Ingin Sehat? Ini 6 Manfaat Jalan Kaki

Jalan Kaki mempunyai banyak manfaat kesehatan
Bagikan ke Teman:

Baru-baru ini ilmuwan dari Stanford University, Amerika Serikat, melakukan penelitian dengan mengkaji data ponsel dunia. Hasilnya menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan rata-rata langkah kaki paling rendah dibanding negara-negara lain. Padahal, ada sangat banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan

dr Michael Triangto, SpKO mengungkapkan kepada detikHealth untuk tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa orang Indonesia malas berjalan kaki. Ada faktor-faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Alasan utama bisa jadi karena faktor keamanan bagi si pejalan kaki itu sendiri, apalagi di kota besar, terlebih-lebih bagi wanita dan anak-anak.

Tingkat kriminalitas yang tinggi membuat orang enggan untuk menggunakan fasilitas umum yang mau tidak mau memaksa mereka untuk berjalan kaki. Tidak hanya itu, kebersihan lingkungan juga menjadi salah satu penyebabnya. Rendahnya kesehatan udara dan tingginya polusi kendaraan bermotor menyebabkan orang tidak senang untuk lama-lama berjalan kaki di luar.

Namun tahukah Anda, rutin berjalan kaki setiap hari, setidaknya selama 20-30 menit per hari, dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai langkah awal, sebelum terbiasa berjalan kaki selama itu, anda bisa melakukan secara perlahan-lahan sekitar 5-10 menit per hari.

Teknik Power Walking

Jalan kaki merupakan jenis olahraga yang sangat praktis, bahkan tidak memerlukan biaya apapun untuk melakukannya. Olahraga jalan kaki memerlukan teknik yang berbeda dengan jalan kaki biasa. Secara umum, olahraga jalan kaki mempunya dua teknik, yaitu jalan kaki santai (strolling) dan jalan cepat (power walking).

Jalan kaki santai dilakukan dengan kecepatan normal saat berjalan, misalnya ketika jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau ketika sedang menuju ke suatu tempat. Anda masih bisa berbicara dengan tenang sambil berjalan kaki santai tanpa kehabisan napas. Manfaat jalan kaki dengan santai seperti ini selama satu jam dapat membakar kira-kira sebanyak 238 kalori.

Ketika melakukan jalan cepat atau power walking, dikenal juga dengan istilah jalan sehat, Anda perlu berjalan lebih cepat. Kecepatan rata-rata power walking berkisar antara 5-7 kilometer per jam. Ketika melakukan power walking, sulit bagi anda untuk berbicara tanpa kehabisan napas.

Power walking menuntut nda untuk berjalan dengan langkah yang lebih panjang dari biasanya. Tumpuan anda pada saat menjejakkan kaki adalah tumit, kemudian pindah ke seluruh telapak kaki sambil bergerak maju. Ketika melakukan jalan cepat, sebaiknya kedua lengan anda diangkat di kedua sisi tubuh hingga membentuk sudut siku atau 90 derajat dan ayunkan mengikuti irama kaki.

Melakukan power walking selama satu jam dapat membakar sampai dengan 560 kalori. Perlu diingat bahwa sebelum melakukan power walking, lakukan pemanasan dengan berjalan santai atau strolling terlebih dahulu. Pastikan juga sepatu olahraga yang Anda gunakan berada dalam kondisi yang baik agar tidak berisiko menyebabkan cedera kaki.

Manfaat Jalan Kaki

Berbagai badan kesehatan di seluruh dunia telah sepakat bahwa jalan kaki adalah olahraga yang sangat menguntungkan kesehatan. Bahkan, jalan kaki dipercaya memiliki manfaat yang setara dengan berlatih di pusat kebugaran dan olahraga berenang. Berikut bermacam-macam manfaat jalan kaki.

  • Menyehatkan Jantung

Jalan kaki baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengatur tingkat kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki 30 menit dapat menurunkan resiko penyakit jantung sampai 40 persen. Hal ini disebabkan oleh aktivitas berjalan kaki yang dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Manfaat jalan kaki secara rutin dan teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta menurunkan tekanan darah.

  • Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang melakukan upaya penurunan berat badan, berjalan kaki bisa menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang tepat untuk anda. Berjalan kaki cepat selama 30 menit sehari akan membakar setidaknya 200-300 kalori dalam tubuh anda. Semakin cepat langkah Anda, maka akan semakin banyak pula kalori yang dibakar.

  • Mencegah Osteoporosis

Jalan kaki dipercaya dapat mencegah osteoporosis. Osteoporosis atau pengeroposan tulang ini disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, dan rentan patah karena rapuh. Pencegahan osteoporosis tidak hanya dapat diperoleh dari kalsium pada  susu, namun dapat diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki, setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

  • Mencegah Diabetes Tipe 2

Selain menurunkan resiko penyakit jantung, manfaat jalan kaki juga mencegah resiko diabetes tipe 2. Dengan olahraga berjalan kaki setidaknya 30 menit per hari akan memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat, hal ini akan menurunkan resiko diabetes tipe 2 sampai 30 persen.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang bergerak dan berolahraga dapat membuat tubuh mudah terkena penyakit. Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin, seperti berjalan kaki, dapat meningkatkan sistem imun dan melawan infeksi. Berjalan kaki selama setidaknya 30 menit per hari juga dapat membuat anda tidur lebih nyenyak pada malam hari.

  • Mencegah Stres

Mencegah stres juga adalah salah satu manfaat jalan kaki. Berjalan kaki dan melakukan aktifitas fisik lainnya bisa memicu hormon endorfin. Endorfin adalah zat kimia alami dalam otak yang menyebabkan perasaan bahagia bahkan euforia, berfungsi untuk menghilangkan stres dan meningkatkan perasaan senang. Hal ini akan membuat mood Anda merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.

Selain manfaat yang disebut di atas, berjalan kaki juga dapat memberi manfaat lain seperti mengurangi resiko beberapa penyakit kanker, memperbaiki hormon yang tidak seimbang, gejala PMS, mencegah radang sendi, asma, serta stroke.

Bagi penderita penyakit jantung, sebelum melakukan olahraga berjalan kaki ini disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, lalu bertanya tentang lama waktu yang baik agar tidak mengganggu kesehatan jantung. Manfaatkanlah sebaik-baiknya olahraga yang murah meriah ini. Luangkan sedikit saja waktu anda untuk berjalan kaki setiap harinya.

Selain berjalan kaki setiap hari, jangan lupa juga untuk mengecek kesehatan secara rutin. Anda bisa melakukan medical check-up setidaknya dua kali setahun untuk mengetahui kondisi tubuh dan mencegah risiko penyakit di masa depan. PesanLab.com menyediakan berbagai paket medical check-up yang bisa Anda pilih dengan penawaran harga yang lebih hemat dan cara yang lebih praktis. Cek PesanLab.com sekarang.

 

 

Bagikan ke Teman:
Triasse
Triasse
Platform pertama untuk Tes Laboratorium dan pemeriksaan kesehatan keluarga Indonesia. Triasse memberikan pelanggan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *