Banyak Manfaat, Ini Pentingnya Donor Darah
Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang berputar dalam tubuh. Tiap sel darah akan dipecah lalu kemudian diganti dengan sel darah baru setiap 120 hari. Sedangkan darah hasil donor ini hanya bisa bertahan hingga 42 hari. Selain itu, pentingnya donor darah adalah karena juga bermanfaat bagi kesehatan. (foto: Freepik)

Banyak Manfaat, Ini Pentingnya Donor Darah

Bagikan ke Teman:

Darah merupakan sesuatu yang dapat dengan mudah kita donasikan. Ini karena tubuh akan terus mengisi ulang kembali untuk menggantikan darah yang hilang. Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang berputar dalam tubuh. Tiap sel darah akan dipecah lalu kemudian diganti dengan sel darah baru setiap 120 hari. Sedangkan darah hasil donor ini hanya bisa bertahan hingga 42 hari. Selain itu, pentingnya donor darah adalah karena juga bermanfaat bagi kesehatan.

Donor darah merupakan proses yang dijamin aman. Darah dari setiap pendonor akan dikumpulkan lewat jarum steril sekali pakai, kemudian ditampung dalam kantong darah steril. Faktanya, PMI membutuhkan kurang lebih 5 juta kantong darah setiap tahunnya. Namun, data pada tahun 2013 menyatakan bahwa Indonesia masih kekurangan stok darah bahkan mencapai setengah dari total yang diperlukan.

Siapa Saja yang Boleh Mendonorkan Darah?

pentingnya donor darah
Donor darah merupakan proses yang dijamin aman. Darah dari setiap pendonor akan dikumpulkan lewat jarum steril sekali pakai, kemudian ditampung dalam kantong darah steril. (foto: Freepik)

Umumnya, semua orang yang berusia 17-65 tahun boleh melakukan donor darah. Akan tetapi calon pendonor terlebih dahulu harus lolos pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darahnya, baru kemudian seseorang itu dianggap layak untuk mendonorkan darah.

Beberapa ketentuannya adalah sang pendonor harus memiliki berat badan tidak kurang dari 45 kilogram dan sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu, tekanan darah harus berada pada angka 100-170 (sistolik) dan 70-100 (diastolik). Kadar hemoglobin darah saat pemeriksaan harus berkisar antara 12,5g% – 17g%.

Apabila Anda sedang berada dalam masa pengobatan antibiotik resep, Anda harus menyelesaikan resep tersebut hingga tuntas terlebih dahulu sebelum mendonorkan darah. Dan bagi Anda yang baru saja memiliki tato, biasanya Anda akan diharuskan untuk menunggu setidaknya sampai satu tahun dulu baru kemudian dapat melakukan donor darah.

Berikut ini beberapa kondisi yang tidak diperbolehkan melakukan donor darah.

  • Menderita kanker
  • Mengidap penyakit jantung dan paru-paru
  • Menderita hipertensi
  • Ketergantungan narkoba
  • Kecanduan minuman beralkohol
  • Mengidap atau berisiko tinggi terhadap HIV/AIDS
  • Memiliki infeksi akut yang sedang diobati dengan resep antibiotik
  • Memiliki diabetes
  • Menderita epilepsi dan sering kejang
  • Mengidap sipilis
  • Memiliki kecenderungan perdarahan abnormal atau kelainan darah lainnya
  • Menderita atau pernah menderita hepatitis B atau C
  • Sedang hamil — tunggu setidaknya enam minggu setelah melahirkan
  • Tidak diperkenankan untuk mendonorkan darah atas anjuran dokter karena alasan kesehatan lain

Manfaat Donor Darah secara Teratur

pentingnya donor darah
Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan darah, karena sejatinya darah memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa untuk mengganti semua sel dan cairan yang telah hilang. (foto: Freepik)

Pentingnya donor darah adalah karena dapat menyelamatkan nyawa mereka yang membutuhkan. Beberapa kondisi yang pada umumnya membutuhkan donor darah seperti kecelakaan, transplantasi organ, atau menderita penyakit anemia, hemofilia, kanker, dan lainnya. Nyatanya, donor darah tidak hanya memberi manfaat bagi si penerima, namun juga kepada sang pemberi.

Merangkum berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat pentingnya donor darah yang akan Anda rasakan jika melakukannya secara rutin.

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Salah satu manfaat donor darah adalah aktivitas ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Hal ini memicu sumsum tulang belakang untuk segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang telah hilang.

Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan hanya dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang lebih segar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Buat Darah Mengalir Lebih Lancar

Manfaat donor darah lainnya adalah membantu memperlancar aliran darah sehingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Mendonorkan darah juga disebut membuat tubuh lebih jarang sakit, bahkan dapat menghindari Anda dari kanker, stroke, dan serangan jantung.

3. Membantu Menyelamatkan Nyawa

Banyak nyawa akan Anda diselamatkan dan banyak harapan yang bisa diberikan jika Anda melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, bahkan kepada bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.

4. Bagian dari Periksa Kesehatan

Mendonorkan darah faktanya juga dapat digunakan sebagai pemeriksaan kesehatan untuk diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat dan mengecek apakah Anda menderita kondisi penyakit tertentu atau tidak. Jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah Anda akan lolos dan dapat disumbangkan, namun jika tidak, Anda akan diberitahu apa Anda sedang mengidap penyakit tertentu.

Donor darah sebaiknya memang dilakukan secara teratur. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan darah, karena sejatinya darah memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa untuk mengganti semua sel dan cairan yang telah hilang. Jadi jangan ragu lagi untuk melakukan donor darah!

Selain menjaga kesehatan dengan rutin mendonorkan darah, pastikan lagi dengan melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala. Lakukan medical check-up dua kali dalam satu tahun untuk memastikan segalanya baik-baik saja dengan tubuh Anda.

Triasse kini hadir untuk membantu Anda melakukan pengecekan kesehatan tubuh di laboratorium dengan lebih mudah. Hanya dengan mengakses Triasse.com Anda bisa memesan berbagai paket pengecekan lab di berbagai laboratorium terpercaya di Indonesia. Hasilnya juga bisa Anda dapatkan secara online. Cek Triasse sekarang, untuk paket pengecekan lab dan juga artikel info sehat lainnya.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.