Tanda Kehamilan: 12 Hal “Ajaib” yang Terjadi Saat Anda Hamil

Tanda Kehamilan: 12 Hal “Ajaib” yang Terjadi Saat Anda Hamil
Berbagai fenomena menarik terjadi pada tubuh ibu pada saat kehamilan. Ini bisa kita sebut sebagai keajaiban karena prosesnya yang luar biasa. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Tidak salah jika kehamilan dikatakan sebagai suatu keajaiban. Prosesnya sendiri, tentang bagaimana buah hati tumbuh dan berkembang di dalam kandungan adalah sesuatu yang luar biasa. Belum lagi, akan terjadi berbagai perubahan mengejutkan pada tubuh ibu hamil, beberapa di antaranya benar-benar tak terduga.

Ketahui berbagai “keajaiban” menarik yang terjadi pada tubuh ibu pada saat kehamilan di bawah ini, melansir Purewow:

1. Kehilangan Kontrol pada Kandung Kemih

Tak hanya Anda jadi ingin buang air kecil setiap saat, terkadang saat Anda bersin, batuk, atau tertawa terlalu keras, akan ada sedikit air kencing yang keluar.

2. Air Susu Sudah Keluar Sebelum Melahirkan

Hal ini dikenal sebagai laktasi dini, dan biasanya terjadi pada bulan-bulan terakhir atau bahkan di minggu-minggu akhir. Ini artinya, tubuh Anda sudah sangat siap menyambut kedatangan bayi.

Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan. Selipkan saja pelapis payudara (breast pad) di dalam bra untuk mencegah susu merembes keluar.

3. Kehamilan Buat Ukuran Kaki Bertambah

Hal ini terjadi karena dua alasan: Karena tubuh Anda menahan lebih banyak cairan selama kehamilan, rahim menempatkan tekanan lebih besar seiring melebarnya pembuluh darah. Hal ini akan mengacaukan kemampuan tubuh untuk mentrasportasikan darah secara sukses.

Jangan lantas segera membeli banyak sepatu, karena kebanyakan wanita kembali ke ukuran kakinya semula setelah melahirkan.

4. Kulit Berubah Warna

Kehamilan pengaruhi kesehatan kulit. Fenomena ini dikenal sebagai hiperpigmentasi. Tubuh wanita hamil memproduksi melanin lebih banyak dari biasanya yang kemudian menyebabkan bercak-bercak yang membuat kulit tak sewarna – biasanya di kening atau pipi.

5. Gusi Berdarah

gusi berdarah
Saat hamil, gusi mudah bengkak dan berdarah. (Foto: Freepik)

Meningkatnya aliran darah dan perubahan hormon bisa membuat gusi bengkak, menjadi sangat sensitif, dan bahkan berdarah.

Hal ini juga bisa menyebabkan hidung Anda berdarah.

6. Heartburn yang Menggila

Kita semua memiliki otot di bagian atas perut yang mencegah asam menuju esophagus, sehingga Anda terhindar dari heartburn. Sayangnya, hormon-hormon yang berhubungan dengan kehamilan bisa membuat otot-otot ini melunak, yang membuat Anda terasa selalu ingin bersendawa.

Beberapa saran: hindari makan beberapa jam sebelum tidur dan tidurlah dengan posisi kepala dan dada sedikit terangkat.

7. Rambut Jadi Lebih Tebal

Ini adalah kejutan yang menyenangkan. Terimakasih pada hormon-hormon di tubuh, rambut Anda bisa terlihat paling indah saat Anda hamil. Tapi jangan terlalu senang, rambut akan kembali rontok setelah Anda melahirkan.

8. Muncul Garis Aneh di Sepanjang Perut

Tiga dari empat wanita hamil memiliki garis gelap di sepanjang abdomennya. Garis ini disebut linea nigra (garis hitam), dan disebabkan oleh hormon kehamilan.

Garis ini terlihat lebih jelas pada wanita yang berkulit gelap, dan hampir selalu hilang setela melahirkan.

9. Ketajaman Indera Meningkat

ketajaman indera meningkat
Saat hamil, indera akan meningkat lebih tajam, terutama indera penciuman. (Foto: Freepik)

Indera perasa dan penciuman Anda akan jadi sangat sensitif dan berubah. Jadi bisa saja Anda jadi tidak menyukai atau bahkan mual ketika mencium atau membayangkan makanan kesukaan Anda.

Dan jangan heran jika tiba-tiba Anda bisa mencium bau makanan yang ada di ujung lain kantor Anda.

10. Gatal-Gatal

Pada trimester akhir, kulit perut akan mulai jadi sangat gatal. Ini disebabkan dari kombinasi kulit yang sangat kering, dan fakta bahwa pertumbuhan bayi membuat kulit Anda tertarik.

11. Suara Berubah

Seiring meningkatnya kadar estrogen dan progesteron, pita suara bisa membengkak. Hal ini akan membuat Anda terdengar seperti remaja pria yang baru puber.

12. Kulit Jadi Lebih Bersinar

kulit jadi lebih bersinar
Peredaran darah yang lebih lancar membuat kulit ibu hamil lebih bersinar. (Foto: Kehamilan)

Hal ini adalah fakta, bahwa wanita hamil memang benar-benar “bersinar”. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang meningkat. Jadi, walaupun gusi Anda berdarah, Anda merasa mual, perut Anda bergaris, setidaknya kulit Anda akan terlihat luar biasa.

Untuk amannya, pastikan selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, terutama pada masa kehamilan. Lakukan pemeriksaan melalui Triasse dan dapatkan berbagai penawaran menarik dan paket cek kesehatan sesuai kebutuhan. Triasse juga memberikan layanan home service, yang memudahkan Anda untuk lakukan cek kesehatan.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.