Penyakit Asam Urat: Cara Mengobati, Penyebab, dan Gejala

Penyakit Asam Urat (Uric Acid)
Bagikan ke Teman:

Penyakit asam urat menjadi salah satu keluhan yang paling banyak ditemukan pada orang berusia lanjut. Tapi apakah semua orang tua berpotensi terkena asam urat atau sebenarnya penyakit ini bisa dicegah sejak dini dan apa obat asam urat yang tepat untuk Anda? Ditambah lagi penyakit komplikasi yang berbahaya dari penanganan yang salah dan tidak segera menjadikan penyakit asam urat jadi penyakit serius yang tidak bisa dianggap remeh. 

Begini penjelasan lengkapnya tentang info sehat yang berisikan kesehatan tubuh mengenai penyebab, gejala, komplikasi, dan cara mengobati penyakit asam urat yang tepat.

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Penyakit Asam Urat
Pasien Wanita Uzur dari Asia di Rumah Sakit yang sedang Menderita Sakit di Tangannya. (freepik/chormail)

Sederhananya, penyakit asam urat adalah kondisi yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan di bagian otot dan persendian. Asam dalam tubuh yang berbentuk kristal adalah hasil dari metabolisme purin yang berasal dari makanan. Purin ini diubah oleh tubuh menjadi penyebab asam urat. Pada kondisi normal asam urat yang tidak terpakai akan dikeluarkan melalui ginjal dan saluran cerna. Namun jika produksi asam urat ini berlebihan, maka yang terjadi adalah pembengkakan dan nyeri pada bagian sendi. 

Semua sendi di dalam tubuh memiliki resiko terkena penyakit asam urat. Tapi yang paling sering diserang ialah bagian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Secara umum, penyakit asam urat ini sering diderita oleh pria berusia lebih dari 30 tahun. Sedangkan pada wanita, penyakit asam urat sering muncul setelah menopause. Terkadang orang sering salah mengartikan rasa nyeri yang dirasakan di bagian persendian adalah asam urat, padahal itu adalah rematik.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Gejala Penyakit Asam Urat

Sakit di Tumit Kaki
Sakit di tumit kaki karena peradangan di tendon. (freepik/kittima05)

Ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi. Jika Anda mengalami satu diantaranya, maka pastikan Anda harus memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan obat asam urat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Muncul Benjolan di Persendian

Setelah merasakan nyeri dan sakit yang membuat badan tidak nyaman, gejala yang muncul berikutnya adalah benjolan-benjolan tophi di area persendian. Benjolan ini adalah endapan asam urat berwarna putih yang terikat di persendian dan bisa terlihat di bawah kulit.

Sakit di Bagian Sendi

Bagian tubuh yang paling pertama diserang dan merasakan dampak dari tingginya asam urat adalah bagian persendian. Saat terserang penyakit asam urat, rasa sakit dan nyeri di bagian sendi memang tak bisa dielakkan. Pertama, rasa sakit akan mulai dari jempol kaki dan pada kondisi yang semakin parah, rasa sakit akan menjalar ke bagian lutut, siku, Pundak, dan pergelangan tangan.

Sulit Beraktifitas

Rusaknya tulang rawan di area persendian akan membuat aktivitas Anda terganggu. Anda akan sulit berjalan karena rasa nyeri yang luar biasa. Peradangan dan pembengkakan pada tahap ini sudah dianggap parah karena sudah merusak tubuh dan menghambat aktivitas.

Bengkak di Area Persendian

Pada kondisi yang lebih parah, persendian yang mulai tertimbun asam urat akan bengkak karena asam urat yang berbentuk kristal akan mengendap di bawah lapisan kulit. Pada tahap ini, rasa sakit yang dirasakan mulai membuat aktivitas terganggu dan parahnya lagi pembengkakan ini akan merusak tulang rawan di sekitar sendi dan membuat Anda akan sulit bergerak.

Badan Lemas

Rasa sakit yang telah menyebar ke seluruh persendian akan membuat tubuh Anda lemas bahkan pingsan. Ini adalah saat yang tepat untuk Anda mengkonsumsi obat Pereda nyeri agar bisa beristirahat dan memulihkan energi. Rasa sakit yang terus terasa tidak akan membuat Anda bisa beristirahat dengan tenang dan akan memperparah kondisi Kesehatan Anda.

Gatal Pada Kulit

Jika kondisi semakin membaik dan pembengkakan mulai berkurang, maka akan muncul rasa gatal di kulit. Kondisi ini terlihat dengan jelas dari kulit yang bersisik, terkelupas, dan terus merasa gatal yang membuat Anda tidak nyaman.

Kram Otot

Ketika pembengkakan telah menyerang persendian dan terasa nyeri, biasanya Anda akan mengurangi gerak untuk meminimalisir sakit. Tapi imbasnya adalah kram dan rasa kaku di bagian otot tertentu terutama kaki saat hendak digerakkan. Hal ini bisa terjadi saat penyakit asam urat kambuh atau pun kondisi setelah reda.

Kulit Memerah

Jika kristal asam urat telah mengendap cukup lama, maka kulit akan memerah karena efek pembengkakan di area persendian. Pembengkakan ini akan mempengaruhi kulit jika pembengkakan terjadi karena kadar asam urat kembali meningkat.

Pusing

Pada beberapa orang, rasa pusing akan menyerang saat pembengkakan dan peradangan di persendian semakin menjadi-jadi.

Sakit Saat Buang Air Kecil

Tidak semua orang yang menderita penyakit asam urat akan merasakan sakit saat buang air kecil. Pada kondisi tertentu, penyakit asam urat tidak hanya menyerang persendian saja, tapi juga organ tubuh yang lain seperti ginjal. Kelebihan kadar purin di dalam tubuh akan dibuang melalui ginjal, dan jika ginjal tidak mampu untuk menampungnya, maka akan terjadi endapan purin yang disebut batu ginjal. Kondisi inilah yang membuat beberapa penderita asam urat juga merasakan sakit saat buang air kecil.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Gold
Rentang Harga Mulai dari Rp. 949.500

Penyebab Penyakit Asam Urat

Alkohol Bir
Gelas bir dan gandum di atas meja kayu dengan latar hitam (freepik/mikeygl)

Secara ilmiah, setiap orang memiliki takaran asam urat yang normal. Sehingga jika kadar asam urat ini melonjak jauh di atas batas normal atau yang sering disebut hiperurisemia, maka penyakit asam urat pasti akan terasa mengganggu. Ginjal tidak akan mampu menampung kelebihan asam urat yang diproduksi ini.

Untuk bisa melakukan pencegahan dan mencari obat penyakit asam urat yang tepat, tentu perlu dipahami dulu faktor penyebab asam urat terjadi pada seseorang, berikut ini beberapa faktor yang memicu naiknya kadar asam urat pada tubuh seseorang.

  • Riwayat keluarga yang mengidap penyakit asam urat
  • Memiliki riwayat penyakit medis berat
  • Mengkonsumsi makanan mengandung purin tinggi (jeroan, ginjal, limpa,usus, babat, tunjang, otak, kaldu kental, seafood)
  • Setelah mengalami cedera atau operasi
  • Mengkonsumsi obat-obatan kemoterapi
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Makanan: Asam urat bisa diproduksi alami di dalam tubuh, tapi juga bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini yang perlu digaris bawahi jangan sampai kadar asam urat berlebihan didapat dari makanan yang dikonsumsi. Banyak kasus penyakit asam urat terjadi karena makan-makanan yang mengandung purin tinggi. Berikut ini daftar makanan yang harus dihindari untuk mencegah kadar asam urat melebih batas normal di dalam tubuh.
    •       Organ dalam hewan
    •       Daging burung, daging sapi muda
    •       Beberapa jenis ikan seperti tuna, sarden, teri, dan mackerel
    •       Beberapa jenis makanan laut seperti kerang, kepiting, dan udang
    •       Minuman bersoda
    •       Sirup berfruktosa tinggi
    •       Minuman beralkohol dan ragi
    •       Karbohidrat olahan seperti kue kering, roti putih, dan kue-kuean.
  • Terjadinya goutEfek yang paling jelas saat kadar asam urat melebihi batas normal adalah terjadinya gout, yaitu kondisi dimana asam urat yang berbentuk kristal menumpuk di sendi. Meski tidak semua hiperurisemia menimbulkan gout, nyatanya kristal yang tertimbun di persendian juga akan merusak sendi dan menjalar ke organ tubuh lainnya terutama ginjal. Gejala yang muncul di awal gout adalah peradangan akut, pembentukan tophus, dan juga penumpukan kristal urat di ginjal dan saluran kemih yang menyebabkan batu saluran kemih. Seringnya penyakit gout ini menyerang tungkai bawah terutama ibu jari kaki dan juga menjalar ke persendian lain seperti siku, lengan, jari tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Secara fisik, penumpukan kristal asam urat ini bisa terlihat dari pembentukan benjolan tophi yang berisi cairan putih seperti pasta gigi. Ini yang membuat para penderita penyakit asam urat sering mengeluhkan sulit berdiri dan sendi kaku saat tidak digerakkan.
Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Silver
Rentang Harga Mulai dari Rp. 445.500

Diagnosis Penyakit Asam Urat

Dokter Memeriksa Pasien
Dokter memeriksa kaki pasiennya menggunakan sarung tangan medis. (freepik/tongstocker1987)

Dari gejala-gejala yang tampak di atas, Anda bisa memastikan apakah memang benar indikasi dari penyakit asam urat atau penyakit lainnya. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini dan mendapatkan obat asam urat yang sesuai anjuran. 

Ada beberapa diagnosis yang dilakukan tim medis untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan tanda Anda menderita penyakit asam urat. Observasi tentang riwayat dan aktifitas juga akan menjadi penunjang hasil diagnosis seperti faktor keturunan asam urat, berapa sering gejala tersebut muncul, dan makanan apa yang sering dikonsumsi. 

Beberapa pemeriksaan lanjutan di bawah ini dilakukan untuk memperoleh data yang akurat.

Tes Urine 24 jam

Pemeriksaan kesehatan berupa tes urine dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dalam urine yang dikeluarkan oleh pasien selama 24 jam terakhir. Kadar asam urat bisa dilihat dari urine karen purin diolah oleh ginjal.

Tes Darah

Pemeriksaan kesehatan berupa tes darah dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dan kreatinin di dalam darah. Kadar kreatinin bagi penderita asam urat adalah 7 mg/dl. Namun hasil tes darah dan pengukuran kadar kreatinin ini tidak selalu menunjukkan bahwa Anda menderita asam urat karena pada beberapa kasus banyak orang yang memiliki kadar asam urat tinggi di atas normal tapi tidak menderita penyakit asam urat.

Tes Pencitraan

Dilakukan dengan foto rontgen untuk mengetahui penyebab radang sendi. Selain itu tes menggunakan USG juga bisa dilakukan untuk mendeteksi kristal asam urat pada sendi pasien.

Tes Cairan Sendi

Dilakukan untuk mengambil sampel cairan sinovial pada sendi yang dirasa sakit dan diperiksa menggunakan mikroskop untuk mengetahui kandungan kristal asam urat.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Meminum Air sebagai Pencegahan Penyakit Asam Urat Cewek remaja memegang botol air, dan matras. (freepik/luis_molinero)[/caption]

Sedangkan buat tindakan pencegahan agar penyakit asam urat tak kambuh lagi, maka ada pantangan-pantangan dan anjuran yang harus dipatuhi oleh para penderita untuk menghindari terjadinya penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa metode pencegahan yang bisa Anda lakukan agar asam urat tidak kambuh lagi.

  • Menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi
  • Hindari minum alkohol
  • Banyak minum air putih
  • Perbanyak mengkonsumsi buah antioksidan tinggi
  • Batasi minum kopi
  • Rajin berolahraga
Paket Tes Kesehatan Luxury Wanita
Harga Mulai Dari Rp.2.341.000

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Pil Biru Putih
Pakai forcep memilah kapsul biru putin dari kelompok pil kapsul. (freepik/fahroni)

Bagi penderita penyakit asam urat, ada dua metode pengobatan yang umumnya dilakukan. Pengobatan yang pertama adalah meringankan gejala asam urat, dan yang kedua adalah pencegahan agar asam urat tidak terjadi kembali. 

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala asam urat secara sederhana adalah menempelkan kain atau kantong berisi es di bagian sendi yang sakit dan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Ada banyak obat asam urat yang tersedia di apotik dan dikonsumsi secara bebas. Namun pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter tentang cara penanganan yang tepat.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Gold
Rentang Harga Mulai dari Rp. 949.500

Komplikasi Penyakit Asam Urat

Pijat Kaki di Spa
Pijat kaki untuk wanita di spa. (racool_studio)

Pengobatan untuk meringankan nyeri dengan mengompres es cukup membantu. Ditambah lagi pencegahan dengan menghindari makanan dan minuman pantangan dan rutin berolahraga akan membuat asam urat menjadi sembuh. Anda juga bisa mendapatkan obat asam urat yang terpercaya di apotik dan rumah sakit. 

Namun jika asam urat menyerang dan terjadi selama beberapa minggu dan keadaan menjadi lebih parah dari gejala awal, maka Anda harus segera ke dokter untuk menghindari berbagai komplikasi berbahaya yang mungkin terjadi.  Beberapa komplikasi berbahaya jika asam urat tidak segera ditangani dengan tepat adalah sebagai berikut.

Diabetes

penyakit asam urat yang tidak segera ditangani dengan baik dan dibiarkan berlarut-larut akan berpotensi terkena diabetes. Penelitian telah membuktikan bahwa kadar asam urat yang tinggi pada darah dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan resiko diabetes hingga 20 persen.

Tophi

Istilah Tophi merujuk pada benjolan berwarna putih yang ada di bawah kulit akibat penumpukan kristal asam urat. Biasanya Tophi bisa ditemukan di area persendian dan jika asam urat kambuh, rasa sakit yang luar biasa akan dirasakan di bagian benjolan Tophi ini karena adanya peradangan. Pada kondisi tertentu, peradangan tophi ini akan mempersulit aktivitas dan ruang gerak Anda.

Jantung Koroner

Jika ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh, maka akhirnya asam urat ini akan terbawa darah ke area jantung dan menyebabkan penyumbatan. Resiko penyakit jantung koroner sangat mungkin terjadi jika kondisinya separah ini.

Kerusakan Sendi

Munculnya Tophi yang tidak segera mengempis dan hilang akan semakin memperparah bagian persendian. Tophi yang sering membengkak akan mengikis tulang rawan dan merusak persendian secara permanen. Jika hal ini terjadi, pasien penyakit asam urat harus melakukan operasi untuk memperbaiki kerusakan sendi yang diakibatkan oleh gumpalan Tophi.

Ginjal Kronis

Orang yang menderita penyakit asam urat sangat beresiko besar terkena sakit ginjal kronis. Kedua penyakit ini saling berkaitan karena penumpukan zat di dalam ginjal. Hal sebaliknya pun mungkin terjadi jika seseorang menderita penyakit ginjal kronis, maka resiko terkena asam urat juga akan tinggi.

Batu Ginjal

Kristal asam urat yang berlebih akan dibuang melalui ginjal dan feses. Namun jika ginjal tidak mampu menahan, maka kristal tersebut akan menjadi batu ginjal. Jika kelebihan asam urat tidak segera mereda maka bukan tidak mungkin batu ginjal yang terbentuk juga akan semakin banyak dan membahayakan ginjal Anda.

Gagal Ginjal

Tidak hanya memunculkan batu ginjal yang melemahkan fungsi ginjal, asam urat juga akan menyebabkan gagal ginjal dan berpotensi sangat serius jika tidak segera ditangani dengan baik. Asam urat dan produksi asam urat berlebih sangat mengganggu kinerja ginjal.

Hal yang perlu diperhatikan adalah asam urat memang ada di dalam tubuh dan produksi purin secara alami terjadi di dalam tubuh. Namun yang jadi masalah adalah jika kristal asam urat di dalam tubuh melebihi batas normal yang akhirnya menjadi racun yang menyerang persendian dan ginjal. 

Memulai pola hidup sehat dan menjaga makanan yang mengandung purin tinggi perlu diperhatikan agar Anda terhindar dari masalah asam urat yang memicu resiko penyakit berbahaya lainnya di dalam tubuh. 

Jika Anda telah didiagnosa menderita penyakit asam urat, maka ada baiknya menyiapkan obat asam urat di rumah jika suatu saat penyakit asam urat kambuh lagi. Siapkan juga obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit.

Paket Tes Kesehatan Luxury Pria
Harga Mulai dari Rp.2.450.375

Apabila belum didiagnosa, tidak ada salahnya untuk cek kesehatan Anda di laboratorium atau rumah sakit terdekat, terutama lewat Triasse yang menawarkan harga lebih murah lagi.

 

Bagikan ke Teman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *