Awas, Ini Bahayanya Kebanyakan Menggunakan HP Saat Hamil

Bagikan ke Teman:

Walaupun jarang lepas dari genggaman, faktanya handphone alias telepon seluler memiliki radiasi yang buruk bagi tubuh. Hal ini terlebih berlaku jika paparan radiasi ini berlangsung terus-menerus. Lebih buruknya lagi, radiasi ini bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ada baiknya kurangi menggunakan hp saat hamil.

Terlalu sering menggunakan HP saat hamil bisa mempengaruhi perkembangan otak bayi, menyebabkan gangguan memori (daya ingat), menimbulkan perasaan cemas, gangguan perilaku pada bayi serta dapat menyebabkan hiperaktivitas pada anak nanti.

Menggunakan HP Saat Hamil

menggunakan hp saat hamil
Bahaya radiasi hp lebih besar daripada risiko yang dari asap rokok. (Foto: Freepik)

Penemuan baru Universitas of Washington, Seattle menunjukkan bahwa gelombang radio (EMR) yang dipancarkan ponsel bisa merusak struktur DNA manusia.

Menurut penelitian itu, beberapa hasil survei menunjukkan bahaya yang ditimbulkan bagi kesehatan akibat radiasi ponsel melebihi bahaya yang di timbulkan akibat merokok. Oleh karena itu tidak disarankan menggunakan HP saat hamil.

Mengganggu Kehamilan

Penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Medicine menyebutkan, paparan radiasi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin sehingga menyebabkan hiperaktif.

Radiasi yang dihasilkan dari ponsel pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk, Apalagi jika Anda terbiasa meletakan ponsel di dekat rahim Anda, bisa berdampak mengganggu kerusakan sel sehingga menyebabkan keguguran pada usia janin 2 atau 3 bulan.

Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Jika Anda memiliki kebiasaan dalam meletakan ponsel di dekat Anda ternyata memicu adanya paparan radiasi sehingga mengakibatkan munculnya sel kanker payudara. Hal ini dipicu karena adanya radiasi.

“ Sebaiknya Anda meletakan ponsel di dalam tas atau dompet sehingga menjauhkan pengaruh negatif dari radiasi terhadap kesehatan payudara Anda. “

Gangguan pada Perkembangan Otak Bayi

Dampak sendiri dari radiasi karena penggunaan ponsel terhadap bayi memang tidak terlihat secara langsung, namun pada enam bulan pertama, otak bayi berkembang sebesar 80 persen, dan diindikasikan karena terserang paparan radiasi yang mengacau perkembangan awal tersebut.

Gangguan otak yang mungkin terjadi karena terserang paparan radiasi handphone, yaitu seperti: tumor dan insomnia, kemampuan memori otak menurun.

Melahirkan Anak Hiperaktif

Sebaiknya membatasi penggunaan hp atau ponsel untuk mengurangi paparan radiasi, karena jika lama menggunakan hp terlalu lama dapat menimbulkan resiko tingkah laku pada anak. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa anak yang sering menggunakan hp dapat mempengaruhi jaringan otak yang masih dalam masa perkembangan.

Bagaimana Cara Menghindari Efek Buruk Radiasi HP?

menggunakan hp saat hamil
Bahaya radiasi HP bagi ibu hamil bisa dihindari. (Foto: Freepik)
  • Jangan terlalu sering menggunakan ponsel
  • Gunakan loadspeaker
  • Makan makanan yang mengandung antioksidan
  • Hindari penggunaan pelindung hp
  • Matikan handphone saat malam hari

“Note 1”

“Tidak ada larangan untuk menggunakan handphone ketika ibu sedang hamil, tetapi jika terlalu lama sering bahkan seharian menggunakan handphone dapat menimbulkan resiko, salah satunya saat handphone berbunyi atau bergetar akan menaikan tekanan nadi seseorang.”

“Note 2”

“Secara sistemik, paparan radiasi itu memengaruhi tumbuh kembang anak. “Yang pasti terasa gangguan dasarnya. Mulai dari proses merangkak, berdiri, berjalan, berbicara pada awal-awal. Gangguan jangka panjang adalah kecerdasan dan perilaku,”

Oleh karena itu mulai dari sekarang jaga pola pemakaian handphone, supaya nantinya Anda tidak terkena efek mengerikan dari radiasi.

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, untuk itu kami Pesanlab hadir untuk membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan Medical Checkup dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Cukup lakukan pemesanan tes di Pesanlab.

Penulis : Abdullah Syafii

Editor : Miria Noor S/Nilam Suri

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."