Manfaat Kesehatan Wing Chun ala Ip Man
Ip Man adalah seorang master dari seni bela diri Wing Chun. Selain sebagai teknik bela diri,manfaat kesehatan Wing Chun juga tak bisa disepelekan. (Foto: Istimewa)

Manfaat Kesehatan Wing Chun ala Ip Man

Bagikan ke Teman:

Ip Man adalah pahlawan bela diri Wing Chun klasik dari China yang kisahnya sudah diangkat di layar lebar. Jika Anda pernah menonton Ip Man, pastinya Anda pernah mendengar tentang seni bela diri di dalam film tersebut. Wing Chun merupakan seni bela diri Kung Fu yang sudah cukup terkenal di kalangan pecinta film Ip Man. Selain keren, tahukah Anda bahwa Wing Chun juga mempunyai banyak manfaat kesehatan lainnya?

Wing Chun Sebagai Alternatif untuk Fitness

seni bela diri ini dapat menjadi alternatif gym
Anda dapat melakukan cardio di rumah dengan Wing Chun. (foto: google)

Segala jenis olahraga pasti mempunyai manfaat untuk membakar lemak, tak terkecuali seni bela diri seperti Wing Chun. Anda mungkin tidak perlu lagi pergi ke gym setiap hari untuk menurunkan berat badan. Anda juga bisa mencari keringat dengan berlatih di rumah. Tanpa sadar setiap detik yang Anda habiskan untuk berlatih dapat membakar lemak Anda juga.

Wing Chun Dapat Melatih Reflek

Anda dapat melatih refleks Anda dengan Wing Chun
Latih muscle memory Anda dengan mendalami wing chun

Menghabiskan waktu duduk di depan komputer saat bekerja dapat membuat reflek anda menjadi lemah. Hal-hal seperti menangkap benda yang jatuh dan menunduk sebelum kepala terbentur menjadi musibah kecil yang mungkin sering Anda hadapi setiap harinya. Anda dapat meningkatkan muscle memory Anda dengan mendalami seni bela dirinya Ip Man ini. Tubuh anda akan cepat tanggap dalam setiap situasi fisik yang tiba tiba terjadi.

Mengusir Stres Seperti Ip Man

Dengan berlatih wing chun anda akan mengurangi stres
Lepaskan stres dan fokuskan pikiran dengan wing chun. (foto: google)

Jika Anda merupakan orang yang suka overthink, Anda akan kesulitan tidur karena stres yang Anda alami setiap harinya. Entah itu cicilan hutang atau kerjaan yang menumpuk di kantor, Anda akan kesulitan mencari relaksasi pikiran meski saat liburan. Sulit tidur dapat berujung pada banyak penyakit dan penampilan yang tidak bugar. Seni bela diri ini akan membuat Anda terlatih atau terbiasa untuk fokus hanya pada masa sekarang dan sekarang saja. Fikiran yang fokus pada satu hal jauh lebih sehat dibanding fikiran yang mengkhawatirkan hal yang tidak seharusnya terlalu dipikirkan. Sama seperti hobi pada umumnya, Anda juga dapat melepas stres Anda dengan berlatih atau spar dengan lawan  Anda.

Memperbaiki Postur dan Aliran Darah

Berlatih Wing Chun untuk memperbaiki postur tubuh
Hindari postur buruk dan skoliosis dengan Wing Chun. (foto: google)

Tanpa sadar, kebiasaan sehari-hari dapat membuat postur tubuh Anda menjadi buruk. Duduk di kantor selama berjam-jam dapat membuat pundak, punggung dan leher Anda sakit. Selain tidak menarik untuk penampilan, postur badan yang buruk akan berujung pada berbagai penyakit dan kelainan seperti skoliosis. Wing Chun adalah seni bela diri yang menuntut postur tubuh yang sempurna. Dengan berlatih secara rutin, Anda akan terbiasa untuk berdiri, berjalan atau duduk dengan postur yang baik dan benar. Ini akan melancarkan peredaran darah Anda dan terhindar dari berbagai macam komplikasi.

Seperti di dalam filmnya, Ip Man juga mengajarkan Wing Chun kepada murid-muridnya untuk manfaat-manfaat kesehatan. Dengan berlatih seni bela diri ini Anda akan mendapatkan manfaat dan terhindar dari penyakit berbahaya. Selain berolahraga, lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin. Anda dapat melakukan cek kesehatan online melalui Triasse.

Itu dia pembahasan singkat mengenai manfaat wing chun. Jangan lupa baca artikel gaya hidup yang lainnya hanya di Triasse.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.