an enthusiastic listener. Dont stop when you are tired, stop when you are done.