Peduli Kesehatan Jantung Sejak Dini, Ini Caranya

Kesehatan Jantung
Bagikan ke Teman:

Sampai sekarang menurut WHO (World Health Organization) penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan dan merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Diperkirakan 17,3 juta kematian disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler atau penyakit yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung tergolong penyakit yang dapat dengan mudah menyerang setiap orang. Penyakit jantung sendiri wajib diwaspadai karena bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang waktu, biasanya orang yang menerapkan gaya hidup tidak sehat dapat mudah terserang penyakit ini.

Supaya Anda tidak terserang penyakit ini, penting untuk jaga kesehatan jantung sedari dini. Berikut ini info sehat mengenai kesehatan tubuh perihal beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan jantung:

Olahraga Ringan

Olahraga Ringan
Para ahli dibidang kesehatan menyarankan agar rutin melakukan olahraga sekitar 75 menit per minggu (foto: Freepik)

Para ahli dibidang kesehatan menyarankan agar rutin melakukan olahraga sekitar 75 menit per minggu. Hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap prima dan untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Hindari mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti gorengan-gorengan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung
Gejala dari orang yang terindikasi memiliki penyakit jantung adalah rasa nyeri yang terkadang dirasakan pada bagian dada sebelah kiri (foto: Freepik)

Gejala dari orang yang terindikasi memiliki penyakit jantung adalah rasa nyeri yang terkadang dirasakan pada bagian dada sebelah kiri. Umumnya indikasi utama dari gejala-gejala penyakit jantung adalah sesak nafas yang dibarengi dengan keringat dingin yang keluar dari tubuh.

Hal yang menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung sebetulnya adalah karena pola hidup yang kurang sehat, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan merokok menjadi penyebab utama.

Merokok Berpengaruh pada Kesehatan Jantung

Merokok Berpengaruh Pada Kesehatan Jantung
Diperkirakan, sebanyak 20%  kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan buruk dari merokok (foto: Freepik)

Diperkirakan, sebanyak 20 persen  kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan buruk dari merokok. Orang yang mengkonsumi rokok lebih rentan terkena penyakit jantung lebih tinggi, karena rokok sendiri mempunyai racun yang dapat merusak sistem kerja normal jantung, sehingga jantung tidak dapat bekerja secara maksimal.

Dalam satu batang rokok terdapat 4000 bahan kimia dan diantaranya terkandung zat beracun, yang dimana 70 bahan dari racun tersebut bersifat kanker.

Hindari Stres

Hindari Stres
Stres ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi jantung yang efeknya menyebabkan hormon adrenalin pada jantung berdebar dan tekanan darah menjadi naik (foto: Freepik)

Stres ternyata juga dapat mempengaruhi kondisi jantung yang efeknya menyebabkan hormon adrenalin pada jantung berdebar dan tekanan darah menjadi naik. Orang yang mengalami stres pembuluh darahnya akan menyempit sehingga mempersulit dari ruang kerja aliran darah dalam tubuh.

Atur Pola Tidur

Atur Pola Tidur
Buatlah pola tidur Anda secara teratur tujuannya dalah untuk menjaga kestabilan detak jantung Anda (foto: Freepik)

Buatlah pola tidur Anda secara teratur tujuannya dalah untuk menjaga kestabilan detak jantung Anda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kondisi jantung yang prima dan dapat berkerja secara normal.

Risiko terkena penyakit jantung dapat menimpa siapa saja, dimana saja tanpa megenal usia dan waktu. Oleh karena itu mulai dari sekarang jaga pola hidup Anda karena kesehatan jantung merupakan hal yang penting dalam tubuh. Selain memperhatikan pola hidup perhatikan juga pola makan yang nantinya akan dikonsumsi.

Untuk memastikan apakah Anda memiliki risiko penyakit jantung atau tidak, bagusnya untuk periksakan diri dengan cara melakukan tes darah di laboratorium. Lakukan selalu pemeriksaan melalui Triasse.com, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Triasse di antaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan!

Bagikan ke Teman: