Kelenjar Tiroid Sebabkan Kolesterol Tinggi, Apa Hubungannya?

Kelenjar Tiroid Sebabkan Kolesterol Tinggi, Apa Hubungannya?
Kadar hormon tiroid dalam darah bisa menyebabkan kolesterol tinggi. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Kolesterol tinggi biasanya sering dipersalahkan kepada gaya hidup atau pola makan. Namun ternyata, kondisi medis seseorang juga bisa menyebabkan kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke ini. Gangguan tiroid adalah salah satu kondisi medis yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Bagaimana bisa?

Melansir Medical News Today, pahami bagaimana hubungan antara tiroid dan kolesterol di bawah ini.

Kelenjar Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher. Kelenjar ini memproduksi dua hormon, yang dikenal sebagai hormon tiroid. Hormon utamanya adalah triiodothyronine (T3), yang adalah bentuk aktif dari hormon tiroid, dan thyroxine, yang oleh tubuh dikonversi menjadi T3.

Hormon tiroid memiliki peran utama dalam meregulasi:

  • Perkembangan otak pada anak-anak
  • Suhu tubuh
  • Metabolisme
  • Suasana hati
  • Pertumbuhan dan perkembangan normal
  • Fungsi jantung, otak, otot, dan organ lainnya.

Kelenjar pituari mensekresi thyroid-stimulating hormone (TSH) untuk menstimulasi tiroid agar memproduksi hormon.

Kelenjar tiroid juga memproduksi hormon yang disebut calcitonin, yang membantu mempertahankan kekuatan tulang dengan cara menjaga jumlah kalsium dalam aliran darah.

Masalah Tiroid

Ketika tiroid tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup, ia menjadi tidak cukup aktif (underactive). Kondisi ini disebut hipotiroidisme (hipotiroid). Sedangkan memproduksi terlalu banyak hormon membuat tiroid menjadi overaktif, yang disbuet hipertiroidisme (hipertiroid).

Sekitar 4,6 persen orang yang berusia 12 tahun atau lebih di Amerika Serikat memiliki tiroid yang tidak cukup aktif. Tiroid yang tidak cukup aktif menyebabkan beberapa simtom di bawah ini:

  • Konstipasi
  • Depresi
  • Rambut dan kulit kering
  • Kelelahan
  • Masalah kesuburan
  • Menstruasi yang deras atau tidak teratur
  • Sensitif terhadap suhu dingin
  • Detak jantung rendah
  • Nyeri pada otot dan sendi
  • Keringat berkurang
  • Peningkatan berat badan

Tiroid yang tidak cukup aktif bisa meningkat menjadi berbagai penyakit autoimun, seperti Hashimoto tiroiditis, atau pengangkatan tiroid.

Sementara itu, tiroid yang terlalu aktif menyebabkan simtom-simtom di bawah ini:

  • Diare atau pergerakan usus besar yang sering
  • Sulit tidur
  • Kelelahan
  • Sensitif terhadap suhu panas
  • Perubahan suasana hati
  • Lemah otot
  • Detak jantung yang cepat
  • Gelisah dan mudah marah
  • Tangan gemetar
  • Hilang berat badan

Beberapa situasi dan kondisi bisa menyebabkan tiroid yang overaktif, termasuk kondisi autoimun yang disebut penyakit Graves, inflamasi tiroid (tiroiditis), dan mengonsumsi terlalu banyak iodin atau pil hormon tiroid.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah substansi lunak yang ada di setiap sel dalam tubuh. Tubuh menggunakan kolesterol untuk membuat hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak. Ketika ada terlalu banyak kolesterol di dalam pembuluh arteri, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk penyakit jantung.

Kolesterol bergerak melalui darah dengan cara menempel pada protein. Ikatan kolesterol dan protein ini disebut lipoprotein.

Ikatan lipoprotein utama adalah:

  • Lipoprotein berdensitas tinggi (high-density lipoprotein/HDL): HDL disebut sebagai kolesterol baik, karena ada rasio kolesterol yang tinggi dibanding protein. HDL juga dianggap baik karena ia membantu tubuh menyingkirkan kolesterol dari darah.
  • Lipoprotein berdensitas rendah (low-density lipoprotein/LDL): LDL berarti ada rasio kolesterol yang rendah dibanding protein. LDL juga disebut kolesterol jahat. LDL yang tinggi mengindikasikan risiko penyakit jantung yang semakin tinggi.

Walaupun pola makan bisa menyebabkan penumpukan kolesterol jahat dalam darah, hal ini juga bisa terjadi akibat beberapa kondisi medis, termasuk gangguan tiroid.

Memahami Hubungan Antara Tiroid dan Kolesterol

Hubungan antara tiroid dan kolesterol bisa menyebabkan beberapa kondisi yang saling mempengaruhi kedua hal ini:

Bisakah tiroid yang kurang aktif menyebabkan kolesterol tinggi?

Hormon tiroid, terutama T3, memainkan peran penting membantu hati memproses dan mengeluarkan kelebihan kolesterol dari tubuh. Ketika tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid, hati tidak bisa memproses kolesterol seperti yang seharusnya. Tiroid yang kurang aktif berarti tubuh menyingkirkan lebih sedikit kolesterol jahat dari darah dibanding yang seharusnya. Hal ini sering menyebabkan tingginya kadar kolesterol jahat dan kolesterol total.

Menurut riset, sekitar 13 persen orang dengan kolesterol tinggi dalam darah juga memiliki tiroid yang kurang aktif. Riset yang sama juga mencatat bahwa beberapa komunitas medis menyarankan agar mereka yang baru didiagnosis memiliki kolesterol tinggi agar juga memeriksakan tiroid mereka, apakah aktif atau tidak.

Riset ini juga menyimpulkan, kadar kolesterol seseorang bisa diperbaiki begitu mereka mendapatkan perawatan untuk tiroid yang kurang aktif, bahkan walaupun mereka tidak membutuhkan pengobatan untuk menurunkan kolesterol.

Bahkan kadar hormon tiroid yang sedikit rendah bisa memicu kolesterol yang tinggi. Menurut riset tahun 2012, kadar TSH yang meningkat juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi, bahkan jika T3 dan T4 tidak meningkat.

Bisakah overaktif tiroid menyebabkan kolesterol rendah?

Tiroid yang overaktif bisa jadi memiliki efek yang sebaliknya dan menyebabkan kadar kolesterol yang rendah dalam darah. Namun, belum ada bukti ilmiah bahwa kolesterol yang rendah meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menguji Kadar Tiroid dan Kolesterol

Orang-orang dengan kelenjar tiroid yang kurang atau terlalu aktif harus menemui dokter untuk melakukan pengecekan lanjutan, terutama jika kadar kolesterolnya terlalu tinggi atau rendah.

Dokter akan mengambil sampel darah untuk mengecek kadar hormon tiroid. Hasil tes ini akan menunjukkan apakah tiroid terlalu aktif, kurang aktif, atau berfungsi secara normal.

Dokter atau teknisi lab seharusnya bisa mengetes kadar kolesterol menggunakan sampel darah yang sama, tapi untuk hasil yang akurat, Anda harus berpuasa terlebih dahulu selama 8-12 jam.

Mengatasi Masalah Tiroid dan Kolesterol Tinggi

Orang-orang dengan tiroid yang kurang akan seringnya akan melihat perbaikan pada kadar kolesterol mereka jika mereka mengonsumsi obat-obatan pengganti T4.

Sedangkan untuk kadar hormon tiroid yang hanya sedikit di bawah normal, dokter biasanya akan merekomendasikan statiun untuk pengobatan lain untuk kolesterol alih-alih obat pengganti-tiroid.

Perawatan lain untuk mengatasi kolesterol tinggi termasuk:

  • Penurunan berat badan bagi mereka yang obesitas
  • Olahraga teratur
  • Perubahan pola makan, termasuk mengurangi lemak jenuh dan meningkatkan konsumsi serat.

Tiroid Overaktif

Orang-orang dengan tiroid yang terlalu aktif (overaktif) bisa mengatasi simtom mereka dengan mengonsumsi obat-obatan yang akan mengurangi produksi hormon tiroid. Kadar rendah hormon ini juga akan meningkatkan kadar kolesterol yang sebelumnya rendah.

Jika pengobatan tidak berhasil, dokter biasanya akan menyarankan perawatan radioaktif iodin untuk mengecilkan kelenjar tiroid atau operasi untuk mengangkat sebagian kelenjar ini, yang akan menurunkan kadar hormon. Orang-orang yang memiliki kadar kolesterol rendah yang disebabkan oleh kadar hormon tiroid yang tinggi bisa jadi akan melihatkan peningkatan kadar kolesterol sebagai hasil dari perawatan ini.

Kesimpulan

Ada hubungan yang jelas antara gangguan tiroid dengan kadar kolesterol yang tidak normal. Mereka yang baru saja didiagnosis dengan kadar kolesterol tinggi sebagaiknya menguji kadar hormon tiroid level.

Dan sebaliknya, mereka yang memiliki tiroid yang kurang aktif juga sebaiknya memonitor kadar kolesterol dalam darah dan mengambil langkah untuk menurunkan risiko mereka memiliki kolesterol tinggi.

Untuk mengontrol dan mengecek hormon tiroid, PesanLab.com menyediakan paket pengecekan hormon tiroid, dengan cara yang mudah dan praktis.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."