Radang Tenggorokan: Cara Obati, Gejala, dan Sebab
Tampak Dekat Seorang Pria yang Pegang Tenggorokannya (freepik/freepik)

Radang Tenggorokan: Cara Obati, Gejala, dan Sebab

Bagikan ke Teman:

Radang tenggorokan adalah rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Nyeri di tenggorokan adalah satu gejala yang paling umum. Setiap tahunnya, di seluruh dunia, dokter di semua dunia berjumpa dengan pasien yang menderita sakit tenggorokan hingga 13 juta kali.

Mengutip dari Health Line, sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi atau faktor lingkungan seperti udara kering. Radang tenggorokan membuat seseorang merasa tidak nyaman, tapi bisa sembuh dengan sendirinya.

Radang tenggorokan dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan bagian tenggorokan yang mereka pengaruhi: Faringitis yang mempengaruhi area tepat di belakang mulut. Tonsilitis merupakan kondisi pembengkakan dan kemerahan yang terjadi pada amandel, jaringan lunak di bagian belakang mulut. Laringitis merupakan kondisi pembengkakan dan kemerahan yang terjadi pada kotak suara, atau laring.

Gejala Radang Tenggorokan

Sakit Tenggorokan
Tangan Dokter Memegang Tenggorokan Pasien (freepik/freepik)

Gejala radang tenggorokan dapat bervariasi, tergantung dengan apa yang menyebabkannya. Sakit tenggorokan bisa membuat Anda merasa gatal, kering, hingga kesal. Penyakit ini membuat Anda menjadi sulit untuk menelan makanan atau berbicara. Tenggorokan atau amandel Anda mungkin juga bakal terlihat menjadi warna merah.

Namun terkadang, ada bercak putih atau nanah yang terbentuk di amandel. Bercak putih ini lebih umum di radang tengorokan yang disebabkan oleh virus. Ketika Anda sakit tenggorokan, maka akan menderita gejala seperti hidung tersumbat, pilek, bersin, batuk, demam, panas dingin, kelenjar bengkak di leher, suara serak, pegal-pegal, sakit kepala, kesulitan menelan makanan, hingga kehilangan nafsu makan.

Radang Tenggorokan Akut

Namun, jika radang tenggorokan yang Anda alami sudah lebih tujuh hari, Anda harus mendapatkan perawatan yang serius oleh dokter. Tanda-tanda radang tenggorokan yang kronis adalah: sakit tenggorokan yang parah, kesulitan menelan, kesulitan bernafas atau sakit saat bernafas, kesulitan membuka mulut, demam yang lebih tinggi lebih dari 38 derajat Celsius, leher yang sakit atau kaku, sakit telinga, darah dalam air liur atau dahak Anda, radang tenggorokan yang berlangsung selama lebih dari satu minggu.

Radang tenggorokan umumnya tidak menimbulkan komplikasi. Namun bila kondisi terus dibiarkan tanpa penanganan, infeksi dapat menyebar dan menyebabkan sejumlah komplikasi, seperti: infeksi telinga, peradangan pada sinus (sinusitis), demam reumatik, gangguan serius yang dapat merusak katup jantung, gangguan ginjal glomerulonephritis, timbul abses (penumpukan nanah) pada tenggorokan.

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Makanan Berminyak Penyebab Radang Tenggorokan
Lelaki memakan hamburger berminyak, dan berlemak (freepik/bilahata)

Pada umumnya radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptokokus grup A. Namun, bakteri lain juga dapat menjadi pemicu seperti N. gonorrhoeae, C. diphtheria, dan H. influenza. Radang tenggorokan akibat serangan infeksi virus biasanya dipicu oleh rhinovirus, adenovirus, parainfluenza virus, dan coxsackie virus. Sedangkan reaksi alergi terhadap allergen yang memicu gangguan ini bisa bermacam-macam. Misalnya: udara kering, debu, serbuk sari, makanan atau kebiasaan merokok.

Nah, salah satu penyebab radang tenggorokan adalah makanan. Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan reaksi alergi pada tenggorokan. Berikut beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat saat kondisi tubuh sedang mengalami flu seperti batuk atau pilek. Namun jika dikonsumsi berlebihan, makanan pedas dapat memicu infeksi pada tenggorokan. Konsumsi makanan pedas berisiko besar menghasilkan radang tenggorokan. Apalagi, jika kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat.

Sebaiknya hindari makanan pedas seperti sambal, bubuk cabai, cengkeh, lada hitam, pala, dan rempah-rempah dengan rasa pedas saat kondisi badan sedang tidak fit.

Makanan Asam

Salah satu makanan penyebab radang tenggorokan adalah makanan yang bersifat asam. Zat asam yang ada pada makanan bisa menimbulkan iritasi pada tenggorokan dan juga mengakibatkan peradangan. Makanan dan minuman yang termasuk asam seperti cuka, aneka jeruk, asam jawa, dan atau acar.

Alih-alih mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam dengan maksud melegakan tenggorokan, Anda bisa mencoba untuk meminum segelas jahe yang hangat.

Makanan Kering dan Keras

Makanan kering, keras, dan atau memiliki tekstur kasar bisa menyebabkan radang tenggorokan. Makanan-makanan yang tergolong dalam kategori ini dapat membuat tenggorokan menjadi kering dan melukainya.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Silver
Rentang Harga Mulai dari Rp. 445.500

Contoh makanannya seperti, biskuit, kue kering, sereal, dan kacang-kacangan. Agar dapat mengonsumsi makanan ini tanpa melukai tenggorokan, maka Anda harus melunakkannya atau meminum air putih dalam jumlah banyak setelah memakannya.

Makanan Berminyak

Banyak makanan yang ada di Indonesia mengandung minyak, seperti gorengan. Para ahli kesehatan sepakat bahwa makanan dengan banyak minyak tak dianjurkan untuk dikonsumsi baik dalam kondisi kesehatan kurang sehat atau sehat sekalipun.

Minyak dapat memberi dampak buruk bagi tenggorokan. Selain itu minyak juga merupakan pemicu kolesterol, jerawat, jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Kafein dan Alkohol

Secangkir kopi yang panas bisa menghangatkan tubuh saat sedang flu, tetapi kandungan kafein di dalamnya akan menjadi penyebab rasa gatal pada tenggorokan Anda. Rasa gatal ini bila terus ada, maka akan berubah menjadi radang tenggorokan.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Selain kafein, konsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat kering area tenggorokan yang berujung pada radang tenggorokan. Anda harus mengimbangi meminum alkohol dengan air putih secara cukup, maka radang tenggorokan bisa dihindari.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah

Minum Teh Hangat Sebagai Cara Mengobati Radang Tenggorokan
Lekaki berbaju sweater yang memakai syal menderita radang tenggorokan sambil pegang secangkir teh (freepik/drobotdean)

Sebagian besar, penyakit radang tenggorokan bisa diobati di rumah. Anda hanya butuh istirahat yang cukup untuk memberi kesempatan pada sistem kekebalan Anda melawan infeksi. Pasalnya, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam dua hingga tujuh hari.

Untuk meringankan dan mengobati radang tenggorokan, Anda harus coba langkah-langkah berikut ini:

  • Berkumur dengan campuran air hangat dan garam sebanyak 1/2 hingga 1 sendok teh.
  • Minum cairan hangat untuk menenangkan sakit di tenggorokan, seperti sup kaldu, teh panas dengan madu, atau air hangat dengan lemon. 
  • Dinginkan tenggorokan dengan konsumsi makanan dingin, seperti es krim.
  • Hisap sepotong permen.
  • Istirahatkan suara sampai tenggorokan jadi lebih baik.
  • Jika Anda perokok dan mengidap laringitis akut, maka berhenti melakukan aktivitas tersebut. Berhenti merokok bisa memberikan dampak positif ketika radang tenggorokan yang Anda idap disebabkan oleh infeksi. Dengan Anda berhenti merokok maka waktu penyembuhan radang menjadi semakin cepat.
  • Ketika Anda mengidap laringitis akut ini, jauhi tindakan-tindakan yang dapat memperburuk kondisi tenggorokan, seperti memakan makanan berminyak. Menghindari jenis makanan ini berguna dalam mengurangi risiko yang menjadi penyebab iritasi tenggorokan menjadi bertambah.
  • Menghilangkan radang tenggorokan bisa dengan menghirup udara lembap. Udara yang menghampiri saluran napas bagian atas bisa membantu untuk membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan.

Obat Radang Tenggorokan di Apotek 

Obat Sakit Laring
Tangan Memegang Obat Berbentuk Tablet (freepik/freepik)

Anda juga bisa menemukan obat radang tenggorokan dengan mudah di lingkungan sekitar. Anda bisa membelinya di apotek dan minimarket.

Berikut obat yang bisa Anda beli untuk meredakan hingga mengobati penyakit ini.

Derigol

Obat Degirol ampuh dalam menyembuhkan radang tenggorokan, inflamasi yang terjadi di rongga mulut dan tenggorokan, serta infeksi yang terjadi di selaput lendir mulut.

Degirol adalah tablet hisap dengan perasa lemon. Tablet hisap ini mudah untuk dikonsumsi bagi Anda yang sulit menelan tablet. Obat ini mudah ditemukan di apotik mana saja. Namun Anda perlu ingat, obat ini jangan digunakan oleh anak di bawah usia 10 tahun dan penderita diabetes.

Hexadol

Obat kumur Hexadol memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Hexadol diklaim dapat membunuh 99 persen virus yang menjadi penyebab sakit tenggorokan dalam waktu 30 detik, sehingga penyakit menjadi tidak bertambah parah.

Selain digunakan untuk radang tenggorokan, Hexadol bisa digunakan untuk mengatasi sariawan, pendarahan gusi, dan juga bau mulut.

Strepsils

Obat permen hisap Strepsils berfungsi meredakan peradangan pada tenggorokan, nyeri dan bau pada mulut. Strepsils punya kandungan antibakteri dan antiseptik yang ampuh dalam membasmi virus dan bakteri.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Gold
Rentang Harga Mulai dari Rp. 949.500

Obat Strepsils punya berbagai macam rasa seperti madu, stroberi, lemon, mint, dan lainnya yang bisa meredakan rasa gatal.

Tantum Lozenges

Tablet hisap Tantum Lozenges mampu meringankan rasa sakit yang menghinggapi rongga mulut dan tenggorokan. Tablet ini ini juga acapkali digunakan untuk penyakit lainnya seperti tonsilitis, sariawan, faringitis, gingivitis dan penyakit sejenis lainnya.

Tablet hisap Tantum Lozenges biasa diberikan juga setelah Anda melakukan pencabutan gigi. Di dalam Tantum  ada zat benzydamine yang amat ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan kuman.

Antibiotik

Pada kasus laringitis yang terjadi karena bakteri, antibiotik berguna karena itu diperuntukkan untuk melawan bakteri.

Nah, untuk radang tenggorokan yang disebabkan virus, antibiotik tidak berguna sama sekali.

Kortikosteroid

Terkadang, kortikosteroid dapat membantu mengurangi peradangan pita suara. Namun, pengobatan ini hanya digunakan ketika ada kebutuhan mendesak, misalnya Anda perlu menggunakan suara untuk bernyanyi, memberikan pidato atau presentasi lisan, maupun dalam beberapa kasus laringitis yang berhubungan dengan balita.

Untuk mendapatkan obat tersebut, Anda harus mempunyai resep dari dokter.

Itu dia pembahasan info sehat mengenai kesehatan tubuh perihal radang tenggorokan. Bila butuh tes kesehatan, ingat Triasse ya! Karena Kami memberikan harga dan pelayanan terbaik.

Bagikan ke Teman:
Rinaldi S
Homo Homini Lupus!