Wajib Tahu! 10 Obat Sakit Gigi Alami yang Paling Ampuh

Wajib Tahu! 10 Obat Sakit Gigi Alami yang Paling Ampuh
Cewek lagi sakit gigi (freepik/freepik)
Bagikan ke Teman:

Meski terdengar sepele, namun sakit gigi bukanlah sebuah penyakit yang bisa diremehkan. Pasalnya, meskipun bagian yang sakit hanyalah salah satu sudut gigi namun rasa sakitnya bisa menjalar ke seluruh tubuh. Orang yang sakit gigi akan merasakan sakit yang luar biasa, bahkan mood bisa hilang dan tak bisa melakukan apa-apa. Selain itu orang yang sakit gigi juga dapat kehilangan nafsu makan secara signifikan lantaran sulit menahan rasa sakit.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh gigi berlubang, ada juga yang disebabkan oleh keretakan gigi. Tak hanya itu, sakit gigi juga dapat disebabkan oleh gigi sensitif, tumbuh gigi bungsu geraham, gusi bengkak, serta masalah kesehatan gigi lainnya. Namun tak perlu khawatir, terdapat banyak pilihan obat sakit gigi yang bisa Anda coba untuk meredakan sakit gigi.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Obat sakit gigi alami yang dapat Anda temukan dengan mudah di pasar, dan dapur, ataupun obat sakit gigi di apotik, keduanya sama-sama ampuh dalam menghilangkan sakit gigi serta mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan olehnya. Nah, berikut ini Triasse akan membahas info sehat mengenai kesehatan tubuh perihal 10 obat sakit gigi alami paling ampuh yang bisa Anda coba gunakan untuk mengurangi nyeri ataupun menyembuhkan sakitnya.

Bawang Merah

Bawang Merah
Bawang merah dengan latar putih (freepik/filistimlyanin)

Gejala sakit gigi meliputi berbagai keluhan yang tergantung dari kondisi gigi tersebut. Keluhan tersebut bisa berupa nyeri ringan maupun nyeri berat yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Sakit gigi juga dapat menyebabkan sensasi seperti ditusuk-tusuk hingga timbul sakit kepala dan demam. Tak hanya itu, gejala sakit gigi juga bisa disertai dengan keluhan lain seperti: bau mulut tidak sedap, nyeri saat mengunyah, pembengkakan gusi, sulit menelan, sakit saat membuka mulut, sesak napas, dan sakit telinga. Sakit gigi bisa diobati dengan bahan alami.

Obat sakit gigi alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sakit gigi adalah bawang merah. Mirip dengan garam, bawang merah sangat baik untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Bawang merah memiliki kandungan antimikroba dan antiseptik yang dapat mengendalikan rasa nyeri ketika sakit gigi. Gunakan bawang merah dengan cara mengunyahnya secara langsung, atau haluskan terlebih dahulu lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Anda sebaiknya melakukan cara ini sebanyak minimal 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang Putih

Bawang Putih Sebagai Obat Sakit Gigi
Bawang putih segar di dalam keranjang tampak atas (freepik/freepik)

Tak hanya bawang merah, bawang putih juga merupakan obat sakit gigi alami untuk meredakan nyeri gigi. Bawang putih memiliki kandungan antiseptik alami yang membunuh kuman penyebab sakit gigi. Bawang putih memiliki kemampuan melepas allicin dan menghasilkan minyak alami yang berguna untuk melawan bakteri.

Sama dengan bawang merah, Anda bisa langsung mengunyah bawang putih sebagai obat atau menempelkan irisan bawang putih pada bagian gigi yang sakit. Cara ini bisa Anda lakukan selama 3 kali dalam sehari. Hindari makan atau minum selama beberapa waktu setelah mengobati gigi dengan bawang putih.

Garam

Garam Laut
Garam laut ke luar dari tempat garam (freepik/8photo)

Saat sakit gigi pertama kali menyerang, Anda bisa menjajal salah satu obat sakit gigi alami yang paling ampuh untuk meredakan sakit, yaitu garam. Garam memiliki kandungan anti-inflamasi serta anti-bakteri yang sangat ampuh untuk meredakan sakit gigi. Terutama sakit gigi karena gigi berlubang.

Selain meredakan nyeri, garam juga sangat baik digunakan untuk perawatan gigi berlubang. Cara penggunaan garam untuk atasi sakit gigi sangat mudah, cukup larutkan 1 sendok garam ke dalam 1 gelas air lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Fokuskan kumur pada bagian gigi yang terasa sakit selama beberapa lama. Lakukan cara ini berulang hingga 3 kali sehari dalam seminggu. Anda akan merasakan efek berkurangnya rasa sakit dalam beberapa hari setelah mencoba cara ini.

Cuka Apel

Cuka Apel sebagai Obat sakit gigi
Botol berisi cuka apel (freepik/vasiliybudarin)

Obat sakit gigi alami lain yang bisa Anda coba adalah cuka apel atau cuka dapur. Terdapat kandungan antimikroba serta antibakteri pada cuka apel yang dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

Larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Atau bisa juga dengan menempelkan gulungan kapas kecil yang telah ditetesi cuka apel ke bagian gigi yang sakit. Dengan cara ini, dalam beberapa hari kedepan rasa sakit gigi Anda akan mereda.

Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh untuk Obat Sakit Gigi Alami
Daun dekat mangkuk berisi cengkeh (freepik/freepik)

Salah satu resep tradisional nenek moyang untuk menghilangkan sakit gigi adalah minyak cengkeh. Cara ini sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu dan terbukti berhasil meredakan nyeri saat sakit gigi.  Minyak cengkeh memiliki kandungan eugenol yang berfungsi sebagai anestesi alami penghilang sakit gigi. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cengkeh utuh atau bubuk cengkeh untuk mengurangi sakit gigi.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Silver
Rentang Harga Mulai dari Rp. 445.500

Caranya, teteskan minyak cengkeh pada gulungan kapas kecil lalu tempelkan kapas tersebut ke bagian gigi yang sakit. Jika Anda memilih cengkeh utuh atau bubuk, cukup letakkan saja pada bagian yang sakit lalu diamkan selama beberapa saat. Cara ini sangat manjur jika Anda melakukannya secara rutin.

Kompres Dingin/Es Batu

Es Batu Kotak yang hancur
Es batu kotak bertekstur hancur (freepik/xamtiw)

Anda dapat menggunakan kompres dingin/es batu sebagai obat sakit gigi alami. Kompres dingin/es batu akan membuat pembuluh darah di area yang sakit menjadi kecil, sehingga bengkak dan radang yang membuat sakit gigi bisa berkurang. Agar obat ini bisa diterapkan, caranya adalah dengan membungkus beberapa buah es batu di dalam handuk bersih, kemudian tempelkan kompres pada sisi pipi gigi yang mengalami sakit selama lebih kurang 20 menit. Keefektifan kompres dalam mengurangi sakit gigi adalah dengan menerapkannya secara berulang setiap beberapa jam sekali.

Kantong Teh Peppermint

Kantong Teh Peppermint
Kantong teh 3d vektor (freepik/vectorpocket)

Kantong teh peppermint dipercaya dapat obat sakit gigi dan gusi yang meradang. Untuk bisa mengaplikasikan kantong teh peppermint sebagai obat, maka Anda harus menunggu kantong ini hingga tak terlalu panas tetapi masih terasa hangat. Lalu tempelkan pada gigi Anda yang sakit. Terdapat metode lain untuk mengaplikasikannya, yakni dengan mendinginkan kantong teh ini di freezer selama beberapa menit. Selepas itu, tempelkan kantong teh pada gigi yang sakit.

Ekstrak Vanila

Ekstrak Vanila
Vanila kering di atas meja kayu (freepik/sokor)

Ekstrak vanila dapat menjadi obat sakit gigi alami yang bisa Anda coba. Kandungan alkohol yang ada di dalam ekstrak vanila, membuatnya dipercaya bisa mengurangi sakit gigi dan gusi. Cara mengaplikasikannya ialah dengan menempelkan sedikit ekstrak vanila ke atas permukaan jari atau kapas. Lalu, tempelkan ekstrak tersebut ke daerah gigi yang terasa sakit setiap hari sampai sembuh.

Daun Jambu

Buah dan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Sakit Gigi
Tangan menggapai jambu biji di pertanian organik (freepik/mistergotjj)

Daun jambu memiliki kandungan berupa anti-peradangan yang dapat mengobati luka di tubuh manusia. Bagian tumbuhan jambu ini juga mengandung anti-mikroba yang dapat membantu pemulihan sakit yang ada di mulut. Dengan mengunyah daun jambu yang sebelumnya telah Anda cuci bersih, maka sakit gigi bisa berkurang. Terdapat metode lain untuk mengaplikasikan obat sakit gigi alami ini dengan cara menambahkan irisan daun jambu ke dalam air yang mendidih yang bertujuan membuat obat kumur alami.

Lemon

Buah Lemon Matang dan Mentah
Tampak atas lemon kuning dan hijau yang segar dengan daun hijau berlatar biru (freepik/stockking)

Buah lemon tak hanya baik sebagai peningkat sistem imun tubuh. Antiseptik dan antibakteri yang ada di dalam buah ini efektif dalam meredakan sakit gigi. Cara memakai lemon untuk meredakan sakit gigi adalah dengan memerasnya, dan membiarkan tetesan air perasan menyentuh bagian gigi Anda yang terasa sakit. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan sedikit air perasan buah lemon bersama sedikit air, lalu dituangkan ke kapas yang ditempelkan pada gigi yang sakit.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Gold
Rentang Harga Mulai dari Rp. 949.500

Perlu diingat, meskipun alami, bahan-bahan yang telah disebutkan di atas tetap dapat menimbulkan efek samping, seperti alergi dan juga peradangan jaringan. Jadi, perlu kehati-hatian dalam menggunakannya. Bila Anda tidak sembuh juga, konsultasikan penyakit ke dokter gigi, agar dapat secara pasti mengetahui penyebab dari kondisi sakit yang Anda alami. Kalau memang dokter merekomendasikan tes darah, maka jangan segan untuk memesan online paket pemeriksaan kesehatan di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Rinaldi Syahran
Comeback is Real!