Ingin Ngamuk, Cek 11 Cara Melepas Amarah Ini

melepas amarah
Bagikan ke Teman:

Mengantri lama, mendengar komentar sinis dari rekan kerja, melewati kemacetan, dan hal menjengkelkan lainnya memang bisa memicu amarah. Menjadi marah saat di situasi-situasi tersebut memang hal yang wajar saat stres dan frustrasi, tetapi terus menerus emosi dapat menjadi kebiasaan yang destruktif. Untuk menjaga kesehatan mental, dan fisik, penting bagi Anda untuk mengetahui cara melepas amarah yang baik.

Selain itu, mengeluarkan emosi atau melepas amarah yang bergejolak juga dapat memperburuk hubungan personal dan profesional Anda. Tetapi kebiasaan ini juga memperburuk kesehatan mental Anda. Terus menerus menahan dan menimbun rasa frustrasi juga dapat memicu reaksi fisik dan emosional, seperti darah tinggi dan kecemasan.

Tapi tahukah Anda bahwa Anda bisa mengendalikan dan mengarahkan amarah Anda secara benar? Menurut penelitian, dengan melepas amarah secara sehat dan benar dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Ambil Napas Perlahan Saat Emosi

Cobalah ambil nafas dengan perlahan saat emosi
Kadang keadaan yang sedang gempar dapat membuat kita mudah lupa untuk bernafas. (foto: Freepik)

Kadang keadaan yang sedang gempar dapat membuat kita mudah lupa untuk bernapas. Bernafas dengan pendek dan cepat saat melepas amarah tidak bermanfaat bagi Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, coba ambil nafas secara perlahan dan terkontrol dari perut Anda, bukan dari dada. Cara bernapas ini akan menenangkan tubuh dalam waktu singkat.

Lakukan cara bernapas berikut :

• Cari kursi atau tempat duduk dimana Anda bisa duduk dengan nyaman, biarkan leher dan pundak Anda rileks
• Ambil nafas panjang melalui hidung, perut Anda akan membesar
• Buang nafas lewat mulut
• Coba teknik ini setidaknya 3 kali sehari selama 5 sampai 10 menit.

Ucapkan Sesuatu yang Menenangkan Amarah

Ucapkan kutipan yang membuat anda lebih tenang saat frustrasi
Simpan beberapa kutipan frasa yang menenangkan. (foto: Freepik)

Berulang kali mengucapkan suatu frasa yang menenangkan dapat membuat Anda lebih mudah mengekspresikan emosi, seperti amarah dan frustrasi. Coba ucapkan “Tenang saja,” atau “Semua akan baik-baik saja,” setiap Anda merasa kewalahan di situasi tertentu. Anda dapat mengatakannya secara langsung atau hanya dalam hati saja.

Anda juga bisa menyimpan beberapa ucapan di ponsel Anda untuk dibaca setiap keadaan yang membuat panik atau gugup sebagai cara sehat melepas amarah.

Coba Visualisasi

Saat berada di kantor yang membuat frustrasi, cobalah visualisasi
Imajinasikan sebuah tempat yang membuat Anda bahagia, aman dan damai. (foto: Freepik)

Ditengah kesibukan kerja atau menunggu jadwal penerbangan yang terus tertunda rasanya ingin pergi ke tempat yang lebih menenangkan. Saat sedang bergulat dengan rasa frustrasi, coba bayangkan secara mental sebuah tempat yang ingin Anda kunjungi saat itu.

Imajinasikan sebuah tempat yang membuat Anda bahagia, aman dan damai. Seperti mendaki gunung atau pantai yang sejuk. Buat imajinasi Anda senyata mungkin dengan detail seperti bau dan suaranya. Atur napas secara perlahan dan lakukan sampai kecemasan Anda menghilang.

Gerakkan Tubuh

Yoga adalah salah satu olahraga pereda amarah
Dengan menggerakan tubuh seperti yoga, Anda akan merasa lebih tenang. (foto: Freepik)

Kadang duduk-duduk saja dapat membuat Anda tambah cemas. Coba gerakkan tubuh Anda dengan yoga dan olahraga menenangkan lainnya. Olahraga dapat melemaskan ketegangan pada otot-otot Anda. Saat anda dihadapkan dengan situasi yang membuat stres dan emosi, coba berjalan-jalan sebentar atau bahkan berdansa ringan supaya pikiran  tidak fokus kepada stres.

Lihat Perspektif Lain Ketika Sedang Emosi

Saat emosi kita cenderung hanya fokus pada satu prespektif
Saat sedang marah-marah kita cenderung hanya fokus terhadap prespektif sendiri. (foto: Freepik)

Stres dapat membuat kita lupa diri akan kenyataan, rasanya seperti semua orang ingin menyakiti Anda. Ketika Anda merasa marah cobalah untuk meletakan diri Anda di prespektif lain.

Ekspresikan Amarah Anda

Ekspresikan emosi dengan bercerita kepada seseorang
Dengan bercerita kepada orang yang Anda percaya, Anda dapat mengekspresikan amarah dengan sehat. (foto: Freepik)

Marah-marah tidak ada manfaatnya, tapi bukan berarti Anda tidak boleh mengekspresikan rasa kesal Anda kepada teman atau kerabat yang Anda percayai. Bercerita bisa jadi cara melepas amarah yang sehat karena emosi Anda tidak akan menumpuk dan menjadi racun.

Jinakkan Emosi dengan Humor

Saat frustrasi bekerja baiknya kita melihat sisi baik dari masalah
Saat frustrasi ada baiknya kita ambil waktu untuk melihat sisi lucu dari masalah kita. (foto: Freepik)

Mencari celah humor dalam keadaan tegang dapat menyeimbangkan prespektif Anda. Bukan berarti Anda hanya menertawakan masalah Anda, melainkan lihatlah masalah anda dengan lebih senang hati. Ketika Anda merasa emosi mulai mendidih, bayangkan bagaimana skenario tersebut terlihat bagi orang lain? Apakah akan lucu bagi mereka?

Dengan tidak selalu bersikap serius Anda akan sadar bahwa terkadang masalah yang Anda hadapi terlihat lebih menyeramkan dan rumit daripada kenyataannya.

Ganti Suasana

Berjalan-jalan dapat meredakan amarah
Ada kalanya kita perlu mengoleksi diri kita kembali dengan mengambil waktu untuk sendiri. (foto: Freepik)

Istirahatkan diri Anda dengan mengganti suasana sekali-sekali. Jika keadaan rumah membuat stres, misalnya, cobalah berkendara atau berjalan-jalan. Setelah kembali Anda akan merasa lebih siap dan tertata untuk menghadapi masalah.

Ketahui Apa yang Memicu Emosi dan Cari Alternatifnya

Cari alternatif untuk menjauhkan diri dari sumber frustrasi
Carilah alternatif lain yang bisa menjauhkan diri Anda dari sumber stres, contohnya dengan mendengarkan musik. (foto: Freepik)

Jika perjalanan ke kantor terasa melelahkan dan membuat frustrasi, cari rute alternatif. Jika rekan kerja menjengkelkan dan berisik, pakai headphones dan dengarkan musik. Tujuannya adalah untuk mengenali dan mengerti hal apa yang memicu amarah. Ketika Anda sudah mengenalinya, Anda bisa menghindarinya.

Jika Anda tidak tahu apa yang membuat Anda emosi, lain kali coba berhenti sesaat dan berfikir kira-kira hal apa yang membuat Anda melepas amarah? Apakah seseorang tertentu? Sedang melakukan aktifitas apa? Apa saja yang Anda rasakan?

Fokuslah pada Hal-Hal yang Anda Syukuri

Fokus kepada hal baik dan lupakan hal yang membuat frustrasi dan marah
Dengan berfokus kepada hal yang baik kita tidak akan berlama-lama larut dalam emosi. (foto: Freepik)

Berlarut-larut dalam hal buruk yang sudah terlanjur terjadi mungkin adalah hal yang wajar, tetapi tidak akan ada ujungnya. Lebih baik berfokuslah pada segala hal yang berjalan lancar, jika tidak ada coba berfikirlah bahwa hal lebih buruk bisa saja terjadi.

Cari Bantuan Medis

Jangan takut untuk mencari bantuan medis saat amarah sudah menguasai diri
Saat rasa marah sudah sering muncul dan berkelajutan, mungkin sudah saatnya beralih ke yang ahli. (foto: Freepik)

Marah memang hal yang natural dan normal, tapi jika Anda merasa amarah Anda selalu muncul dan sulit untuk hilang atau jika Anda merasa kewalahan dengan emosi, mungkin lebih baik mencari bantuan medis. Tidak perlu sungkan mencari bantuan profesional jika memang hal itu yang dibutuhkan untuk membantu Anda melepas amarah secara sehat.

Jika amarah Anda sudah mempengaruhi kehidupan dan kesehatan, carilah therapist ahli yang mampu membantu Anda melewati sumber kemarahan Anda dan mencari cara menyalurakannya. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan lainnya di Triasse.

Triasse kini hadir untuk mempermudah Anda melakukan berbagai pemeriksaan kesehatan dan pengecekan laboratorium medis. Triasse juga menyediakan berbagai paket pemeriksaan sesuai kebutuhan, seperti skrining kanker, jantung, kolesterol, ginjal, kesehatan seksual, dan lainnya. Cek Triasse sekarang, untuk pemeriksaan kesehatan dan artikel info sehat yang lain.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid Khairunnas
Rachmat Abbid Khairunnas
A young writer who eager to do something different.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *