Ciri dan Penyebab Alergi Serta Tes yang Dapat Dilakukan

Bagikan ke Teman:

Pernahkah bibir Anda membengkak tiba-tiba sesaat setelah selesai makan seafood atau lingkungan dingin? Atau bentol-bentol yang gatalnya luar biasa setelah Anda membereskan rumah karena debu? Atau lebih berbahaya lagi, saat anda mengonsumsi obat. Kalau jawaban ‘YA’, berarti besar kemungkinannya Anda mengalami alergi. Sebisa mungkin ketahui apa yang menjadi penyebab alergi yang Anda alami.

Pada dasarnya alergi adalah suatu kondisi dimana tubuh memiliki reaksi berlebihan terhadap suatu zat (bisa berupa makanan, obat-obatan, bulu binatang, debu, dll) dikenal juga sebagai hipersensifitas. Jadi, dalam hal ini pada saat tubuh berpapasan dengan penyebab alergi atau bahan alergen, tubuh akan memproduksi antibodi karena tubuh menganggap barang alergen adalah sesuatu yang berbahaya.

Jika tubuh berpapasan dengan alergen yang sama tubuh akan melepaskan antibodi yang sama, hal inilah yang yang memacu pelepasan bahan kimia dalam tubuh dan menyebabkan gejala-gejala alergi. Berikut ini adalah pembahasan info sehat mengenai kesehatan tubuh perihal ciri dan penyebab alergi.

1. Intoleransi makanan

Alergi vs Intoleransi makanan
Alergi dan intoleransi makanan adalah dua hal yang sangat berbeda (foto: Freepik)

Dewasa ini, masyarakat masih rancu dalam membedakan alergi dan intoleransi makanan, bahkan ada yang menyamakan alergi dengan intoleransi makanan padahal dua hal ini jauh berbeda. Alergi, seperti yang dijelaskan diatas, adalah hipersensifitas. Sedangkan intoleransi makanan adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna suatu makanan tertentu, contohnya: intoleransi laktosa.

2. Ciri-Ciri Alergi

Ciri Ciri Alergi
Alergi secara umum memiliki beberapa ciri tertentu (foto: Freepik)

Bingung apakah anda memiliki alergi atau tidak? Berikut ini beberapa tanda umum yang terjadi sebagai reaksi dari alergi:

  • Sering bersin-bersin
  • Batuk-batuk
  • Sesak napas
  • Ruam pada kulit
  • Hidung atau mata berair
  • Bengkak wajah, mulut atau lidah
  • Gatal dan merah pada mata

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda tergantung dari tingkat reaksinya, mulai dari reaksi alergi ringan hingga reaksi alergi yang parah dan dapat berakibat fatal. Berikut ini tiga tingkatan reaksi pada alergi yang dapat terjadi akibat berbagai alergen seperti dingin hingga makanan:

  1. Pada tingkat ringan, reaksi alergi tidak seberapa terlihat, mungkin hanya akan membuat anda merasa sedikit tidak nyaman.
  2. Pada tingkat sedang, reaksi alergi akan memunculkan gejala seperti sedang sakit seperti pusing atau flu.
  3. Pada tingkat parah, reaksi alergi dapat berupa gatal-gatal di seluruh tubuh, sesak nafas (seperti asma), suara serak atau rasa sesak, kesemutan di tangan, bibir, atau kulit kepala.

Apakah Alergi Dapat Disembuhkan?

Berita buruknya adalah alergi tidak dapat disembuhkan, namun kita dapat ‘berdamai’ dengan alergi dengan cara menghindari penyebab dari alergi itu sendiri yaitu benda-benda yang mengandung zat alergen, selain itu juga dapat diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan.

Obat antihistamin biasanya digunakan pada gejala alergi, alergi ringan maupun alergi tingkat menengah. Sedangkan obat-obatan yang mengandung adrenalin biasanya digunakan dokter untuk menanggulangi kasus alergi tingkat parah dan anafilaksis dengan cara disuntikkan.

Jadi, Apakah Saya Memiliki Alergi?

Alergi pada umumnya adalah penyakit genetis, namun semua orang memiliki kemungkinan dapat terkena alergi hingga sekitar 5 persen. Angka tersebut akan meningkat hingga 50 persen apabila salah satu dari orangtua anak tersebut yang memiliki alergi dan meningkat hingga 80 persen apabila keduanya mempunyai riwayat alergi.

Melihat kemungkinan alergi yang dapat berakibat fatal bagi tubuh ada baiknya kita mengantisipasi dengan melakukan tes laboratorium untuk melihat apakah kita memiliki ‘bakat’ alergi atau tidak. Biasanya tes yang dilakukan adalah tes untuk mengukur kadar antibodi alergi atau immunoglobin dalam aliran darah.

Untuk memastikan apakah Anda akan terserang alergi atau tidak, bagusnya untuk periksakan diri dengan cara melakukan tes darah di laboratorium. Anda dapat melakukan tes untuk alergi melalui Triasse.com. Triasse juga menyediakan berbagai paket pemeriksaan tes darah yang bisa membantu Anda mendeteksi alergi dan penyakit lainnya. Melakukan pemeriksaan melalui Triasse memungkinkan Anda merasakan pengalaman baru dimana tes lab bisa dilakukan dari rumah, dengan cara yang lebih praktis dan hasil yang bisa diakses secara online. Cek Triasse sekarang.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."