Cek, Ini Dampak Kecanduan Gadget pada Anak

Cek, Ini Dampak Kecanduan Gadget pada Anak
Kecanduan gadget pada anak memberikan dampak buruk yang bisa ganggu kesehatan dan tumbuh kembang secara fisik dan mental. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Zaman sekarang, cara paling mudah yang dilakukan orang tua untuk menenangkan anak rewel adalah dengan memberikan mereka gadget. Padahal sebenarnya kebiasaan ini sangat tidak disarankan karena bisa membuat anak kecanduan gadget.

Menurut data yang dilansir dari The New York Times, 70 persen orang tua mengaku mengizinkan anak mereka (usia 6 bulan-4 tahun) untuk bermain gadget, ketika orang tua sedang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sekitar 65 persen orang tua melakukan hal serupa untuk menenangkan anak saat berada di tempat umum.

Menurut seorang profesor psikolog dari Temple University, AS, fenomena ini sungguh membahayakan. Sang ahli mengatakan bahwa anak-anak yang tidak bisa lepas dari perangkat digital ini akan terkena pengaruh negatif bagi perkembangan sosial mereka. Berikut ini penjelasan info kesehatan keluarga lebih lanjut mengenai dampak kecanduan gadget pada tumbuh kembang dan kesehatan anak.

1. Jadwal dan Kualitas Tidur Terganggu

jadwal dan kualitas tidur terganggu
Kecanduan gadget bisa rusak kualitas dan ganggu waktu tidur anak. (Foto: Freepik)

Gadget pribadi milik anak dan berada di kamar anak yang dapat diakses kapan saja, dapat memberikan pengaruh negatif terhadap waktu istirahatnya. Misalnya, mereka dapat kapan saja melihat-lihat media sosial, bermain game, chatting berjam-jam, dan tidak jarang kebiasaan buruk ini membuat mereka menjadi tidur lebih larut.

Menurut para ahli, sebaiknya orang tua tidak menempatkan ponsel, tablet, TV, dan komputer di kamar tidur anak. Pasalnya, menyalakan gagdet, terlebih memainkan ponsel menjelang waktu tidur pun bisa menurunkan kualitas tidur. Kecanduan gadget juga tentu sedikit banyak akan memengaruhi waktu belajar sang anak, sehingga akan berdampak pada penurunan prestasi belajar mereka.

2. Memengaruhi Mental Anak

memengaruhi mental anak
Kecanduan gadget bisa memengaruhi mental anak. (Foto: Freepik)

Menurut para ahli, bermain video game secara berlebihan dapat meningkatkan risiko depresi pada anak. Ada anak yang terbiasa mencari pelarian dengan bermain game ketika mereka punya masalah.

Hal ini tanpa disadari akan menimbulkan ketergantungan dan menyebabkan mereka semakin terisolasi dari kehidupan sosial. Alhasil, mereka akan rentan terhadap depresi ketika “dipaksa” untuk berhadapan dengan stres di dunia nyata.

Selain itu, anak-anak yang sudah kecanduan gadget kerap memprioritaskan bermain gadget dibandingkan dengan belajar. Maka orang tua disarankan untuk selalu mengawasi penggunaan gadget pada anak-anak mereka. Seperti membatasi durasi penggunaan selama dua jam sehari untuk anak-anak, atau maksimal tiga jam bagi mereka yang menginjak usia remaja.

Alternatif lain yang lebih baik untuk menenangkan anak adalah dengan mulai membiasakan mereka dekat dengan buku-buku sejak mereka masih kecil. Membacakan cerita buku pada anak nyatanya lebih baik bagi tumbuh kembang anak daripada menggunakan gadget tanpa tahu batas waktu.

Selain memastikan anak memiliki pola hidup yang sehat dengan mencegah mereka kecanduan gadget, orang tua jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatan anak secara berkala. Bawa anak untuk melakukan medical check-up setidaknya dua kali dalam satu tahun.

Pemeriksaan kesehatan rutin ini bisa Anda lakukan melalui Triasse.com. Triasse juga menyediakan pengecekan kesehatan yang bisa dilakukan dari rumah sehingga membuat buah hati lebih nyaman. Cek Triasse sekarang.

Bagikan ke Teman:
Rinaldi Syahran
Homo Homini Lupus!