6 Penyakit pada Ginjal yang Harus Diwaspadai

Bagikan ke Teman:

Ginjal adalah organ penting pada tubuh yang seringnya hanya dikaitkan pada pengeluaran urin. Padahal, ada berbagai penyakit pada ginjal yang harus diwaspadai karena bisa menyebabkan komplikasi serius dan menyangkut keseluruhan kesehatan tubuh.

Faktanya, ginjal adalah organ tubuh yang vital dan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab ginjal mempunyai fungsi sebagai tempat penyaringan untuk mengeluarkan semua sisa zat metabolisme, sehingga bila ginjal mengalami gangguan, tubuh juga akan mengalami masalah kesehatan.

Karenanya, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai penyakit pada ginjal yang mungkin terjadi agar bisa melakukan tindakan pencegahan.

Gagal ginjal

Ini adalah salah satu jenis penyakit pada ginjal yang paling berbahaya, sebab bisa mengakibatkan kematian. Gagal ginjal ini bisa mengakibatkan hilangnya sebagian, bahkan keseluruhan fungsi bagian ginjal.

Untuk mencegah gagal ginjal, mulailah memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang setiap hari. Kurangi juga konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, seperti pengawet, atau pun kandungan zat berbahaya yang lainnya.

Batu ginjal

Jenis penyakit pada ginjal yang selanjutnya adalah batu ginjal. Penyakit satu ini disebabkan oleh banyaknya benda-benda organik dan mineral yang ada pada bagian ginjal. Batu ginjal ini sendiri terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau pun kantong kemih.

Biasanya ada beberapa cara mencegah penyakit batu ginjal secara alami yang bisa Anda lakukan, seperti halnya dengan sering minum air putih, mengkonsumsi makanan kaya vitamin A dan juga B6.

Diabetes melitus

Diabetes melitus atau penyakit kencing manis disebabkan oleh faktor keturunan, pola makan tidak sehat, dan obesitas. Selain hal itu, penyakit diabetes melitus juga disebabkan oleh rendahnya kadar hormon insulin di dalam tubuh.

Kadar insulin yang rendah bisa mengganggu proses perombakan glukosa jadi glikogen, akibatnya kadar gula di dalam darah jadi meningkat dan juga menyebabkan diabetes. Sangatlah penting untuk mendeteksi penyakit gula ini sejak dini untuk mencegah berbagai komplikasi.

Nefritis glomerulus

Penyakit ini juga sering disebut dengan radang ginjal dan biasanya disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada racun yang telah diproduksi bakteri streptococcus. Penyakit ini biasanya juga menyebabkan sel adarah merah dan juga protein di dalam tubuh tercampur dengan urin. Apabila tidak segera ditangan dengan cepat, nefritis glomerulus bisa semakin parah, dan menyebabkan gagal ginjal.

Diabetes insipidus

Diabetes insipidus juga menjadi salah satu jenis penyakit pada ginjal yang harus Anda waspadai. Namun, perlu Anda tahu bahwasannya penyakit diabates ini dibagi menjadi 2 macam, yakni penyakit diabetes melitus dan juga penyakit diabetes insipidus.

Bila penyakit diabetes melitus ini disebabkan oleh rendahnya kadar insulin, maka untuk penyakit diabetes insipidus ini sendiri terjadi karena tubuh Anda kekurangan hormon antidiuretik atau ADH, sehingga menjadikan tubuh mengeluarkan urin secara berlebih.

Penyakit Anuria

Penyakit anuria disebabkan karena ginjal tidak bisa memproduksi urin. Anuria sendiri disebabkan oleh kurangnya tekanan untuk bisa menyaring darah atau pun filtrasi darah di dalam ginjal. Anuria

juga bisa disebabkan oleh adanya radang di glomerulus atau organ penyaring darah di ginjal. Penyebab utama penyakit anuria ini adanya terjadinya penyempitan di arterial afferent oleh hormon epinefrin dan juga radang.

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, alangkah lebih baik jika melakukan pemeriksaan Medical Checkup atau mungkin jika Anda ingin melakukan tes darah contohnya seperti Pemeriksaan Fungsi Ginjal cobalah untuk melakukan pemeriksaan melalui Pesanlab.com.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."