Penyebab dan Cara Mencegah Konstipasi

Penyebab dan Cara Mencegah Konstipasi
Businessman holding his stomach in pain on grey wall (lashkidzetim)
Bagikan ke Teman:

Pernah galau karena konstipasi? Konstipasi memang sangat mengganggu. Kondisi ini memang bukan sebuah penyakit kronis akan tetapi kalau dibiarkan juga dapat menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan pencernaan. Penyebab konstipasi bisa dikarenakan beberapa hal.

Konstipasi merupakan salah satu kondisi terjadinya masalah buang air besar yang tidak teratur atau bahkan tidak bisa sama sekali. Kondisi ini ditandai ketika buang air besar susah dengan ukuran tinja yang agak besar dan keras namun bisa juga sangat kecil yang keluar.

Konstipasi ini tergolong dalam salah satu penyakit yang paling umum terjadi utamanya pada wanita terlebih pada ibu hamil dan manula. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab konstipasi, dan bagaimana cara pencegahan yang paling jitu? Semuanya dibahas dalam info sehat mengenai kesehatan tubuh di bawah ini.

Penyebab Konstipasi

penyebab konstipasi
Ada berbagai macam hal yang bisa jadi penyebab konstipasi. (Foto: Freepik)

Penyebab konstipasi yang perlu Anda tahu di antaranya :

Gaya hidup dan psikologis

Kebiasaan sehari-hari Anda sudah dapat berpengaruh pada kesehatan Anda dan dapat menyebabkan konstipasi. Misalnya kurang konsumsi serat dan pola makan yang buruk, kurang konsumsi air, tidak ada waktu atau terlalu sibuk sehingga mengabaikan keinginan untuk buang air besar juga menjadi pemicu konstipasi.

Gangguan pada kolon dan rektum

Kondisi yang dapat menyebabkan konstipasi karena ada permasalahan dan gangguan pada rectum serta juga kolon. Misalnya konstipasi akibat terjadinya gangguan saraf pada kolon dan usus besar yang kemudian menyebabkan gangguan fungsi otot-otot kolon dan rektum yang tidak bisa berkonsentrasi secara normal untuk mendorong kotoran keluar.

Gangguan yang seperti ini biasanya terjadi pada penderita stroke, parkinson dan penderita cedera sumsum tulang belakang. Konstipasi yang terjadi akibat penyumbatan pada rektum atau kolon dapat mengakibatkan penumpukan kotoran yang juga dapat menyebabkan penyempitan usus, prolaps rektum atau kanker usus.

Pengaruh penyakit lain

Dan yang menjadi penyebab konstipasi lainnya adalah karena adanya penyakit lain. Misalnya penyakit diabetes, penyakit hipertiroidisme dan konstraksi usus juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami konstipasi berkala.

Pengaruh obat-obatan

Dan penyebab konstipasi lainnya adalah karena pengaruh obat – obatan. Ada berbagai jenis obat-obatan yang dapat berpengaruh menyebabkan konstipasi. Dan perlu Anda tahu bahwa jika penyebabnya adalah efek samping obat tersebut. Jika obat sudah tidak dikonsumsi lagi maka konstipasi juga akan mereda dan mereda.

Berbagai jenis obat yang memiliki efek samping menyebabkan konstipasi diantaranya pengobatan epilepsi, analgesik atau antidepresan, antasida yang didalamnya mengandung aluminium, pengobatan penyakit kejiwaan dan skizofrenia yaitu anti psikotik. Bahkan suplemen yang kaya kalsium dan zat besi bisa jadi penyebabnya.

Pada masa kehamilan

Pada ibu hamil utamanya pada awal kehamilan, produksi hormon progesteron terlalu banyak yang hal ini dapat mempengaruhi kemampuan dan fungsi usus untuk berkonsentrasi mendorong kotoran berkurang. Karena itu konstipasi sering terjadi pada wanita hamil dan kebanyakan ibu hamil pernah mengalaminya.

Cara Efektif Mencegah Konstipasi

cara mencegah konstipasi
Ada beberapa cara dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah konstipasi. Foto: Freepik)

Ada beberapa cara dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah konstipasi. Beberapa cara untuk mencegah konstipasi di antaranya yaitu jangan terlalu banyak konsumsi minuman yang mengandung kafein didalamnya, dan jangan konsumsi minuman yang banyak mengandung soda dan mengandung kandungan alkohol tinggi.

Upayakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak serat, dan sumber serat paling banyak pada buah dan sayur serta juga kacang-kacangan dan berbagai biji-bijian termasuk pada beras mentah dan sereal. Upayakan perbanyak konsumsi air, dan jangan menunda buang air besar. Jangan lupa juga untuk olahraga minimal 5 menit dalam sehari karena hal ini juga dapat membantu Anda mengurangi resiko konstipasi.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan mengenai Penyebab Konstipasi Dan Cara Mencegah Konstipasi. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terapkan hidup sehat sedari sekarang. Dan bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan Medical Checkup dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Dan cobalah melakukan pemeriksaan melalui Triasse.com.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."