Cara Jitu dan Alami Atasi Radang Tenggorokan

Bagikan ke Teman:

Sakit radang tenggorokan adalah peradangan yang terjadi pada daerah tenggorokan. Jika dilihat secara klinis peradangan seperti ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri saat menelan makanan atau pun minuman. Selain itu, kondisi yang seperti ini biasanya juga disertai dengan demam, sakit di tenggorokan, menggigil, dan juga pembengkakan di kelenjar getah bening pada leher.

Apabila penyakit ini tidak segera ditangani dengan cepat, maka bisa berdampak pada komplikasi yang cukup serius, seperti ginjal dan jantung.

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh dua jenis infeksi, yakni disebabkan oleh bakteri dan virus. Sekitar 80 persen disebabkan oleh virus, sedangkan untuk 10 hingga 20 persennya lagi disebabkan oleh bakteri.

Namun, sebelum membahas tentang cara jitu mengatasi sakit radang tenggorokan, ketahui terlebih dulu infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Penyebab utama berdasar infeksi yang diderita

Infeksi yang disebabkan virus ini umumnya diawali dengan influenza atau pilek, setelah itu terjadi peradangan yang sering disebut radang tenggorokan. Infeksi yang disebabkan virus ini umumnya ditandai dengan adanya gejala badan terasa lemas, demam, menurunnya nafsu makan, dan juga batuk.

Penyebab sakit yang disebabkan bakteri ini memang tidak begitu sering dialami bagi para penderitanya bila dibandingkan dengan yang disebabkan oleh virus. Akan tetapi walaupun demikian, dampak yang disebabkan oleh bakteri ini jauh lebih serius.

Bakteri yang sebabkan sakit radang tenggorokan adalah bakteri jenis streoptokokus. Bakteri ini nantinya bisa ditularkan melalui sekresi dari hidung dan juga tenggorokan. Untuk gejala yang disebabkan oleh bakteri diantaranya sakit saat menelan makanan atau minuman, tosil, serta kelenjar leher yang mengalami pembengkakan.

Penyebab lain sakit

Alergi

Ini adalah hal pertama yang bisa sebabkan sakit radang tenggorokan. Seseorang yang mempunyai alergi pada bulu hewan, seperti anjing, kucing, debu, dan serbuk sari, sangat rentan sekali mengalami radang tenggorokan.

Iritasi

Iritasi merupakan penyebab yang paling umum dialami banyak orang. Iritasi di tenggorokan ini sendiri ada banyak sekali penyebabnya, mulai dari mengkonsumsi keripik, ciki-ciki, gorengan, makanan pedas, asap rokok, dan alkohol.

Tumor

Walaupun sangat jarang, tetapi tumor ini adalah penyebab utama yang harus Anda waspadai. Gejala paling umum bisa mengindikasikan seseorang untuk mengalami tumor tenggorokan adalah suara yang serah, saat bernapas mengeluarkan suara, adanya benjolan di leher, dan sulit dalam menelan serta adanya dahak saat batuk.

Cara jitu mengatasi

Menggunakan garam

Cara mengatasi sakit radang tenggorokan yang pertama adalah dengan menggunakan obat alami dari garam ini. Garam dipercaya ampuh mengurangi pembengkakan dan juga infalamasi di tenggorokan yang disebabkan oleh peradangan. Selain hal itu, garam juga efektif dalam mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan di tenggorokan.

Terapi uap

Mengatasi sakit radang tenggorokan dengan terapi uap. Mungkin pengobatan alami satu ini sangat jarang sekali didengar atau pun dilihat. Sebetulnya terapi uap ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan cara menuangkan air yang mendidih di baskom lalu menutupinya dengan handuk bersih dan lembut. Bila sudah, Anda bisa langsung menghirup uap panasnya tersebut.

Bawang putih

Cara jitu atasi sakit radang tenggorokan yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang putih. Cara ini memang tidak banyak orang yang melakukan, sebab rasa serta bau dari bawang putih yang tidak enak. Akan tetapi, dibalik itu semua ternyata bawang putih lebih cepat dalam menyembuhkan infeksi di tenggorokan Anda, karena adanya kandungan salicin yang ada di dalam bawang putih tersebut. Anda bisa langsung mengunyah bawang putih ini setiap hari hingga sakit Anda sembuh.

Obat 

Anda juga boleh mengonsumsi obat yang dijual pasaran seperti ibuprofen dan parasetamol. Konsultasikan ke dokter jika sakit tenggorokan tidak membaik setelah 2 minggu. Radang tenggorokan yang tidak juga reda dengan obat-obatan pereda sakit beserta demam juga memerlukan konsultasi dokter. Antibiotik hanya akan diberikan dokter jika gejala sakit radang tenggorokan beresiko menimbulkan infeksi yang lebih serius. 

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, untuk itu kami Pesanlab hadir untuk membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan Medical Checkup dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Cukup lakukan pemesanan tes di Pesanlab.com. 

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *