Cara Mencegah Infeksi Toksoplasma dari Kucing Kesayangan

Bagikan ke Teman:

Kucing adalah hewan kesayangan banyak orang. Dengan semakin majunya dunia kesehatan, perawatan untuk binatang lucu ini juga semakin mudah. Namun sayangnya, masih ada parasit yang menempel erat pada kucing, yaitu toksoplasma.

Toksoplasma adalah parasit yang paling umum berada di negara berkembang. Parasit yang dibawa oleh kucing ini dapat menginfeksi semua makhluk berdarah hangat termasuk manusia dimana jumlah penderita di Indonesia relatif tinggi karena masih kurangnya kesadaran masyarakat.

Kebanyakan orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun. Namun bagi orang yang memiliki sistem imunitas yang lebih lemah, infeksi toksoplasma dapat menyebabkan penyakit bernama Toxoplasmosis yang khususnya berbahaya bagi ibu hamil. Infeksi ini menyebabkan keguguran, kelaianan perkembangan janin, penyakit mirip flu kronis, kebutaan, bahkan kematian.

Parasit ini juga diasosiasikan dengan gangguan mental seperti skizofrenia dan Bipolar. Kini hubungan antara gangguan mental dan toksoplasma kembali dikuatkan dengan dua studi terbaru yang membahasnya dengan lebih detail.

E. Fuller Torrey dari Stanley Medical Research Institute dan Dr. Robert H. Yolken dari Stanley Laboratory of Developmental Neurovirology telah mempelajari secara seksama hubungan antara infeksi toksoplasma dengan skizofrenia selama hampir tiga dekade. Penelitian terbaru mereka yang diterbitkan di riset terkait skizofrenia membandingkan dua penelitian sebelumnya yang menyatakan hubungan kepemilikan kucing pada usia dini dengan survei terhadap kesehatan jiwa dari tahun 1982. Hasil analisa menunjukkan bahwa memelihara kucing pada usia dini dapat menjadi faktor risiko untuk berkembangnya gangguan kejiwaan.

“Telah dilaporkan dalam tiga penelitian bahwa keluarga yang memelihara kucing pada masa kanak-kanak secara signifikan lebih umum ditemukan anak tersebut dikemudian harinya didiagnosis menderita skizofrenia atau gangguan kejiwaan serius lainnya,” ujar peneliti dalam press release terkait penelitian mereka.

Selain itu, peneliti dari Academic Medical Center di Amsterdam mempelajari lebih dari 50 penelitian dan menemukan bahwa orang yang terinfeksi toksoplasma hampir dua kali lebih berisiko mengalami gangguan skizofrenia. Mereka juga menemukan adanya asosiasi Toksoplasma dengan obsessive-compulsive disorder dan bipolar, namun masih perlu penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. Penelitian mereka tersebut dipublikasikan dalam Acta Psychiatrica Scandinavica.

Mencegahan Toksoplasma dan Diagnosisnya

toksoplasma
Bahaya toksoplasma bisa dicegah. (Foto: Freepik)

Bagi pecinta kucing tidak perlu terlalu khawatir terhadap penemuan tersebut, masih terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari dari infeksi Toksoplasma. Toksoplasma sangat berbahaya bagi janin, maka ibu hamil harus lebih berhati hati. Berikut ini yang dapat anda lakukan untuk menghindari bahaya memelihara kucing:

  1. Bagi ibu hamil, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan TORCH pada awal kehamilan. Selain untuk mendeteksi Toksoplasma, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex yang berbahaya bagi janin. Untuk lebih mudah dan hemat, anda dapat melakukan pemesanan pemeriksaan tes darah secara online melalui Pesanlab.
  2. Masih untuk ibu hamil, hindari segala interaksi yang berhubungan kotoran hewan terutama kucing anda. Minta orang lain untuk membersihkan kotoran kucing anda. Selain itu hindari kucing liar yang mungkin ada di sekitar anda.
  3. Bagi pecinta kucing, wajib bagi anda untuk memberi vaksinasi tokso kepada kucing anda sesuai dengan usianya. Selain itu hindari makanan kucing yang tidak bersih seperti tikus maupun hewan lainnya guna menghindari infeksi.
  4. Masak setiap makanan anda hingga matang dan jangan makan daging yang kurang matang. Selain itu bersihkan setiap peralatan masak anda terutama yang bersentuhan dengan daging mentah karena parasit toksoplasma dapat menyerang semua hewan berdarah panas.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *