Risiko Begadang dan Keuntungan Tidur 7 Jam

Bagikan ke Teman:

Menurut riset, lebih dari sepertiga populasi dunia memiliki kebiasaan begadang dan tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup. Beraktifitas secara berlebihan tidaklah baik. Apalagi jika dalam proses beraktifitas tersebut diselingi konsumsi kafein dan gula. Sayangnya, risiko begadang membuat budaya ini jadi berbahaya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy Sleep Medicine (AASM) mengatakan bahwa tidur selama 6 jam atau kurang dapat beresiko bagi kesehatan seseorang. Tak hanya anak kecil, kita yang sudah dewasa juga membutuhkan istirahat selama 7 jam atau lebih.

Mengapa? Tidur cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bisa mematahkan risiko begadang. Berikut ini adalah info sehat mengenai kesehatan tubuh perihal risiko begadang dan keuntungan tidur 7 jam.

1. Keuntungan Istirahat yang Cukup

Keuntungan Dari Istirahat yang Cukup
Upayakan istirahat setiap harinya dan waktu yang cukup. (foto: Freepik)
  • Berkurangnya kantung mata
  • Tercipta mood yang baik
  • Kemampuan memori yang lebih baik
  • Mampu menyembuhkan radang
  • Meningkatnya kemampuan kerja dari otak dan otot
  • Stabilitas berat badan
  • Menurunkan tingkat stres

Namun apakah istirahat saja cukup? Tentu tidak, Anda juga harus memperhatikan waktu tidur dan kualitas tidur. Yang paling penting, hindari begadang karena mengandung risiko buruk. Upayakan istirahat setiap harinya dan dalam durasi yang sama. Selain itu, kualitas dari tempat tidur dan bantal perlu diperhatikan untuk menopang tulang punggung Anda.

2. Apa Saja Risiko Begadang?

Apa Saja Risiko Begadang?
kurangnya istirahat dapat berakibat pada rusaknya ritme produktifitas kerja dan mood sehari-hari. (foto: Freepik)

Itulah beberapa penyakit yang dapat terpicu oleh begadang. Selain menimbulkan penyakit, risiko begadang juga akibat kurangnya istirahat dapat memberi efek pada rusaknya ritme produktifitas kerja dan mood sehari-hari. Terlebih lagi, ada 100 ribu kecelakaan kendaraan bermotor yang diakibatkan oleh mengantuknya pengendara.

3. Bagaimana Jika Terlalu Banyak Tidur?

Bagaimana Jika Terlalu Banyak Tidur?
tidur dalam durasi yang terlalu lama (tepatnya lebih dari 9 jam) ialah akibat dari sebuah penyakit (foto: Freepik)

Menurut presiden AASM, tidur dalam durasi yang terlalu lama (tepatnya lebih dari 9 jam) ialah akibat dari sebuah penyakit. Jika Anda mengalaminya, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter.

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, untuk itu Triasse hadir untuk membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan Medical Checkup dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Cukup lakukan pemesanan tes darah di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *