WHO: Binatang Peliharaan bisa Terkena Virus Corona
Bukti baru menunjukkan, binatang peliharaan seperti anjing dan kucing bisa terinfeksi virus corona yang kini tengah mewabah. (Foto: Freepik)

WHO: Binatang Peliharaan bisa Terkena Virus Corona

Bagikan ke Teman:

Kemarin (13/03/2020), laman pemecah mitos virus corona WHO mengatakan, tidak ada bukti ditemukan bahwa binatang peliharaan seperti anjing dan kucing bisa terinfeksi virus. Hari ini, laman itu sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Dalam sebuah email, WHO mengatakan kepada Quartz, dikutip Triasse, “saat ini tidak ada bukti bahwa binatang peliharaan seperti anjing dan kucing bisa menginfeksi manusia dengan COVID-19.”

Perubahan posisi ini muncul setelah ditemukan anjing yang terinfeksi virus corona di Hong Kong. Anjing itu terbukti positif karena tinggal dengan pemiliknya yang terkena COVID-19. Anjing itu tidak menunjukkan gejala klinis penyakit ini, menurut laporan dari World Organisation for Animal Health. Tidak ada bukti bahwa anjing bia mneyebarkan penyakit ini, atau penyakit ini bisa membuat binatang jatuh sakit, menurut pernyataan organisasi tersebut. Walau, studi lanjutan bisa saja menghasilkan temuan yang berbeda.

Organisasi itu menyarankan agar pemilik binatang peliharaan yang terinfeksi atau terduga terinfeksi virus corona agar menghindari kontak dekat dengan peliharaan mereka. Jika mereka harus merawat binatang mereka, pastikan melakukan tindak pengamanan hiegenis dan menggunakan masker.

Shelley Rankin, seorang pakar mikrobiologi di University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine, Philadelphia, menyarankan agar pemilik binatang peliharaan memasukkan peliharaan mereka dalam langkah persiapan keluarga terhadap wabah virus corona. Ia mengatakan, beberapa binatang mungkin perlu di karantina di rumah sakit atau di rumah.

Itu dia penjelasan lengkap dari pengumuman WHO tentang binatang peliharaan yang dapat terkena virus corona. Baca juga artikel lainnya pada info sehat perihal kesehatan tubuh hanya di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."