6 Manfaat Lari untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan

Lari/jogging mempunyai berbagai manaat bagi tubuh
Bagikan ke Teman:

Lari adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan atau biaya. Lari sendiri merupakan aktivitas untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani.

Manfaat lari sangatlah banyak, seperti memperlancar aliran darah, kebugaran tubuh, dan meningkatkan kesehatan. Lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot agar dapat bekerja lebih baik.

Berikut ini beragam manfaat lari agar bisa memicu Anda untuk melakukan olahraga ini secara rutin:

Meningkatkan Kesehatan Otak dan Fisik

Menurut penelitian, lari memiliki efek yang positif untuk fungsi dan kinerja otak. Olahraga lari jika dilakukan secara rutin mempunyai banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, seperti meningkatkan stamina.

Untuk Anda yang ketika malam kesulitan tidur bisa berolahraga terlebih dahulu sore harinya, karena lari membuat otak menjadi rileks, sehingga memicu peningkatan kualitas tidur.

Menjaga Berat Badan

manfaat lari
Berlari secara rutin bisa membantu Anda menurunkan berat badan. (Foto: Freepik)

Setiap gerakan saat berlari dapat membakar lemak dan kalori yang tertimbun dalam perut, sehingga dapat menurunkan kelebihan berat badan. Karenanya, lari sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menunjang pengaturan porsi makan yang dilakukan

Dalam kenyataannya berlari memang jauh lebih banyak membutuhkan energi dan stamina yang kuat, jika dibanding dengan berjalan kaki. Namun hasil studi mengungkapkan, lari ternyata dapat menurunkan berat badan dua kali lebih cepat dibanding berjalan kaki.

Menghilangkan Stres

Saat Anda berlari produksi hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat. Ini akan membuat merasa rileks dan merasa senang, sehingga rasa stres dan pusing dapat berkurang.

Berlari juga dapat meningkatkan mood, efeknya ketika malam Anda mendapatkan tidur yang nyenyak yang efeknya bisa terhindar dari stres.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat lari yang lain adalah meningkatkan kestabilan mental dan membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Dengan rutin berlari, Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Tentu hal ini bisa membuat Anda termotivasi untuk bersemangat melakukan aktivitas olahraga yang ujungnya bisa membangun rasa percaya diri Anda.

Mencegah Osteoporosis

manfaat lari
Osteoporosis bisa dihindari dengan rutin berlari. (Foto: Freepik)

Lari bisa melindungi Anda dari osteoporosis. Berlari dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan meningkatkan kepadatan tulang-tulang dalam tubuh.

Mengurangi Risiko Jantung Koroner

Lari juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda hanya perlu melakukannya selama 30-50 menit dan sudah bisa membantu Anda mengurangi risiko terkena peyakit jantung koroner.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang lari secara teratur selama 50 menit dalam seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Rutin berlari memang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Namun alangkah baiknya jika mengkombinasikannya dengan makanan dan gaya hidup yang sehat. Tentu Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Setelah mengetahui manfaat lari, apakah Anda sekarang ingin menerapkannya ke dalam gaya hidup sehari-hari?

Untuk Anda yang ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuh dapat menggunakan layanan medical check up secara rutin di PesanLab.com. Lakukan selalu pemeriksaan melalui Pesanlab.com, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di PesanLab.com di antaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan!

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *