Baru Pulang dari China? Waspadai Virus Berikut Ini
Jika Anda baru pulang dari China, Anda mungkin harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengecek keberadaan virus China. (foto: Freepik)

Baru Pulang dari China? Waspadai Virus Berikut Ini

Bagikan ke Teman:

Jika Anda baru-baru ini berpergian ke negara China, Hongkong atau Singapura, Anda mungkin harus waspada. Pemerintahan China telah meluncurkan investigasi mengenai infeksi virus misterius yang diderita lusinan warga kota Wuhan. Kepolisian melaporkan 44 kasus pneumonia dan 11 di antaranya dikatakan “parah.”

Wabah virus mematikan ini membuat Hongkong dan Singapura bergegas melakukan proses pemeriksaan kesehatan tubuh ke semua pengunjung. Apakah Anda salah satunya?

Virus China Misterius?

Virus mematikan baru saja mewabah di Wuhan Cina
Negara tirai bambu baru saja terkena wabah virus mematikan misterius yang serupa dengan SARS(foto: Freepik)

Menurut warganet virus ini berhubungan dengan SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome. Wabah SARS telah memakan lebih dari 700 korban di seluruh belahan dunia selama tahun 2002 sampai 2003 setelah berasal dari China. Komisi Kesehatan Wuhan telah melakukan investigasi terkait penyebab wabah virus ini. Mereka telah mengeleminasi beberapa sumber infeksi seperti flu, flu burung dan penyakit pernafasan lainnya namun tidak menyebutkan SARS.

Dalam websitenya, Komisi Kesehatan Wuhan mengatakan 163 orang yang telah membuat kontak dengan yang terinfeksi virus ini telah diletakan dalam pengawasan medis, sementara mereka masih berusaha mengidentifikasi sumber virusnya. Mereka juga mengatakan penyakitnya tidak memiliki transmisi antar manusia dan beberapa yang terinfeksi adalah pekerja di pasar makanan laut di kota Wuhan dan pemerintah telah melakukan sanitasi di area tersebut.

Satu Orang Terbunuh oleh Virus China Misterius

Satu orang pembeli di pasar daerah Wuhan terinfeksi virus mematikan ini dan meninggal.
Dengan total 41 orang terdiagnosa, dua diantara yang terinfeksi telah dipulangkan dari rumah sakit dan sisanya dalam keadaan stabil namun satu orang meninggal. (foto: Freepik)

Penyakit misterius ini telah membunuh satu orang korban dan 41 orang lainnya terinfeksi. Pemeriksaan awal menyatakan ini adalah jenis coronavirus baru yang menyebabkan wabah SARS. Pria berusa 61 tahun telah meninggal karena pneumonia di Kota Wuhan, China. Sementara tujuh orang dalam kondisi kritis, menurut pemerintah Kota Wuhan.

Dengan total 41 orang terdiagnosa, menurut Komisi Kesehatan Wuhan hasil lab untuk saat ini menyatakan virus mematikan ini adalah tipe coronavirus baru. Dua di antara yang terinfeksi telah dipulangkan dari rumah sakit dan sisanya dalam keadaan stabil. Sementara 739 orang telah dikatakan melakukan kontak dekat dengan pasien telah dinyatakan bersih.

Korban jiwa pertama dari wabah virus mematikan ini adalah pembeli di pasar makanan laut yang telah didiagnosa tumor perut dan penyakit hati kronis. Penanganan tidak mampu menolongnya semenjak dilarikan ke rumah sakit dan ia meninggal pada tanggal 9 Januari sore dengan serangan jantung.

WHO mengatakan anggota virus China mematikan baru ini adalah termasuk jenis famili virus yang sama yang menyebabkan SARS dan MERS. Coronavirus adalah sekumpulan virus yang dapat menyebabkan infeksi dari pilek biasa sampai SARS. Beberapa tipe virus menyebabkan penyakit yang tidak terlalu berbahaya  dan sebagian lainnya dapat menyebabkan MERS (Middle Eastern Resipratory Disease) adalah yang jauh lebih parah.

Departemen Kesehatan Hong Kong juga menyatakan bahwa mereka telah memperketat pemeriksaan dan kebersihan di semua ujung perbatasan, termasuk pelabuhan, bandara dan stasiun kereta cepat yang mana merupakan tempat datangnya penumpang dari Kota Wuhan.

Pada tahun 2003, wabah SARS memakan korban jiwa yang menyebar sangat pesat antar kota dan negara. Lebih dari 8.000 orang terinfeksi dan 775 di antaranya mati.

Pernyataan dari WHO Mengenai Virus ini.

WHO mengeluarkan statement mengenai kasus-kasus pneumonia virus mematikan di Wuhan, Cina
Seperti dilansir langsung dari situs resminya, WHO akhirnya angkat bicara.(foto: Freepik)

Sebagai respon dari wabah ini, WHO memberikan pernyataan mengenai kasus-kasus pneumonia yang terjadi di Wuhan, China.

“…WHO akan terus memonitor perkembangan situasi dengan ketat, bersama dengan rekannya, WHO siap untuk memadai bantuan teknis kepada China untuk menginvestigasi dan menanggulangi Wabah ini. Ketentuan awal virus baru ini akan membantu pemerintah di negara lainnya untuk melaksanakan deteksi penyakit dan penanggulangannya. Dalam seminggu ini, orang yang mempunya gejala pneumonia dan rekam jejak wisata ke Wuhan telah diidentifikasi di semua bandara.

WHO tidak menyarankan tindakan spesifik untuk wisatawan. WHO menyarankan agar tidak melakukan larangan wisata atau perdagangan China berdasarkan informasi yang tersedia saat ini.” Demikian pernyataan yang kami ambil dari situs resmi WHO.
Bagi Anda yang baru saja pulang dari wisata ke China, Anda harus waspada karena Anda memiliki kemungkinan terinfeksi virus mematikan ini.

Jika Anda ragu maka segeralah lakukan pemeriksaan! Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara online dari rumah dengan mengunjungi Triasse. Lakukan juga paket pemeriksaan lainnya dengan mudah dan cepat. Jangan lupa juga cek info sehat di Triasse untuk dapatkan informasi terbaik mengenai kesehatan tubuh Anda.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.