9 Fakta Kesuburan Pria Wajib Tahu

9 Fakta Kesuburan Pria Wajib Tahu
Pembicaraan tentang kesuburan pria lebih sering diabaikan dibanding wanita, padahal pria juga memiliki faktor risiko yang sama besarnya. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Berbicara tentang kesuburan, seringnya hanya fokus pada kemampuan reproduksi wanita. Kesuburan pria sering diabaikan disertai dengan anggapan “sudah pasti subur”.

Faktanya, wanita dan pria sama-sama menjadi memiliki faktor risiko dalam kemampuan pasangan untuk memiliki keturunan. Yang bisa memiliki masalah reproduksi yang harus diatasi bukan hanya wanita, tapi juga pria.

Bagi para pria yang berpikir dan berkeinginan untuk segera membangun keluarga, penting untuk memahami dan mengecek kesuburan sendiri.

Philip Werthmman, M.D., direktur dari Pusat Medis Reproduksi Pria di Los Angeles memaparkan fakta-fakta penting terkai kesuburan pria:

1. Penyakit menular seksual paling ganggu kesuburan

Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore adalah penyebab nomor satu ketidaksuburan pria, jelas Werthman. Jika penyakit ini tak terdiagnosis, infeksinya bisa menyebabkan inflamasi dan penyumbatan.

2. Alumunium rusak kualitas sperma

Riset baru yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Toxicology menemukan, konsentrasi alumunium yang lebih tinggi dalam air mani membuat jumlah sperma makin rendah.

3. Suhu panas pengaruhi kejantanan

“Panas buruk bagi sperma,” Werthman mengkonfirmasi. “Duduk lama di bak air panas atau sauna bisa menurunkan jumlah sperma kapan saja, mulai dari satu sampai empat bulan.”

4. Kesuburan pria menurun seiring usia

Tidak ada waktu habis masa subur pria seperti pada wanita. Namun tetap saja, seiring pertambahan usia, Werthman mengatakan, akan terjadi penurunan kesuburan.

Walaupun tidak menutup kemungkinan pria masih bisa bereproduksi di usia senja, tetap saja secara umum, tingkat kesuburan mereka sudah menurun.

5. Kualitas sperma vegetarian lebih buruk

Walau menjadi vegetarian baik bisa baik untuk tubuh, sayangnya hal ini buruk untuk sperma.

Riset baru dari Loma Linda University Medical School menemukan, pria yang sedikit makan daging mengalami penurunan jumlah sperma secara drastis. Ditambah lagi, hanya sepertiga dari jumlah sperma merekalah yang aktif.

Sperma pria yang makin daging tingkat keaktivannya sampai 60 persen, yang membuatnya lebih mudah membuahi sel telur.

6. Merokok ancam kesuburan pria

Merokok bisa berbahaya untuk sperma, jelas Werthman. Merokok ganja juga sama buruknya.

Senyawa THC yang ada di rokok bisa masuk ke dalam tempat penyimpanan lemak di tubuh. Studi menunjukkan, hal ini menyebabkan disrupsi hormonal dan membentuk sperma secara abnormal.

7. Antidepresan bisa merusak DNA sperma

Setidaknya satu studi telah menemukan, antidepresan SSRI bisa menyebabkan kerusakan DNA sperma. Hal ini bukan berarti, pria yang mengonsumsi antidepresan SSRI tidak bisa jadi ayah, tapi akan ada risiko genetik yang abnormal.

Untungnya, begitu menghentikan pengobatan ini, sperma kembali normal.

8. Obesitas turunkan kesuburan

“Semakin sehat Anda, semakin sehat juga sperma,” ujar Werthman. Jika indeks massa tubuh pria lebih tinggi dari 35, hal ini akan menandai penurunan jumlah sperma dan kesuburan.

Kabar baiknya, diet dan olahraga bisa meningkatkan kualitas sperma.

9. Laptop juga berisiko terhadap kesuburan

Seperti yang dikatakan Werthman, sauna dan baik air panas bisa berbahaya untuk sperma, begitu juga dengan panas dari laptop.

Dia menyarankan agar pria menghindari kontak langsung dengan laptop. Sebaiknya gunakan papan untuk membatasi laptop dan pangkuan agar bisa mencegah panasnya menyebar.

Terkadang, gaya hidup sehat saja tidak cukup untuk memastikan kesuburan pria tanpa pengecekan medis. Untuk Anda yang sedang berencana untuk menikah atau memiliki keturunan, pastikan periksakan kesuburan Anda melalui PesanLab.com untuk mengetahui segala sesuatunya secara pasti. PesanLab menyediakan Paket Kesuburan Pria yang bisa Anda coba dan mendapatkan hasil yang lengkap dengan cara yang praktis.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."