Langkah Sederhana Cegah Kanker Sedini Mungkin
Kanker dapat disebabkan oleh lingkungan dan makanan. Tidak hanya konsumsi makanan sehat, cara lain cegah kanker adalah dengan banyak bergerak. (Foto: Freepik)

Langkah Sederhana Cegah Kanker Sedini Mungkin

Bagikan ke Teman:

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Pertumbuhan penyakit kanker di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Perempuan paling banyak terkena kanker payudara dan leher rahim, sedangkan laki-laki banyak terserang kanker paru-paru dan usus. Padahal, cegah kanker dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Kanker dapat disebabkan melalui lingkungan dan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk memakan makanan bernutrisi. Tidak hanya makanan, cara lain mencegah kanker adalah dengan banyak bergerak, sebab risiko kanker akan meningkat jika tubuh kurang aktif digerakkan. 

Di bawah ini adalah info sehat tentang kesehatan tubuh mengenai pencegahan kanker, yang disarikan dari berbagai sumber yang telah dirangkum Triasse:

Ubah Pola Makan

langkah sederhana cegah kanker
Cegah kanker dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengelola berat badan. (Foto: Freepik)

Langkah pertama adalah menjaga pola makan. Anda sangat disarankan untuk mulai menghindari makanan cepat saji dan mengganti dengan makanan sehat.

Kanker memang dapat dicegah dengan obat-obatan kimia, akan tetapi hal ini dapat mengakibatkan efek samping pada tubuh. Oleh karena itu untuk terhindar dari penyakit ini, mulailah untuk lebih sering mengonsumsi makanan-makanan alami. Antara lain adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat anti kanker seperti brokoli, teh hijau, blueberry, bawang putih, kunyit, dan tomat. Makanan berpigmen oranye seperti jeruk, mangga, tomat, pepaya, dan wortel mengandung beta karoten, lutein, dan lycopene juga disebut dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Selain itu, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan magnesium. Magnesium adalah salah satu nutrisi yang ampuh untuk mencegah kanker. Magnesium mudah ditemukan dalam kacang almond, biji wijen, biji bunga matahari, lemon, apel, seledri, dan sayuran berwarna hijau gelap. Dosis yang dianjurkan adalah 200 sampai 800 mg per hari.

Menjaga Berat Badan Ideal

Langkah selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Berat badan ideal penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh. Memang tidak semua, tapi telah banyak kasus yang menunjukkan bahwa orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih besar akan terkena kanker. Makan secara berlebihan dapat memicu obesitas dan meningkatkan risiko kanker.

Cegah Kanker dengan Aktivitas Fisik

cegah kanker dengan aktivitas fisik
Duduk secara terus-menerus selama berjam-jam tiap hari meningkatkan risiko kanker. (Foto: Freepik)

Seperti yang kita ketahui, aktivitas luar rumah di kota-kota besar umumnya relatif sedikit, disebabkan berbagai hal seperti tingginya polusi udara, padatnya lalu lintas, kekhawatiran terhadap tindak kriminal, dan kurangnya sarana untuk berjalan seperti trotoar atau taman. WHO menyatakan kurangnya aktivitas fisik menjadi penyebab kematian keempat tertinggi di dunia. Duduk secara terus-menerus selama berjam-jam tiap hari adalah faktor risiko utama penyebab obesitas dan penyakit-penyakit tidak menular seperti sakit jantung, diabetes, dan kanker.

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti berjalan kaki di sekitar rumah pada tiap hari selama 15-30 menit mampu meningkatkan metabolisme tubuh, terutama menyehatkan jantung dan paru-paru. Lebih jauh lagi, aktivitas semacam itu mampu mengurangi risiko kematian karena penyakit kanker.

Rutin olahraga yang sederhana juga dapat membantu Anda menurunkan risiko kanker. Seperti olahraga lari atau berjalan cepat di sekitar rumah bisa membuat kondisi badan tetap fit. Selain itu, Anda juga perlu secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan demi diagnosa sedini mungkin. Apabila pola hidup sehat ini dijalankan, maka dipercaya ampuh menurunkan risiko terkena kanker.

Selain menjalankan gaya hidup sehat dengan pengaturan pola makan dan olahraga, jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan secara teratur. Lakukan medical check-up setidaknya dua kali setahun sebagai tindak pencegahan dan pendeteksian dini. Triasse.com menyediakan berbagai paket medical check-up yang bisa Anda pilih dan menawarkan cara yang lebih mudah dan praktis.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."