4 Penyakit yang Dapat Merusak Hati, Wajib Diwaspadai

4 Penyakit yang Dapat Merusak Hati, Wajib Diwaspadai
Pria sedang kesakitan di area perut (freepik/racool_studio)
Bagikan ke Teman:

Hati adalah organ tubuh yang mempunyai peran sangat penting untuk tetap menjaga kelangsungan hidup yang mencakupi fungsi seluruh tubuh. Fungsi utama dari hati itu sendiri adalah menetralisir tubuh dari segala racun yang masuk, serta membantu dalam proses produk dari sel darah merah. Tentu beberapa racun tersebut dapat mengakibatkan penyakit hati yang merusak.

Oleh karena itu hati sering sekali berurusan dengan racun-racun dalam darah yang dapat berpotensi merusak tubuh, seperti racun kimia yang mengakibatkan cedera pada hati.

Tapi ajaibnya hati memiliki kemampuan memulihkan diri sendiri atau bisa disebut regenerasi. Nah, untuk lebih detailnya dibawah ini ada beberapa macam penyakit hati.

Hepatitis

Hepatitis

Pada umumnya hepatitis atau peradangan hati ada beberapa macam yaitu antara lain hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan juga hepatitis E. Selain banyak macamnya ternyata hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menular, sehingga patut Anda waspadai karena termasuk penyakit yang dapat merusak hati.

Perlu Anda ketahui bahwa hepatitis A, D, dan E, tidak dapat berkembang biak namun untuk penyakit hepatitis B dan C dapat berkembang biak menjadi hepatitis kronik. Dari data hasil riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan menemukan bahwa di Indonesia, sekitar 9,4 persen penduduk atau sekitar 23 juta jiwa terinfeksi hepatitis B. Oleh sebab itu ada alternatif lain dalam menjaga hati dari keganasan penyakit hepatitis yaitu Anda dapat perbanyak mengonsumsi air putih, sayur dan buah.

Hemochromatosis

Hemochromatosis

Penyakit hati yang kedua adalah hemochromatosis, orang yang mempunyai penyakit hemochromatosis ini akan mengalami beberapa kelainan dalam metabolisme tubuh. Penyakit yang disebabkan kelebihan zat besi sehingga menumpuk pada organ hati.

Namun pada umumnya penyakit hemochromatosis merupakan penyakit yang bersifat keturunan atau genetik.

Sirosis

Sirosis

Sirosis merupakan penyakit yang mengakibatkan kerusakan hati yang menyebabkan fungsi hati terganggu karena banyak jaringan ikat yang ada pada hati. Gejala dari penyakit ini ditandai dengan perut membesar, mata menjadi kuning dan muntah.

Secara medis, tidak bisa disembuhkan secara total sehingga para penderita akan mengalami beberapa komplikasi yang disebabkan oleh penyakit Sirosis yang dimana ini termasuk penyakit yang dapat merusak hati.

Kanker hati

kanker-hati

Kanker Hati adalah penyakit lanjutan dari hepatitis B dan hepatitis C. Penyakit ini berasal dari bagian lain dari tubuh yang menyebar masuk ke dalam hati.

Sama halnya dengan penyakit Sirosis, kanker hati pun tidak dapat disembuhkan. Untuk alternatif lain para ahli medis menyarankan untuk melakukan kemoterapi yang nyatanya hanya bisa memperlambat sedikit dari penyebaran kanker hati itu sendiri.

Kolestasis dan Jaundice

kolestasis dan jaundice
Kolestasis dan jaundice bisa merusak hati. (Foto: Freepik)

Kolestasis dan jaundice merupakan penyakit yang terjadi jika fungsi dari hati gagal dalam memproduksi cairan empedu dalam tubuh.  Tentu hal ini akan bedampak juga pada kegagalan pencernaan dalam penyerapan vitamin dan lemak.

Gejala dari Kolestasis ditandai dari kulit si penderita menjadi berwarna kuning, dan urin berwarna gelap.

Setelah mengetahui bahaya dari penyakit yang dapat merusak hati, apakah Anda sekarang jadi lebih ingin memperhatikan gaya hidup? Untuk Anda yang ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuh dapat menggunakan layanan medical check-up secara rutin dari kami.

Lakukan selalu pemeriksaan melalui Triasse, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Triasse diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Triasse juga menyediakan Paket Skrining Pemeriksaan Hati dan artikel info sehat.

Bagikan ke Teman:
Rinaldi Syahran
Homo Homini Lupus!