Harus Tahu, 5 Gangguan Umum Saat Kehamilan

Harus Tahu, 5 Gangguan Umum Saat Kehamilan
Smiling woman doctor and her African female patient in diagnostic ultrasound room (user17581499)
Bagikan ke Teman:

Gangguan kehamilan adalah sesuatu yang umum dialami dan dapat terjadi kapan saja. Bisa pada saat hamil muda atau ketika sudah mendekati waktu persalinan.

Kehamilan biasanya dibagi per tiga bulan dari sembilan bulan masa kandungan normal. Periode ini disebut trimester, dan setiap trimester memiliki jenis gangguan kehamilannya sendiri.

Ada berbagai jenis gangguan kehamilan, mulai dari yang ringan sampai berat. Pada dasarnya semua jenis gangguan ini dapat diatasi serta dicegah, selama ibu hamil memahami jenis gangguan dan tindakan pencegahannya.

Berikut ini info kesehatan keluarga mengenai lima gangguan kehamilan yang paling umum terjadi:

Mual dan Muntah

Mual dan Muntah
Setiap wanita yang sedang hamil wajar jika sering merasakan Mual dan ingin muntah, terutama pada masa awal terjadi kehamilan (trimester pertama) (foto: Freepik)

Ibu hamil wajar merasakan mual dan ingin muntah, terutama pada masa trimester pertama. Hal ini disebabkan karena level hormon yang tidak stabil. Umumnya gangguan kehamilan ini akan mereka dan hilang setelah memasuki trimester kedua.

Sembelit

Sembelit
Sembelit biasanya terjadi karena peningkatan hormon. Hormon akan mengendurkan otot usus dan memperlambat sistem pencernaan (foto: Freepik)

Sembelit biasanya terjadi karena peningkatan hormon. Hormon akan mengendurkan otot usus dan memperlambat sistem pencernaan.

Ibu hamil mengalami sembelit karena hormon progesterone meningkat pesat. Hormon ini bertugas untuk mengendurkan otot-otot rahim.

Cara mengatasi sembelit :

  • Perbanyak minum air putih
  • Perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Lakukanlah olahraga teratur seperti berjalan kaki atau jogging.

Kelelahan

Gangguan kehamilan: Kelelahan
Pada saat trimester pertama, seorang ibu hamil bisa menjadi sangat lelah walau telah banyak waktu untuk beristirahat (foto: Freepik)

Pada saat trimester pertama, ibu hamil bisa jadi sangat gampang lelah walau banyak beristirahat. Kondisi lelah ini akan membaik pada trimester kedua dan kembali saat menginjak pada trimester ketiga.

Cara mengatasi kelelahan :

  • Bila Anda sudah merasa mengantuk, usahakan untuk langsung beristirahat.
  • Jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas.
  • Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Perubahan Ukuran Payudara

Perubahan Ukuran Payudara
Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan ini adalah memilih bra yang tepat saat hamil (foto: Freepik)

Perubahan ukuran payudara akan terjadi secara perlahan dan paling pesat pada trimester ketiga. Perubahan ukuran ini biasanya juga disertai rasa bengkak dan nyeri. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan ini adalah memilih bra yang tepat saat hamil.

Payudara ibu hamil mengalami perubahan pesat karena pembentukan hormon dan persiapan untuk menghasilkan ASI.

Nyeri di Seluruh Tubuh

Gangguan kehamilan: Nyeri di Seluruh Tubuh
Nyeri biasanya akan terjadi di seluruh tubuh, mulai dari sekitar paha sampai dengan punggung (foto: Freepik)

Nyeri biasanya akan terjadi di seluruh tubuh, mulai dari sekitar paha sampai punggung. Kondisi ini disebabkan karena pertumbuhan janin.

Cara mengatasi nyeri :

  • Beristirahat dan berbaring.
  • Mengompres bagian tubuh yang nyeri

Selain gangguan kehamilan di atas, terdapat juga berbagai gangguan kesehatan dan penyakit yang jadi jauh lebih sensitif dan berisiko bagi ibu hamil. Ini kenapa biasanya dokter kandungan akan menyarankan para calon ibu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes darah untuk mengetahui dan mencegah berbagai kemungkinan penyakit yang bisa muncul.

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan tes darah khusus ibu hamil, contohnya seperti melakukan pemeriksaan TORCH, lakukanlah melalui Triasse.com. Melakukan pemeriksaan darah melalui Triasse memungkinkan Anda mendapatkan banyak keunggulan dan keuntungan, di antaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan di Triasse!

Bagikan ke Teman:
Flori Ardia
Be kind. Always.