Waspadai, Ini 5 Tanda Kolesterol Anda Tinggi

Bagikan ke Teman:

Kadar kolesterol dalam tubuh harus dijaga, karena jika jumlahnya terlalu besar bisa menimbulkan risiko kesehatan. Sayangnya, tanda kolesterol tinggi sering diabaikan. Padahal jika dibiarkan secara terus-menerus, bisa menyebabkan aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah karena ada tumpukan lemak di dalamnya.

Pada beberapa kasus, tanda kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala yang terlalu spesifik. Namun dapat diidentifikasikan dari komplikasi kolesterol yang berlebih atau tinggi, yaitu penyakit jantung dan stroke.

Untuk menghindari komplikasi lanjutan, ada baiknya Anda mengatahui tanda-tanda kadar kolesterol dalam tubuh telah melewati yang seharusnya.

Rasa Nyeri di Dada Sebelah Kiri

Jika Anda merasakan rasa nyeri atau sesak yang begitu menyakitkan pada bagian dada tepatnya disebelah kiri, maka bisa jadi diindikasikan penyebabnya karena adanya penyempitan pembuluh darah di sekitar jantung. Nyeri dada dengan rasa seperti tertindih juga bisa menjadi tanda-tanda serangan jantung.

Rasa nyeri bagian dada sebelah kiri disebabkan karena kadar kolesterol saat itu sedang tinggi. Terlebih jika Anda tengah dihadapkan pada kondisi tidak stabil atau stres. Selain itu rasa nyeri tersebut bisa dengan mudah menjalar ke daerah lain seperti bagian leher.

Sering Pusing

Gejala pusing ini bukanlah pusing yang biasa, melainkan penderitanya sendiri mengalami pusing dibagian belakang kepala. Hal ini diakibatkan karena adanya plak dari kolesterol sehingga terjadinya penyumbatan pembuluh darah disekitar kepala.

Dampak dari tanda kolesterol ini bisa berkembang dari gejala pusing di bagian belakang kepala yang kemudian berubah menjadi nyeri dan hilangnya keseimbangan tubuh.

Tangan dan Kaki Sering Kesemutan

Bagian dari tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah tangan dan kaki. Kesemutan yang disebabkan kolesterol terjadi ketika seseorang sedang melakukan aktivitas duduk dengan waktu yang cukup lama atau aktivitas lain yang harus menggerakan kaki dan tangan seperti olahraga.

Kasus kesemutan ini juga bisa disebabkan oleh kondisi pembuluh darah yang tidak mendapatkan energi atau suplai darah yang cukup.

Pandangan Mata Sering kabur

Jika pandangan mata Anda sering kabur, bisa jadi itu adalah indikasi awal tanda kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah di daerah mata, dikarenakan pembuluh darah disekitar mata menyempitan akibat penumpukan lemak. Hal ini menyebabkan fungsi matatidak maksimal dan pandangan jadi kabur.

Rasa Tidak Nyaman pada Tangan dan Kaki

Rasa nyeri yang berlebihan pada bagian tangan dan kaki juga merupakan salah satu gejala dari kolesterol tinggi. Disebabkan saat sebagian pembuluh darah di tangan dan kaki tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup.

Gejala yang timbul yaitu adalah tangan dan kaki akan terasa panas dan rasa tidak nyaman saat akan menggerakan kaki.

https://youtu.be/G1GTwU5QaGo

Untuk memastikan apakah Anda akan terserang kolesterol tinggi atau tidak, bagusnya untuk periksakan diri dengan cara melakukan tes darah di laboratorium. Lakukan pemeriksaan di Pesanlab dan pilih Paket Skrining Lemak/Kolesterol. Lakukan selalu pemeriksaan melalui Pesanlab, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Pesanlab diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan !

Penulis : Abdullah Syafii

Editor  : Miria Noor Shintawati

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."